Pernah terpikir untuk mencoba resep cake tapi ragu karena belum punya banyak pengalaman dalam urusan panggang-memanggang kue? Atau ingin membuat hantaran kue buatan sendiri untuk Parcel Idul Fitri, tapi masih awam dengan baking tools yang diperlukan untuk membuat cake? Simak perlengkapan apa saja yang diperlukan untuk membuat kue bagi pemula.

Yuk berkenalan dengan rupa-rupa perlengkapan baking untuk pemula!

Ovebaking tools bagi pemulan

Salah satu perlengkapan baking untuk pemula yang paling penting untuk dimiliki adalah oven. Salah satu oven yang kerap digunakan oleh baker pemula adalah “oven tangkring”, karena harganya relatif murah. Dinamakan demikian karena ia “ditangkringkan” atau diletakkan di atas kompor masak. Oven ini terbuat dari bahan aluminum berbentuk kotak, memiliki pintu dan rak. Tapi agak sulit untuk menentukan suhu yang tepat, karena sumber panasnya mengandalkan api dari kompor. Padahal ketepatan suhu merupakan faktor krusial saat baking, untuk itu tambahkan termometer dan tempatkan di dalam oven untuk mengetahui suhu oven.

Alternatif lain bagi baker pemula adalah oven listrik.  Oven ini lebih praktis dan dilengkapi dengan pengatur suhu dan timer. Oven listrik ini tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hal lain yang perlu diingat, adalah kapasitas daya listrik yang dimiliki di rumah, karena oven listrik memerlukan daya listrik yang cukup besar.

Mixerbaking tools untuk pemula

Baking tools berikutnya yang harus dan wajib Anda miliki adalah mixer, untuk mencampur adonan. Mixer terdiri dari berbagai model dan material, standing mixer dan hand mixer.  Fungsi dari hand mixer dan stand mixer adalah sama, hanya saja stand mixer biasanya terbuat dari material yang lebih kokoh dengan ukuran yang beraneka ragam.

Pilih mixer yang berkualitas, karena cara kerja mixer yang memutar adonan dalam waktu cepat, maka motor akan cenderung lebih cepat panas. Mixer yang kualitasnya kurang baik maka motor akan lebih cepat rusak dan terbakar.

Baking panbaking tools bagi pemula

Baking pan atau biasa disebut dengan istilah loyang juga merupakan baking tools yang penting, karena tak hanya berfungsi sebagai wadah tetapi juga sebagai pencetak kue. Variasi baking pan sangatlah beragam tergantung bahan dan fungsinya. Jika Anda baru terjun ke dunia baking, ada baiknya Anda “berinvestasi” untuk baking pan yang umum dan paling sering digunakan seperti muffin pan yang berguna untuk membuat muffin atau cupcake, loaf pan untuk banana cake dan aneka roti, baking pan berbentuk persegi dan baking pan berbentuk bulat berdiameter 15 cm.

Bahan baking pan juga beragam, yang paling sering ditemui adalah baking pan berbahan aluminum, baik yang dilapis anti-lengket maupun tidak. Selain itu ada juga baking pan berbahan keramik, gelas anti-panas (biasa dikenal dengan Pyrex) hingga yang kini banyak dijual di pasaran yaitu silikon baking pan.  Anda juga bisa melengkapi baking tools dengan loyang bongkar pasang yang biasa digunakan untuk membuat cheese cake.

Timbanganbaking tools bagi pemula

Timbangan adalah alat yang digunakan untuk menakar bahan-bahan kue. Sebelum mencampur bahan-bahan itu menjadi adonan, ada baiknya ditimbang agar mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan resep. Timbangan yang paling baik memanglah timbangan digital, karena bisa memberikan ketepatan ukuran sampai 1 gram. Dilengkapi dengan kemampuan auto OFF, sehingga timbangan akan mati dengan sendirinya saat tidak digunakan dalam jangka waktu lama, dan layar LCD untuk menunjukkan indikator baterai serta sistem error.

Measuring cups & spoons baking tools bagi pemula

Untuk beberapa resep dari luar negeri, biasanya menggunakan satuan “cup” dan “spoon” sebagai ukurannya. Sebenarnya penakaran ini lebih mudah karena tak perlu menimbang lagi. Tetapi pastikan Anda memiliki measuring cups dan measuring spoons yang tepat. Biasanya dijual dalam satu rangkaian, dari ukuran 1 cup; ⅔ cup; ½ cup; ¼ cup; 1 tablespoon; ½ tablespoon; ¼ tablespoon; 1 teaspoon; ½ teaspoon; hingga yang terkecil ¼ teaspoon.

Setelah melengkapi perlengkapan baking diatas, kini Anda siap membuat beragam kreasi kue lezat untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Pastikan selalu memilih peralatan baking berkualitas yang bisa membuat proses membuat kue menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Ayo sajikan kue lezat untuk Lebaran dengan peralatan baking berkualitas dengan diskon hingga 70% + 10%, hanya di Ruparupa.com!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here