Panduan Memilih Warna Lampu untuk Ruangan yang Nyaman dan Estetik

0
1077

Warna lampu setiap ruangan di rumah ternyata bisa memengaruhi suasana yang tercipta. Selain itu, warna lampu yang terpancar juga bisa meningkatkan mood kita saat sedang beraktivitas di dalam ruangan tersebut.

Pasalnya, setiap warna lampu tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya, untuk ruang kerja, mungkin kita harus menghindari warna lampu terlalu putih karena bisa membuat sakit mata.

Ruparupa Banner

Lain halnya dengan pencahayaan di dalam ruang makan. Biasanya, warna lampu kuning bisa menjadi pilihan tepat karena dapat menciptakan suasana hangat.  Sedangkan untuk ruang tamu atau ruang keluarga, kita bisa pakai warna putih supaya lebih ceria.

Lalu, Apa yang Harus Kita Perhatikan Dalam Memilih Warna Lampu?

Sebelum membeli dan memilih lampu buat di rumah, simak beberapa hal penting beriktu ini. 

1. Perhatikan Pencahayaan Sekitar

Hal yang perlu diperhatikan adalah banyaknya pencahayaan yang masuk dari luar ruanga. Gunakan jenis lampu gantung atau wall sconce untuk menciptakan tone cahaya yang bisa menerangi seluruh ruangan. 

2. Sesuaikan dengan Ruangan

Memilih lampu juga perlu disesuaikan dengan tema ruangan. Misalnya, untuk kamar tidur kamu bisa memilih lampu dengan pencahayaan yang agak redup dan memiliki desain sederhana. 

Baca Juga:   Lengkapi Sukacita di Hari Raya dengan Meja Tamu Pilihan

Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan ukuran lampu dengan luas ruangan agar cahaya yang dihasilkan bisa lebih merata.

3. Perhatikan Jenis Bohlam yang Digunakan

Ada berbagai jenis bohlam yang kita ketahui, seperti lampu LED, lampu pendar, lampu pijar, dan lain sebagainya. Ternyata, setiap jenis lampu ini dapat memengaruhi suhu dan warna yang terpancar. Jadi, kita harus memilih model lampu yang tepat.

Lantas, Seperti Apa Warna Lampu yang Sesuai dengan Setiap Ruangan?

Setelah memilih lampu yang tepat, kita juga harus bisa menyesuaikan warna lampu dengan ruangan di rumah seperti berikut ini.

1. Ruang Tamu

Ruang tamu memiliki fungsi penting untuk menjamu kerabat maupun berkumpul dengan keluarga. Untuk area ini, kita bisa memakai cahaya lampu berwarna kuning yang bisa menciptakan suasana hangat. 

Supaya ruangan terlihat lebih mewah dan elegan, kita juga menggunakan jenis lampu  bulat yang agak besar, seperti inspirasi berikut ini.

panduan warna lampu
Eglo Frania Lampu Langit-langit Round Led 14.6 Watt 3000k

Beli di sini

2. Ruang Makan

Area makan juga menjadi salah satu tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menyantap hidangan. Untuk itu, kita perlu memakai warna yang hangat, seperti lampu bohlam kuning, warm white, dan sebagainya

Kita juga bisa menata lampu tepat di bagian atas meja makan dengan menggunakan lampu gantung sederhana, seperti inspirasi berikut ini.

cara memilih warna lampu
Eglo Loncino Lampu Gantung Hias 3l – Silver

Beli di sini

3. Dapur 

Dapur merupakan area yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas memasak. Jadi, pastikan untuk menggunakan lampu yang dapat menerangi seisi ruangan agar kita bisa menyiapkan makanan dengan lebih nyaman.

Baca Juga:   5 Warna Karpet yang Cocok Dipadukan dengan Sofa Cokelat

Gunakan lampu berwarna putih terang dan pasang lampu strip LED di bawah kabinet agar dapur terlihat menawan. 

tips memilih lampu
Krisbow 60 Cm Prado Lampu Led T5 Led Square 9 Watt 3000k

Beli di sini

lampu untuk dapur
Krisbow Set Lampu Led Tube T5 8w 6500k 0.6m – Cool Daylight

Beli di sini

4. Kamar Tidur 

Warna lampu yang terlalu terang ternyata bisa membuatmu lebih susah tidur. Untuk meningkatkan kualitas tidur, gunakan lampu dengan cool tone dan warna yang lembut.

Kamu bisa menggunakan jenis lampu LED langit-langit berbentuk lingkaran atau persegi yang biasanya memang dirancang untuk kamar tidur. 

warna lampu
Eglo Capasso Lampu Langit-langit 24w 3000k – Putih

Beli di sini

5. Kamar Mandi 

Selain kita gunakan untuk mandi, kita juga sering melakukan berbagai ritual lainnya di ruangan satu ini, seperti  berdandan, merawat kulit, dan sebagainya. Oleh sebab itu, kita memerlukan lampu yang terang di dalam kamar mandi, terutama di dekat cermin.

Kita bisa menggunakan lampu model gantung atau downlight LED dengan warna putih atau putih kekuningan. 

panduan memilih warna lampu
Krisbow Lampu Downlight Led Highpower Smd 35 Watt 3000k

Beli di sini

lampu led
Krisbow Lampu Downlight Led 8w 4000k – Putih

Beli di sini

Nah, itu dia beberapa warna lampu yang bisa kamu sesuaikan berdasarkan jenis ruangan. 

Temukan model lampu kekinian
hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Selain perabotan rumah tangga, situs belanja online ruparupa.com juga menawarkan berbagai alat elektronik dan perlengkapan hewan peliharaan dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.