Ini Dia Cara Membuat dan Perpanjang Paspor Online

0
1002
perpanjang paspor online

Pandemi COVID-19 yang mulai terkendali membuat berberapa negara mulai membuka border. Kita pun sudah bisa melakukan perjalanan ke luar negeri. Nah, bila kamu sedang merencanakan liburan ke luar negeri, kamu wajib memperhatikan paspor milik kamu.

Paspor merupakan dokumen penting yang resmi dikeluarkan oleh imigrasi setiap negara. Di dalam dokumen ini terdapat beberapa data diri pemiliknya, mulai dari nama lengkap, foto, tempat tanggal lahir, nomor, dan tanggal kadaluarsa. 

Ruparupa Banner

Saat ini, terdapat dua jenis paspor di Indonesia, yaitu paspor biasa dan paspor elektronik (e-paspor).

Nah, bila kamu belum memiliki dokumen satu ini, maka kamu bisa membuat paspor baru. Sedangkan, jika masa berlaku paspor kamu kurang dari 6 bulan, segera lakukan perpanjangan sebelum pergi ke luar negeri. 

Syarat Pembuatan dan Perpanjang Paspor Online

Kali ini, kami akan membayas beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelum membuat dan perpanjang paspor secara online, simak berikut ini.

1. Syarat pembuatan dan perpanjang paspor online untuk WNI

Jika merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Indonesia, kamu bisa mengajukan pembuatan atau perpanjangan paspor ke kantor imigrasi terdekat. Berikut syarat pembuatan dan perpanjang paspor online untuk WNI.

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta kelahiran, buku nikah, ijazah, atau surat baptis
  • Kalau mengganti nama, siapkan surat penetapan ganti nama dari pemerintahan yang berwenang.
  • Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Warga Negara Asing (WNA) yang sudah memperoleh kewarganegaraan Indonesia.
  • Paspor lama bagi yang ingin melakukan perpanjangan.

2. Syarat pembuatan dan perpanjang paspor online untuk anak WNI

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga memerlukan dokumen satu ini saat bepergian ke luar negeri, lho. Bagi anak WNI yang tinggal di Indonesia, berikut ini syarat yang perlu kamu penuhi.

  • KTP orang tua 
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta kelahiran
  • Buku nikah orang tua
  • Kalau si anak berganti nama, pastikan untuk menyiapkan surat penetapan ganti nama dari pemerintahan yang berwenang
  • Paspor lama bagi yang ingin memperpanjang.
Baca Juga:   It's Travel Time: Say Bye to Baggage Fees

3. Syarat pembuatan dan perpanjang paspor online untuk WNI yang tinggal di luar negeri

Nah, kalau kamu adalah seorang WNI, tapi tinggal di luar negeri, kamu bisa pergi ke imigrasi Perwakilan Republik Indonesia di negara tersebut. Ini dia syarat yang perlu kamu penuhi.

  • Kartu penduduk negara setempat, bukti atau keterangan domisili di negara tersebut.
  • Paspor lama bagi yang ingin perpanjang.

4. Syarat pembuatan paspor untuk anak WNI yang tinggal di luar negeri

Bagi anak dari WNI yang tinggal di luar negeri, berikut ini syarat yang perlu dipenuhi.

  • Paspor biasa milik orang tua WNI
  • Surat keterangan lahir dari Perwakilan Republik Indonesia

cara membuat dan perpanjang paspor online

Cara Membuat dan Perpanjang Paspor Online

Berbeda dari cara membuat dan perpanjang paspor sebelumnya, di tahun ini, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu secara online menggunakan aplikasi M-paspor. Registrasi ini bertujuan untuk memperoleh nomor antrean.

Setelah itu, pemohon harus mendatangi kantor imigrasi untuk melakukan verifikasi data, wawancara, serta pengambilan sidik jari.  Agar lebih jelas, simak cara membuat paspor online berikut ini.

1. Download dan buka aplikasi M-paspor

Pertama-tama, kamu perlu mengunduh aplikasi M-paspor yang tersedia di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS). Setelah proses mengunduh selesai, kamu bisa masuk ke aplikasi tersebut.

2. Registrasi akun

Selanjutnya, buatlah akun di aplikasi M-paspor dengan cara mengklik tulisan “Daftar Akun”. Isilah data-data diri kamu pada formulir yang tersedia, lalu klik “Daftar”.

Kemudian, kamu nantinya akan menerima kode OTP untuk verifikasi melalui email. Masukkanlah kode OTP yang kamu terima ke kolom yang tersedia, lalu verifikasi akun akan diterima.

3. Buat pengajuan paspor

Kalau akun kamu sudah berhasil dibuat, sekarang saatnya untuk melakukan pengajuan pembuatan paspor. Pada layar utama, klik tulisan “Pengajuan Permohonan”, lalu isilah kuesioner yang tersedia dengan benar dan sesuai data asli kamu. 

