#AskRuparupacom: Kapan Saatnya Mengganti Wiper Mobil?

0
12746
kapan wiper harus diganti

#AskRuparupacom: Kapan Saatnya Mengganti Wiper Mobil?

Tanya:

Hai Pak
Saya mau tanya, bagaimana ciri-ciri karet wiper yang sudah saatnya diganti? Umumnya berapa lama karet wiper bisa bertahan? Dan bagaimana cara memilih karet wiper yang baik serta bagaimana menjaga agar karet wiper tahan lebih lama? Terima kasih.
Mahendra – Tulungagung

Jawab:

Halo Mahendra,

Ruparupa Banner

kapan wiper harus digantiUntuk karet wiper tidak ada batasan waktu yang bisa disamakan untuk semua mobil ya. Karena ada banyak hal yang bisa membuat karet mobil wiper menjadi cepat rusak atau getas. Umumnya karena cuaca dan kelembapan tempat kita menaruh mobil di rumah, dan seberapa sering kita menggunakan wiper. Karena tidak digunakan tetapi mobil kita sering dijemur dibawah terik bawah matahari bisa membuat karet wiper kaku dan cepat getas.

Baca Juga:   #AskRuparupacom: Bisakah Menambal Ban Tubeless Sendiri?

Untuk mengetahui apakah wiper anda masih baik, cobalah untuk seminggu sekali digunakan, jika bisa menyapu air dari kaca dengan baik, berarti wiper anda masih bagus. Tetapi jika wiper tidak bisa menyapu air dengan baik, berarti sudah saatnya ganti.

Saya mengelola mobil rental, secara umum, rentang waktu umur wiper sekitar 6 bulan sampai 4 tahun maksimal. tergantung penggunaan kendaraan, jadi untuk menjawab pertanyaan ini, dengan pengalaman yang saya punya menurut saya tidak bisa dijadikan patokan.

Semoga bermanfaat!