#AskRuparupacom: Apa Saja Peralatan Darurat saat Berkendara?

Tanya:

Hai,
Mau tanya peralatan apa aja yang wajib ada di mobil untuk digunakan dalam keadaan darurat? Seberapa perlunya membawa ban serep? Thanks.
Dimas

Jawab:

perkakas wajib di mobilHalo bro Dimas,

Peralatan yang wajib ada di dalam mobil sebenarnya sudah disediakan oleh ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) kendaraan ketika kita membeli mobil tersebut, contohya tool kit, segitiga pengaman, kotak PPPK beserta isinya dan ban cadangan kendaraan. Beberapa merk juga ada yang menyediakan peralatan lain untuk keadaan darurat seperti pemecah kaca dan fire extinguisher, karena ada beberapa negara yang mewajibkan alat tersebut ada di dalam kendaraan.

perkakas wajib di mobilSaran saya, untuk menilai seberapa penting peralatan darurat yang harus ada di mobil, kita harus lihat kondisi penumpang dan medan yang akan kita tempuh. Misalkan kita akan melewati jalan bersalju, kita harus menyiapkan rantai ban. Atau mungkin penumpang memiliki penyakit yang bisa kambuh secara tiba-tiba, hendaknya menyiapkan obat-obatan di dalam mobil. Contohnya eyang saya yang sudah almarhum memiliki penyakit jantung, maka di mobil harus disediakan tabung oksigen mini dan obat jantung. Biasanya penyakit-penyakit yang bisa kambuh mendadak seperti asma, jantung, diabetes (suntik insulin) harus disediakan di kendaraan untuk menghindarkan hal yang tidak diinginkan.

perkakas wajib di mobilUntuk ban serep bergantung kepada jenis mobilnya, contohnya seperti mobil dengan ban Run Flat Tires sebenarnya tidak perlu lagi membawa ban cadangan, karena jika mobil kekurangan angin, ban tersebut masih bisa digunakan dengan kecepatan maksimal 80 km/jam. Beberapa mobil juga memberikan ban serep dalam ukuran kecil, atau disebut dengan space saver untuk menghemat ruang dalam kabin. Ban jenis ini biasanya tidak boleh digunakan dengan kecepatan lebih dari 60 atau 80 km/jam.

Jadi jika bicara penting atau tidak membawa ban serep, kembali lagi ke jenis mobilnya, jika mobil yang anda gunakan menyediakan ban serep, sebaiknya selalu dibawa setiap saat. Namun jika mobil anda tidak memiliki ban serep karena bawaan dari pabriknya dan digantikan dengan ban RFT atau tire repairment kit, hal tersebut tidak menjadi masalah.

Semoga bermanfaat!

tanya jawab dengan pengamat otomotif

Ridwan siap membantu Anda!

Apakah Anda memiliki masalah dengan kendaraan? Ingin membeli kendaraan tapi masih bingung menentukan pilihan? Atau ingin memaksimalkan fungsi kendaraan dan melakukan modifikasi?

Tanyakan kepada Ridwan Hanif, founder Autonetmags.com sekarang juga!

Kumpulan Jawaban Ridwan Hanif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here