8 Fakta Kayu Ulin Indonesia dengan Segudang Manfaat

0
2205
fakta dan manfaat kayu ulin
Sumber: Instagram @potonyleneh

Kayu ulin yang berasal dari wilayah Kalimantan, punya banyak manfaat untuk kehidupan, baik dari segi kesehatan maupun buat dekorasi rumah. Hampir seluruh bagian dari pohon ini, mulai kayu, daun, hingga bijinya, bisa Anda gunakan.  

Fakta Menarik Tentang Kayu Ulin

Apa sebenarnya kayu ulin itu? Lalu, seperti apa bentuknya? Nah, daripada penasaran, simak beberapa fakta yang perlu Anda ketahui dari kayu khas Indonesia ini.

gusaran kayu ulin
Sumber: briteace.com.sg

1. Dapat tumbuh besar dan tinggi

Pohon yang mendapat julukan kayu besi ini bisa tumbuh dengan sangat tinggi dan besar, loh. Tingginya dapat mencapai 50 meter dengan lingkar kayu atau diameter hingga 1,2 meter. Besar sekali, bukan? 

2. Tahan terhadap perubahan suhu dan kelembaban

Kayu dari pohon besi punya ketahanan yang baik terhadap perubahan suhu dan kelembapan. Tidak heran kalau disebut sebagai “kayu besi”.

Selain itu, kayu ulin juga tidak mudah lapuk dan anti-rayap sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai bahan furnitur.

3. Memiliki tekstur yang keras dan kasar

Selain tahan pada perubahan suhu, si kayu besi ini juga terbukti sangat kokoh, loh. Tekstur kayu yang kasar dan sangat keras, menjadikan kayu ini sebagai bahan pondasi rumah.

Baca Juga:   7 Manfaat Kayu Cendana, bisa untuk Kesehatan!

Untuk memotong kayu ini, Anda perlu menggunakan gergaji dan memakunya. Inilah yang suka membuat bagi para pekerja bangunan cukup sulit menggunakan kayu ulin. Selain itu, memotong kayu ulin juga memakan waktu yang sangat lama. 

4. Aroma kayu sangat khas

Setiap jenis kayu biasanya memiliki aromanya sendiri yang sangat khas. Begitu juga dengan kayu ulin ini, yang aromanya bisa memberikan ketenangan. 

Aroma kayu ulin ini menjadi nilai tambah saat digunakan sebagai bahan bangunan dan furnitur. Apalagi, Anda bisa membawa suasana alam ke rumah dengan mencium wanginya.

Manfaat Kayu Ulin

Selain punya batang yang kokoh dan aroma yang wangi, si kayu besi ini juga memiliki segudang manfaat, loh. Apa

kerajinan kayu ulin
Sumber: Instagram @ordiansyah

1. Sebagai bahan bangunan dan furnitur

Ingin menggunakan perabot berbahan kayu di rumah? Kayu ulin dapat menjadi pilihan yang tepat.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kayu ulin memiliki ketahanan yang tinggi terhadap perubahan suhu dan tekstur yang sangat kuat. Apalagi, kayu ini juga tidak mudah lapuk dan anti rayap. Jadi, Anda bisa menggunakannya dalam waktu lama.

Tidak heran bila kayu ulin sering menjadi pilihan untuk bahan pondasi rumah dan perabot, seperti kursi, meja, lemari, hingga patung pajangan.

2. Dapat menjadi bahan kerajinan

Kayu ulin juga dapat menjadi kerajinan tangan yang menawan, seperti gelang, kalung, hiasan dinding, pajangan, dan ukiran kayu. 

Tekstur dan guratan pada kayu ini juga dinilai lebih eksotis sehingga akan menjadi aksesoris yang sangat cantik. Selain itu, aroma pada kayu ulin menjadi nilai tambah untuk hasil kerajinan tangan.

Baca Juga:   Mengenal 9 Jenis Tekstur Kayu serta Kelebihan dan Kekurangannya

3. Baik untuk kesehatan

Tidak hanya kayunya yang bermanfaat, tetapi daun, biji, dan buah ulin juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Anda dapat menghaluskan bijinya untuk menjadi obat bengkak atau sebagai semir rambut hitam. 

Sedangkan daunnya, memiliki kandungan banyak zat fitokimia dan berfungsi sebagai nutrien, yang sering ada di sayuran dan buah.

Anda juga bisa memanfaatkan buah ulin untuk mencegah tumbuhnya uban, ketombe, hingga rambut rontok. Caranya, dengan mengeringkan dan dicampur dengan minyak kelapa.

Ekstrak kayunya juga ternyata dapat mencegah timbulnya sakit gigi, loh. 

4. Mempertahankan ekologi alam

Ternyata, pohon ulin menjadi tempat favorit bagi orang utan, loh. Orang utan akan bersarang di sana dan memakan daun muda dari pohon ulin. 

Selain itu, pohon ini juga dapat menjaga kesuburan tanah, serta menahan air agar tidak terjadi erosi ataupun longsor di daerah tersebut.

***

Nah, itu dia beberapa fakta dan manfaat yang perlu Anda ketahui dari kayu khas Indonesia ini. Keren sekali, kan

Apakah Anda tertarik untuk mendekorasi rumah dengan perabot serba kayu, tetapi tidak ingin menggunakan kayu ulin?

Anda bisa menemukan berbagai perabot dari bahan kayu hanya di Ruparupa.com, seperti produk berikut ini.

Bangku Patch Kayu Jati Persegi 31x31 Cm
Bangku Patch Kayu Jati Persegi 31×31 Cm beli di Ruparupa.com.
Terbuat dari kayu jati yang sama kuat dan awetnya dengan kayu ulin. Bangku ini memiliki desain minimalis dengan sentuhan kayu memberikan kesan klasik yang menawan.

Beli di sini

Rokerton Set Meja Rias - Walnut
Rokerton Set Meja Rias – Walnut beli di Ruparupa.com.
Meja rias dengan bahan kayu ini juga dapat mempercantik tampilan ruangan Anda. Menggunakan bahan berkualitas sehingga dapat lebih tahan lama.

Beli di sini

Pendopo 10 Cm Tatakan Gelas Kayu
Pendopo 10 Cm Tatakan Gelas Kayu beli di Ruparupa.com.
Kayu juga dapat dijadikan kerajinan yang unik seperti tatakan gelas satu ini. Dengan gusaran yang cantik akan membuat Anda betah melihatnya.

Beli di sini

Pendopo Ukuran S Patung Kayu Dekorasi Ruangan
Pendopo Ukuran S Patung Kayu Dekorasi Ruangan beli di Ruparupa.com.
Patung pahatan kayu akan menjadi ide dekorasi ruangan yang sangat unik dan menawan.

Beli di sini