Pastikan juga untuk mengunggah foto berkas-berkas persyaratan yang diminta, ya. Kalau ingin mengajukan permohonan untuk lebih dari satu orang, kamu bisa mengklik tulisan “Tambah Pemohon” yang berada di sisi kanan atas. Isi kembali data dengan benar, lalu klik “Lanjutkan”. 

4. Pilih lokasi kantor imigrasi terdekat 

Nah, saat mengisi kuesioner pengajuan pembuatan paspor, kamu akan diminta untuk memilih lokasi kantor imigrasi terdekat yang ingin dikunjungi nantinya. Lokasi ini harus kamu tentunya dengan benar ya, Ruppers.

Jadi, kamu hanya perlu mengunjungi tempat tersebut untuk melakukan verifikasi data, wawancara, hingga pengambilan sidik jari.

5. Tentukan jadwal kedatangan 

Tidak hanya lokasi yang perlu dipilih, tetapi kamu juga perlu menentukan jadwal kedatangan ke kantor imigrasi, lho. Pastikan kamu memilih tanggal yang sesuai dan datang sesuai jadwal.

Baca Juga:   Traveling di Tengah Pandemi, Cek Perlengkapannya di Sini

Kalau datang ke kantor imigrasi di luar jadwal yang dipilih, data kamu tidak akan muncul di komputer mereka. Jadi, kamu terpaksa harus pulang lagi.

Tenang saja, kamu juga bisa mengganti jadwal dengan mengunjungi halaman utama M-paspor dan atur perubahan jadwal yang diinginkan. 

6. Lanjutkan ke pembayaran

Setelah semua proses pengajuan pembuatan di aplikasi M-paspor sudah terisi, kamu bisa melanjutkan ke tahap pembayaran. Nominal pembayaran akan tercantum di halaman aplikasi M-paspor.

Kamu bisa melakukan pembayaran melalui ATM, teller bank, minimarket, dan kantor pos. Pastikan untuk segera membayarnya dan menyimpan bukti pembayarannya ya, Ruppers.

7. Verifikasi data dan wawancara di kantor imigrasi pilihan

Kalau semua proses pembuatan atau perpanjang di M-paspor sudah selesai, kamu bisa mengunjungi kantor imigrasi pilihan sesuai jadwal yang ditentukan, ya.

Pastikan untuk membawa semua berkas persyaratan yang diwajibkan dan materai Rp 10 ribu sebanyak satu buah. 

Setelah sampai di kantor imigrasi, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pembuatan atau perpanjangan paspor. Biasanya, akan ada petugas yang membantu saat mengisi sehingga kamu bisa bertanya kepadanya jika kebingungan. 

Kalau formulir sudah selesai diisi, kamu bisa mengambil nomor antrean dan menunggu giliran. Nantinya, kamu akan melalui proses verifikasi data, wawancara, foto, hingga pengambilan sidik jari. 

Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu sekitar satu minggu untuk mengambil paspor baru. Kamu bisa mengambilnya dengan datang sendiri atau meminta tolong orang lain yang masih dalam satu KK.

perpanjang paspor online

Cara Menjaga Paspor Tetap Aman

Nah, kalau kamu perpanjang paspor dan ingin menyimpan dokumen yang lama untuk keperluan pembuatan visa, kamu bisa mengisi formulir pengambilan paspor lama ya, Ruppers. 

Bila dokumen satu ini sudah jadi, pastikan kamu melindungi dengan baik agar tidak mudah rusak ya, Ruppers. Salah satu caranya adalah memakai dompet khusus, seperti rekomendasi kami berikut ini.

Dompet Paspor - Abu-abu
Dompet Paspor – Abu-abu

Beli di sini

Ataru Dompet Paspor - Biru
Ataru Dompet Paspor – Biru

Beli di sini

Selain dokumen perjalanan, persiapan liburan ke luar negeri berikutnya adalah menyediakan koper dan travel bag yang kuat, kokoh, tapi tidak terlalu berat, seperti berikut ini.

Luggo 28 Inci Koper 4 Roda - Merah
Luggo 28 Inci Koper 4 Roda – Merah

Beli di sini

Reisenthel Ukuran L Tas Travel All Rounder Mt7033
Reisenthel Ukuran L Tas Travel All Rounder Mt7033

Beli di sini

Sediakan juga travel organizer dan sarung pembungkus koper, seperti yang berikut ini. 

Passport Pouch Travel Set 6 Pcs - Biru
Passport Pouch Travel Set 6 Pcs – Biru

Beli di sini

Passport 26-28 Inci Sarung Koper Pvc - Kuning
Passport 26-28 Inci Sarung Koper Pvc – Kuning

Beli di sini

Temukan perlengkapan vacation lainnya hanya di ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menjual berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain.

Yuk, belanja perlengkapan liburan sekarang juga!