5 Persiapan Wajib Menghadapi Pemadaman Listrik

0
443
5 Persiapan Wajib Menghadapi Pemadaman Listrik

Memasuki musim hujan, sering terjadi pemadaman listrik di beberapa tempat. Entah karena hubungan pendek atau kerusakan pada gardu listrik. Tidak ada yang bisa menduga berapa lama pemadaman listrik akan berlangsung. Kadang hanya sebentar, kadang bisa seharian. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan diri menghadapi pemadaman listrik, yang bisa terjadi kapan saja.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda persiapkan agar pemadaman listrik tidak terlalu mengganggu aktifitas Anda:

1.Simpan nomor telepon penting untuk keadaan darurat.

Untuk alasan keamanan dan keadaan darurat, pastikan Anda menyimpan nomor telepon penting, seperti layanan pelanggan PLN 123, kantor polisi terdekat, rumah sakit terdekat, maupun orang terdekat yang akan Anda hubungi jika terjadi sesuatu. Simpan semua nomor tersebut di handphone Anda. Selain itu catat dan simpan nomor-nomor telepon tersebut pada tempat yang mudah dijangkau, baik di rumah maupun di kantor.

2.Lengkapi rumah Anda dengan lampu emergency dan senter

Beberapa lampu emergency akan langsung menyala saat aliran listrik padam. Pastikan baterai selalu dalam kondisi penuh, dan simpan beberapa baterai cadangan untuk senter Anda. Charge lampu emergency setelah digunakan dalam waktu lama. Dan lakukan pengecekan secara berkala jika lampu tersebut tidak digunakan dalam waktu lama.

3. Sediakan lilin dan korek pada satu tempat yang mudah dijangkau.

Gunakan lilin jika dibutuhkan, misalnya saat lampu emergency dan senter bermasalah atau perlu penerangan tambahan. Tempatkan lilin pada mangkuk kaca atau metal, untuk menghindari bahaya kebakaran, dan jangan beranjak tidur sebelum memastikan lilin telah dipadamkan. Jangan lupa untuk menyiapkan korek api pada tempat yang sama. Informasikan kepada seluruh keluarga dimana letak lilin dan korek api, dan pastikan tidak ada satu anggota keluarga pun yang memindahkan.

4. Pasang aplikasi senter di handphone.

Untuk handphone tipe baru, umumnya telah dilengkapi dengan fitur senter. Ini akan memudahkan Anda saat lampu padam, tinggal tekan tombol di handphone, dan senter akan menyala. Namun jika handphone Anda termasuk kategori smartphone namun tidak dilengkapi dengan fitur senter, Anda dapat menginstal aplikasi senter di handphone Anda.

5. Persiapkan genset dan pastikan bahan bakarnya tersedia.

Penggunaan genset saat mati lampu menjadi pilihan tepat. Terlebih jika Anda memiliki anak yang masih kecil dan bergantung pada AC. Si kecil akan cenderung rewel tanpa pendingin udara. Letakkan genset di luar rumah dan terlindung dari panas dan air hujan. Sehingga gas yang dihasilkan saat genset dinyalakan tidak masuk ke dalam rumah.

Disamping mempersiapkan 5 hal diatas, yang terpenting yang Anda lakukan saat lampu padam adalah jangan panik. Terlebih jika lampu padam saat malam hari. Pastikan pemadaman terjadi di sekitar area rumah, jika listrik tidak kunjung menyala dalam waktu 10 menit, hubungi layanan pelanggan PLN untuk mengetahui penyebabnya. Tetap siaga menjaga keamanan rumah dan lingkungan selama lampu padam, karena beberapa kejahatan seperti pencurian menggunakan kesempatan ini untuk beraksi.

Yuk persiapkan diri sebelum terjadi pemadaman listrik!