#AskRuparupacom: Benarkah Nitrogen Buat Ban Lebih Awet?

Tanya:

Hai Bro Ridwan,
Mau tanya benar ga ban berisi nitrogen bisa bikin ban lebih awet? Terus untuk ban isi nitrogen, saat ingin ditambah angin menggunakan angin biasa, harus dihilangkan dulu angin yang ada di dalam ban sampai habis. Benarkah itu? Satu lagi tentang ban, pengisi angin ban portable dalam tabung itu apa aman digunakan dalam keadaan darurat? Bisa digunakan jarak berapa?
Thanks bro,
Radit

Jawab:

Halo bro Radit

ban nitrogen bikin ban lebih awetBan yang diisi oleh Nitrogen memang akan membuat umur ban sedikit lebih panjang, karena sifat nitrogen yang lebih dingin dibandingkan dengan angin biasa.

Untuk pemasangan penambahan angin, memang benar, angin yang lama harus dikosongkan dahulu baru diisi oleh nitrogen. Dan jika ban kurang angin, kita harus menambahkan udara yang berisikan nitrogen juga agar kadar nitrogen yang ada di dalam ban tetap terjaga sehingga fungsi nitrogen pada ban lebih optimal.

perkakas wajib di mobilTerkait pengisi angin ban portable, selama ini saya juga menggunakan pengisi angin portable dan tidak pernah ada masalah. Bahkan beberapa mobil yang memiliki tire repairment kit memiliki alat tersebut sebagai bawaan standar. Seharusnya jika memang sudah menjadi alat standar kendaraan, keamanannya pun juga sudah diperhitungkan. Kalau jarak tidak ada hubungannya dengan perangkat tersebut, yang menentukan jarak adalah ban yang anda gunakan.

Terima kasih

tanya jawab dengan pengamat otomotif

Ridwan siap membantu Anda!

Apakah Anda memiliki masalah dengan kendaraan? Ingin membeli kendaraan tapi masih bingung menentukan pilihan? Atau ingin memaksimalkan fungsi kendaraan dan melakukan modifikasi?

Tanyakan kepada Ridwan Hanif, founder Autonetmags.com sekarang juga!

Kumpulan Jawaban Ridwan Hanif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here