#AskRuparupacom: Kapan Saatnya Mengganti Aki?

0
2378
tips mengganti aki mobil

#AskRuparupacom: Kapan Saatnya Mengganti Aki?

Tanya:

Bagaimana cara merawat aki mobil agar lebih awet? Bagaimana ciri-ciri aki yang sudah mulai bermasalah? Ada nggak tips waktu jumper aki?
Herman – Lampung

Jawab:

Halo bro Herman,

Ruparupa Banner

Accu kendaraan umumnya hanya memiliki umur sekitar 1 hingga 3 tahun, jarang yang bisa lebih dari umur tersebut. Yang pasti jika kita ingin accu mobil kita awet, kita harus kontrol air accu yang ada di dalam mobil kita. Kedua pastikan ketika kita menghidupkan mesin, matikan perangkat seperti AC, radio, lampu dan apapun yang membuat kerja accu lebih berat saat menyalakan kendaraan.

tips mengganti aki mobilKemudian jika mobil anda jarang digunakan, usahakan untuk selalu dihidupkan minimal seminggu sekali untuk merecharge accu mobil anda, jangan biarkan ia terlalu lama tidak digunakan, karena bisa berpengaruh pada umur accu anda.

Baca Juga:   #AskRuparupacom: Apa Pengaruh Gonta Ganti Bensin pada Kendaraan?

Terakhir, tidak ada salahnya untuk menyiapkan jumper atau powerbank yang bisa menjumper accu kendaraan. Karena mobil murah hingga mahal pun jika accunya rusak ya tidak bisa di hidupkan. Apalagi kalau kita lagi berada di luar rumah atau luar kota, sulit mencari pertolongan untuk melakukan jumper mobil kita yang accunya soak.

Ciri ciri accu yang bermasalah bisa diketahui dari 2 hal, mulai dari indikator accu pada speedometer, dan suara saat menyalakan kendaraan, jika sudah berat biasanya sudah waktunya ganti. Saran saya gantilah accu sebelum mencapai usia 2 tahun.

Untuk menjumper accu pastikan lawan jumper anda punya daya yang cukup, tidak semua mobil bisa menjumper mobil lain dikarenakan daya yang dihasilkan tiap mobil berbeda beda.