Bisnis kuliner adalah bisnis yang paling menggiurkan dan tentunya banyak peminatnya karena bisnis ini bisa dibilang tidak pernah mati. Ya tentu saja, semua orang pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Semakin banyak konsumen, tentunya penjual pun semakin banyak dengan ragam pilihan. Namun sayangnya, karena persaingan yang sangat ketat, hanya orang-orang dengan tekad kuat yang dapat bertahan di dunia usaha kuliner ini.

Untuk dapat bertahan dalam bisnis kuliner, tentunya dibutuhkan kreatifitas, inovasi dan komitmen saat menjalankannya. Selain ketiga poin di atas, masih ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat memulai usaha kuliner.

Berikut beberapa tips jika Anda ingin mulai membuka usaha kuliner:

1. Tentukan target pasar yang spesifik

Menentukan target pasar adalah acuan untuk merancang bisnis Anda secara keseluruhan. Karena dengan menentukan target pasar yang spesifik, Anda bisa mengukur umur, pekerjaan, pendapatan, gaya hidup untuk kemudian merancang strategi pasar. Dengan menentukan target pasar yang spesifik, maka bisnis yang kita jalankan akan lebih tepat sasaran dan cenderung mampu bertahan serta bersaing dengan bisnis kuliner serupa.

2. Identitas

Ditengah maraknya bisnis kuliner yang bermunculan seperti jamur di musim penghujan, maka persaingan Anda pun akan semakin ketat. Untuk itu Anda perlu memiliki kelebihan dan identitas dari makanan yang Anda tawarkan. Kelebihan apa yang Anda tawarkan? Jangan lupa untuk memposisikan diri sebagai konsumen agar bisa menghasilkan produk yang unik dan berbeda dibandingkan dengan produk sejenis lainnya.

3. Supplier

Hal terpenting lainnya yang harus menjadi prioritas saat ingin memulai usaha adalah pemasok atau supplier. Pilih suplier yg konsisten menjaga kualitas bahan baku, karena rasa dari sebuah masakan ditentukan juga dari bahan baku. Pastikan supplier yang Anda pilih memiliki kualitas yang stabil untuk semua bahan baku yang Anda butuhkan.

4. Jadi Pakar

Sebelum Anda memulai membuka usaha, Anda harus memahami dengan pasti seluk beluknya. Termasuk saat Anda ingin membuka usaha kuliner. Banyak keuntungan yang Anda dapat dengan banyak tahu tentang usaha Anda, semakin kita menguasai, semakin mudah untuk berinovasi. Jadi, ada baiknya jika Anda mencari tahu sebanyak-banyaknya informasi.

5. Utamakan pelayanan yang ramah

Selain rasa dan kualitas makanan yang enak dan konsisten, keramahan kepada pelanggan juga menjadi salah satu poin tersendiri di mata konsumen. Dengan keramahan, maka pelanggan akan merasa nyaman dan akan mengulang pengalaman menyenangkan mereka untuk menikmati hidangan yang sama.

Selain kelima hal di atas, tentunya Anda membutuhkan kesabaran dan kegigihan saat memulai usaha. Tidak ada sukses yang datang tiba-tiba. Tidak semua usaha mendapatkan respon positif di awal, diperlukan perkenalan produk dan merk kepada calon pelanggan. Disinilah Anda membutuhkan strategi pemasaran, agar usaha Anda dikenal dan diingat oleh masyarakat.

Yuk cek koleksi furnitur, peralatan masak, serta peralatan saji dari Ruparupa.com untuk melengkapi kebutuhan Anda memulai usaha kuliner!

Baca juga Tips Membuka Kedai Kopi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here