Siapa yang tidak senang jika diberi hadiah? Begitupun anak-anak, pasti mereka sangat bahagia jika diberi kado oleh orang tua mereka. Saat momen akhir tahun dan pergantian semester misalnya, hadiah kecil atas nilai yang telah mereka raih atau sikap baik yang mereka tunjukan sepanjang tahun tentu tidak berlebihan. Inspirasi hadiah akhir tahun yang tepat akan menambah suasanya hangat di keluarga Anda.

Orangtua biasanya langsung merujuk kepada mainan sebagai pilihan kado pertama. Tidak ada salahnya memberikan mereka mainan terutama mainan yang memiliki unsur edukasi. Tetapi tidak selamanya hadiah untuk anak harus berupa mainan yang sedang in saat ini.

Berikut adalah beberapa inspirasi hadiah akhir tahun yang layak menjadi pertimbangan Anda:

1. Buku

Buku merupakan hadiah yang bermanfaat bagi perkembangan anak-anak. Tidak harus menunggu setelah mereka bisa membaca baru memberikan buku. Anak-anak yang belum mengenal huruf dapat diberikan hadiah berupa buku-buku yang lucu dan unik yang dapat menarik perhatian mereka. Dan sebagai orang tua dapat membacakan buku bagi anak-anak kita. Manfaat gemar membaca buku yang ditanamkan sejak dini akan dirasakan saat mereka beranjak dewasa dengan kreativitas dan imajinasi yang lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak gemar membaca. Oleh karena itu, jangan segan-segan untuk mengeluarkan uang Anda untuk membeli buku sebagai hadiah.

2. Peralatan Olahraga

Sepeda baru atau ring bola basket dapat memacu anak untuk lebih sering menghabiskan waktu di lingkungan terbuka dan bersosialisasi bersama teman sebaya daripada bermain komputer atau games smartphone sendirian. Dra. Ratih Ibrahim, Psi mengatakan, apabila kita memberikan kesempatan kepada buah hati untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, maka diharapkan mereka akan banyak mempelajari sesuatu yang berguna bagi kehidupannya kelak. Hal-hal seperti belajar mengendalikan diri, belajar berempati pada orang lain, bersikap toleransi, berbagi, dan lainnya yang berhubungan dengan kecerdasan emosi dapat dengan mudah mereka serap dan pelajari dari kegiatan sehari-hari.

3. Izin Pergi Bersama Teman Sendirian

Tentu saja mereka tidak benar-benar sendirian, karena Anda akan mengantar dan menjemput mereka di tempat yang menjadi kesepakatan bersama. Berbagai peraturan ketat pun masih dapat Anda terapkan, seperti menelepon setiap ingin beranjak dari satu lokasi kumpul ke lokasi lain, saat makan siang, atau saat ada perubahan rencana karena cuaca, dll. Idenya adalah memberi kebebasan pada anak agar mereka dapat belajar menjadi dewasa, mandiri, namun tetap bertanggung jawab.

Hadiah lainnya, Adalah merencanakan kunjungan sehari ke panti asuhan atau yayasan. Bawakan oleh-oleh berupa bingkisan mainan yang dapat dengan mudah Anda pilih secara online dari Holiday Gift Catalogue – Gift for Kids. Ajak anak untuk bersama memilih hadiah yang akan diberikan sebagai kado akhir tahun bagi anggota disana. Pasti menjadi pengalaman tak terlupakan juga untuk mereka, bahwa hadiah terindah dapat juga berupa sebuah senyum sebagai balasan atas pemberian yang tulus dari kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here