#AskRuparupacom: Amankah menggunakan inverter di kendaraan?

0
15964
Amankah menggunakan inverter pada kendaraan

#AskRuparupacom: Amankah menggunakan inverter di kendaraan?

Tanya:

Halo Bro,
Mau tanya power inverter apakah aman digunakan di dalam mobil? Bagaimana cara memilih power inverter yang tepat sesuai kebutuhan? Jika terjadi korsleting listrik apa yang harus dilakukan?
Hendri

Jawab:

Halo bro Hendri

Ruparupa Banner

inverter mobil Untuk Power Inverter asal digunakan tidak berlebihan menurut saya tidak ada masalah. Namun perlu diingat bahwa power inverter menggunakan daya yang diambil dari mobil, sumbernya bisa dari 2, yang pertama bisa dari alternator ketika mobil sedang berjalan dan dari accu kendaraan ketika mobil sedang dalam keadaan berhenti. Jika menggunakan power inverter, pilih inverter yang sudah teruji dan terkenal dari segi brand. Pastikan inverter dilengkapi dengan saklar on/off dan kondisi colokan listrik tidak kendor, karena bisa mengakibatkan korsleting.

Baca Juga:   #AskRuparupacom: Kapan Saatnya Mengganti Aki?

Jangan menggunakan power inverter terlalu lama, karena selain panas, kami punya pengalaman buruk dengan inverter yang hampir menyebabkan mobil terbakar. Sebaiknya gunakan inverter tidak lebih dari 2 jam dan selalu pastikan suhu inverter tidak terlalu panas dan daya yang dikeluarkan tidak berlebihan. Jangan menggunakan inverter listrik untuk kebutuhan listrik yang terlalu berat, gunakan untuk keperluan ringan saja seperti charging smartphone, kamera atau powerbank.

Semoga membantu ya!