10 Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

0
4145
manfaat kayu bajakah
Sumber : kbk.news

Tanaman bajakah belakangan ini sedang menjadi topik pembicaraan banyak orang karena khasiatnya. Masyarakat Kalimantan, khususnya suku Dayak, ternyata sudah lama menggunakan kayu ini sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk untuk mengobati kanker. Lalu, apa saja manfaat kayu bajakah lainnya untuk kesehatan tubuh? Simak berikut ini.

1. Meningkatkan imun tubuh

Bila kita  memiliki imun tubuh yang rendah, maka kita akan mudah terserang berbagai penyakit. Nah, Anda bisa menggunakan ekstrak kayu ini untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. 

Di dalam kayu bajakah memiliki kandungan saponin atau zat kimia glikosida aktif, yang  ada pada berbagai tumbuhan, sayuran, atau biji-bijian. Zat ini mampu menyesuaikan sistem imun tubuh, yang disalurkan oleh sel, serta bisa meningkatkan zat antibodi. 

2. Mengurangi rasa pegal

Aktivitas yang Anda lakukan setiap hari terkadang membuat tubuh terasa lelah, bahkan jadi mudah pegal-pegal. Jika Anda merasa hal ini, cobalah minum air rebusan kayu bajakah atau teh olahan akarnya secara rutin. Cara ini dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan mengurangi munculnya pegal-pegal pada tubuh. 

3. Mencegah obesitas

Salah satu hal penyebab obesitas adalah kadar ROS yang tinggi. ROS atau reactive oxygen species merupakan molekul yang dapat memberikan sinyal pada sel tubuh untuk melakukan proses biologis dengan normal.

Baca Juga:   7 Manfaat Bunga Krisan untuk Kesehatan Anda

Nah, kayu ini dapat membantu mencegah obesitas dengan menurunkan kadar ROS tersebut. Bukan hanya itu, meminum ekstrak kayu bajakah ternyata juga bisa menurunkan berat badan dan lemak visceral, yang menjadi penyebab obesitas. 

kayu bajakah
Sumber : borneo24.com

4. Kaya akan antioksidan

Di dalam kayu ini, khususnya pada bagian akarnya, terkandung zat antioksidan yang  bermanfaat bagi tubuh. Antioksidan ini dapat membantu tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

5. Menurunkan risiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti orang-orang. Jangan khawatir, Ruppers! Kayu bajakah dapat membantu Anda untuk mencegah dan menurunkan risiko penyakit kanker ini, loh.

Di dalam kayu ini terkandung zat fenolik yang berperan sebagai antioksidan sehingga membuatnya menjadi obat kanker yang ampuh. 

6. Mengatasi disentri

Di dalam kayu ini terkandung zat antibakteri, yang ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti disentri. Tidak heran bila kayu bajakah sering digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit pada usus. Selain itu, kayu ini juga bisa mencegah penyakit ini datang kembali lagi.

7. Mencegah diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang penyebab utamanya adalah kadar gula darah yang tinggi pada tubuh dan dapat mengganggu organ tubuh lainnya. Diabetes dapat berakibat fatal jika tidak segera mengobatinya.

Nah, Anda dapat mencegah penyakit berbahaya satu ini menggunakan akar bajakah. Akar bajakah mengandung senyawa flavonoid, yang dapat mengatur metabolisme glukosa, aktivitas enzim hati, serta profil lipid.

Baca Juga:   8 Makanan yang Benar-Benar Menyebabkan Kanker

Cobalah mengonsumsi air rebusan kayu ini menjadi teh herbal secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya, termasuk buat mengobati masalah gula darah.

teh herbal
Sumber : unsplash.com

8. Mencegah penuaan dini

Kayu bajakah juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, antioksidan di dalam kayu ini juga dapat memancing produksi kolagen pada tubuh dan membuat kulit lebih halus. 

9. Menangkal radikal bebas

Zat fenolik yang terkandung di dalam kayu bajakah juga mampu mencegah terjadinya radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas merupakan sel-sel di dalam tubuh yang sudah rusak dan dapat mengganggu kesehatan. Kandungan antioksidan yang tinggi dari zat fenolik mampu membantu tubuh untuk menangkal adanya radikal bebas ini.

10. Menyembuhkan luka dengan cepat

Kayu ini mengandung senyawa tanin yang ternyata dapat membantu mempercepat penyembuhan luka di tubuh dengan cepat, loh. Senyawa ini dapat menghilangkan mikroba yang membahayakan tubuh dan juga melawan virus, bakteri ataupun jamur dengan melakukan pembekuan darah secara cepat. Hal itulah yang dapat mendorong proses penyembuhan luka. 

Itu dia 10 manfaat kayu bajakah dari Kalimantan ini untuk kesehatan tubuh Anda. Ternyata bukan hanya bisa mengobati kanker saja ya, Ruppers. Anda dapat mencoba mengonsumsi air rebusan kayu bajakah ini menjadi teh untuk kesehatan tubuh. Klik di sini untuk menemukan perlengkapan minum teh berkualitas dari Ruparupa.com. Simak juga beberapa rekomendasi produk dari Ruparupa.com berikut ini. 

Tea Culture 800 Ml Teko Teh Dengan Infuser
Tea Culture 800 Ml Teko Teh Dengan Infuser beli di Ruparupa.com.
Pada bagian tengah teko dilengkapi dengan infuser untuk meletakkan sisa rebusan kayu bajakah sehingga aroma dan rasa teh tetap ada saat air diisi ulang sekalipun.

Beli di sini

Appetite 450 Ml Set 3 Pcs Teko Dan Cangkir Teh Ara
Appetite 450 Ml Set 3 Pcs Teko Dan Cangkir Teh Ara beli di Ruparupa.com.
Set teko dan cangkir Appetiter terbuat dari material kaca borosilikat yang kuat dan tebal sehingga tidak mudah pecah saat terkena air panas.

Beli di sini

Delicia 660 Ml Teko Teh Dengan Penghangat
Delicia 660 Ml Teko Teh Dengan Penghangat beli di Ruparupa.com.
Gunakan teko teh dengan penghangat ini untuk meminum teh kayu bajakah Anda dan menjaganya tetap hangat.

Beli di sini

Delicia Set 10 Pcs Teko & Cangkir Teh Premium Porcelain Motif Garis - Abu-abu
Delicia Set 10 Pcs Teko & Cangkir Teh Premium Porcelain Motif Garis – Abu-abu beli di Ruparupa.com.
Set teko cantik ini akan sangat cocok Anda gunakan untuk minum teh kayu bajakah bersama dengan keluarga agar dapat bersantai sambil tetap menjaga kesehatan.

Beli di sini