Tradisi minum teh sudah ada sejak berabad-abad lalu di hampir seluruh belahan dunia. Tiap negara memiliki tradisinya sendiri, bahkan beberapa negara menganggap tradisi minum teh sebagai jamuan istimewa bagi para bangsawan. Selain dari jenis yang berbeda, cara menikmati teh pun berbeda-beda.

Seperti yang kita ketahui, teh merupakan sumber kafein dan antioksidan alami yang sangat baik bagi tubuh. Dengan kandungan kafein yang lebih rendah daripada kopi, Anda akan bisa menikmati teh dengan sedikit rasa pahit, tanpa konsumsi kafein berlebih.

Teh merupakan sumber antioksidan alami

Di Inggris misalnya, tradisi minum teh sudah ada sejak abad ke-18. Tradisi minum teh ini dilakoni oleh keluarga bangsawan pada jamuan minum teh sore hari. Di China, minum teh menjadi sebuah ritual sejak abad ke-15, menjadikan upacara minum teh ini sebagai budaya tertua yang pernah ada.

Di Indonesia sendiri, tradisi minum teh ini banyak dilakukan oleh masyarakat di Pulau Jawa. Budidaya teh mulai meluas di kalangan masyarakat Indonesia sejak tahun 1700-an, saat Pemerintahan Belanda. Awalnya teh hanya dinikmati oleh kalangan bangsawan, namun seiring berjalannya waktu, teh menjadi minuman favorit seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Waktu minum teh ini menjadi ajang untuk menghangatkan suasana, baik di rumah bersama keluarga maupun saat jamuan resmi. Minum teh ditemani dengan beberapa makanan ringan sebagai kudapan menjadi ciri khas keluarga Indonesia untuk saling mendekatkan diri dan komunikasi yang lebih akrab.

Lalu bagaimana sih cara menyajikan teh yang benar?

peralatan minum teh1. Pilih teh kualitas terbaik

Daun teh terbaik akan menghasilkan teh dengan rasa dan aroma yang khas. Ada beberapa jenis teh yang tersedia di pasaran, mulai dari teh hijau, teh hitam, teh putih dan teh oolong. Beberapa rempah dan tanaman obat lainnya yang diminum dengan cara diseduh juga biasa disebut teh. Seperti krisan, camomile, rosella, tanaman ini juga kerap disebut sebagai teh. Apapun jenis teh favorit Anda, pastikan untuk memilih teh dengan kualitas terbaik.

2. Gunakan perlengkapan minum teh berbahan keramik

Perlengkapan minum teh seperti cangkir dan teko teh ini sangat penting untuk menjaga aroma dan rasa khas dari teh yang Anda nikmati. Material yang pas untuk menikmati teh ala bangsawan ini adalah keramik. Dengan cangkir keramik, maka aroma asli dari teh akan keluar dan tidak tercampur dengan aroma material lain, seperti pada gelas logam.

peralatan minum teh3. Bersihkan teh

Pembuatan teh memerlukan proses panjang, dan penyimpanan dalam kondisi kering tahan hingga waktu yang lama. Untuk itu Anda harus membersihkan teh sebelum dinikmati. Bagaimana caranya? Buang air seduhan teh pertama. Masukkan teh ke dalam teko, lalu tuang dengan air panas. Biarkan beberapa saat, lalu buang seluruh airnya, dan tuang kembali dengan air panas. Seduhan kedua dan seterusnya inilah yang bisa Anda nikmati.

4. Tuang air untuk menyeduh teh dengan cara memutar

Beberapa penikmat teh mengatakan teh yang diseduh dengan cara memutar dan merata ke seluruh permukaan teh memiliki aroma yang lebih nikmat. Setelah diseduh, diamkan selama sekitar 3 menit, dan teh siap disajikan dengan rasa yang khas.

peralatan minum teh5. Gunakan saringan

Jangan biarkan teh mengendap dalam waktu yang lama di dalam air. Teh memang sebaiknya dibuat dalam jumlah sedikit, sehingga sekali seduh, air teh di dalam teko langsung habis. Dan seduh kembali saat akan dinikmati. Kebiasaan untuk merendam teh dalam waktu lama mengakibatkan rasa teh menjadi sangat pekat dan cenderung pahit. Sebaiknya gunakan saringan teh untuk mendapatkan teh terbaik.

6. Tambahkan cemilan ringan

Di Indonesia, teh biasanya dinikmati saat sore hari bersama dengan camilan ringan. Waktu minum teh ini yang banyak dimanfaatkan untuk berelaksasi dan menenangkan pikiran. Tambahkan beberapa camilan favorit Anda seperti biskuit atau kue-kue ringan.

Apakah peralatan minum teh Anda sudah siap untuk menikmati teh ala bangsawan?

Jika belum yuk lihat koleksi peralatan minum teh berkualitas dari berbagai brand ternama koleksi Ruparupa.com.