#AskRuparupacom: Amankah menggunakan inverter di kendaraan?

Tanya:

Halo Bro,
Mau tanya power inverter apakah aman digunakan di dalam mobil? Bagaimana cara memilih power inverter yang tepat sesuai kebutuhan? Jika terjadi korsleting listrik apa yang harus dilakukan?
Hendri

Jawab:

Halo bro Hendri

inverter mobil Untuk Power Inverter asal digunakan tidak berlebihan menurut saya tidak ada masalah. Namun perlu diingat bahwa power inverter menggunakan daya yang diambil dari mobil, sumbernya bisa dari 2, yang pertama bisa dari alternator ketika mobil sedang berjalan dan dari accu kendaraan ketika mobil sedang dalam keadaan berhenti. Jika menggunakan power inverter, pilih inverter yang sudah teruji dan terkenal dari segi brand. Pastikan inverter dilengkapi dengan saklar on/off dan kondisi colokan listrik tidak kendor, karena bisa mengakibatkan korsleting.

Jangan menggunakan power inverter terlalu lama, karena selain panas, kami punya pengalaman buruk dengan inverter yang hampir menyebabkan mobil terbakar. Sebaiknya gunakan inverter tidak lebih dari 2 jam dan selalu pastikan suhu inverter tidak terlalu panas dan daya yang dikeluarkan tidak berlebihan. Jangan menggunakan inverter listrik untuk kebutuhan listrik yang terlalu berat, gunakan untuk keperluan ringan saja seperti charging smartphone, kamera atau powerbank.

Semoga membantu ya!

tanya jawab dengan pengamat otomotif

Ridwan siap membantu Anda!

Apakah Anda memiliki masalah dengan kendaraan? Ingin membeli kendaraan tapi masih bingung menentukan pilihan? Atau ingin memaksimalkan fungsi kendaraan dan melakukan modifikasi?

Tanyakan kepada Ridwan Hanif, founder Autonetmags.com sekarang juga!

Kumpulan Jawaban Ridwan Hanif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here