#AskRuparupacom: Tips Membuat Kabin Mobil Nyaman saat Mudik Bersama si Kecil

Tanya:

Hai Mas Ridwan,
Saya mau tanya bagaimana tips & trick nya agar kabin mobil tetap nyaman selama perjalanan mudik? Karena yang saya dengar suhu panas dalam mobil bisa berbahaya untuk pernafasan. Ini mudik pertama saya ke Semarang sama anak naik mobil, dan umurnya 14 bulan. Selama ini sih aman-aman aja jalan ke luar kota. Cuma namanya mudik kan berapa lamanya nggak bisa di prediksi.
Makasih,
Ayu Adriana

Jawab:

Halo Ibu Ayu,

Untuk mudik membawa anak kecil ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Pengendara

Agar perjalanan lebih nyaman, sangat penting sekali memperhatikan cara berkendara kendaraan, pastikan suami atau siapapun yang membawa kendaraan tidak melakukan akselerasi dan pengereman secara spontan. Mengemudilah dengan lembut agar guncangan di kabin bisa diminimalisir. Karena jika mobil terlalu banyak berguncang bisa membuat motion sickness atau mabuk bagi penumpang, terutama untuk anak anda.

cooler di mobil2. Kendaraan

Jika ibu khawatir panas di dalam mobil, hendaknya ganti kaca film dengan tingkat penolakan panas yang tinggi. Kita bisa juga menambahkan gorden selama tidak mengganggu pandangan pengemudi. Jangan sampai anak mengalami kepanasan, sebenarnya tidak hanya di mobil saja, di rumah atau diluar ruangan-pun panas bisa menyebabkan dehidrasi, kelelahan dan sebagainya, termasuk gangguan pernafasan. Saran saya selalu sediakan air minum di dalam mobil, lebih baik lagi jika menyediakan air putih yang segar dengan sedikit pendinginan. Saya secara pribadi sering membawa cooler box yang bisa digunakan untuk menaruh minuman dingin di dalam mobil selama perjalanan jauh.

mainan anak 3. Ciptakan mobil yang nyaman untuk anak

Karena anak ibu masih kecil, usahakan buat mobil senyaman mungkin untuk anak Anda. Bisa dengan memberikan mainan yang tidak membahayakan, artinya tidak keras dan memiliki permukaan yang menyudut, saya menganjurkan semacam boneka yang dapat dibawa sepanjang perjalanan. Mendengarkan lagu anak-anak sambil bernyanyi juga bisa menceriakan suasana, dan jika memang perlu, putar video kesukaan anak anda di dalam kendaraan, tapi jangan terlalu sering, karena menonton terlalu lama bisa membuat mata anak lelah. Usahakan suasana di dalam mobil selalu ceria dengan mengajaknya bermain dan berkomunikasi selama di dalam kendaraan.

jual car seat4. Istirahat

Jika memang anak terlihat lelah, jangan ragu untuk mampir beristirahat di rest area, masjid atau restoran. Jika memang Anda juga mengalami kelelahan tidak ada salahnya untuk bermalam di penginapan.

Oh iya, jangan lupa gunakan baby seat selama melakukan perjalanan bersama si kecil ya, Bu.

Selamat menikmati perjalanan Anda.

tanya jawab dengan pengamat otomotif

Ridwan siap membantu Anda!

Apakah Anda memiliki masalah dengan kendaraan? Ingin membeli kendaraan tapi masih bingung menentukan pilihan? Atau ingin memaksimalkan fungsi kendaraan dan melakukan modifikasi?

Tanyakan kepada Ridwan Hanif, founder Autonetmags.com sekarang juga!

Kumpulan Jawaban Ridwan Hanif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here