7 Manfaat Kayu Cendana, bisa untuk Kesehatan!

0
119
manfaat kayu cendana
Sumber : learnreligions.com

Kayu cendana menjadi salah satu komoditas andalan di Indonesia dengan harga jual yang cukup mahal. Bukan tanpa alasan, ternyata kayu ini punya segudang manfaat. Kayu yang memiliki aroma khas ini tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan furnitur, tetapi juga bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan, loh. Tidak heran bila cendana, yang memiliki nama lain sandalwood ini, punya permintaan yang sangat tinggi di pasaran. Lalu apa saja manfaat  dari kayu cendana? Yuk, simak berikut ini!

1. Bahan baku furniture atau mebel

furnitur kayu cendana
Sumber : etsy.com

Kayu cendana memiliki bentuk yang besar dan kokoh sehingga sering dijadikan sebagai bahan utama pembuatan perabot rumah atau furnitur. Anda dapat membuat furnitur menawan dari kayu ini, seperti lemari, meja, kursi, dipan, pintu, dan lain-lain. Perabot dari kayu cendana akan sangat cocok dengan hunian bertema vintage. 

2. Bahan untuk wewangian dan parfum

Candle Lite Vanilla And Sandalwood Lilin Aromaterapi
Candle Lite Vanilla And Sandalwood Lilin Aromaterapi beli di Ruparupa.com.
Lilin aroma terapi yang memiliki wangi Vanilla and Sandalwood ini terbuat dari campuran minyak esensial dengan parafin alami, sehingga aman dan memberi efek rileks.

Beli di sini

Kayu satu ini terkenal dengan aroma alaminya yang khas dan menenangkan. Tidak heran bila banyak yang menjadikannya sebagai bahan dasar pembuatan parfum atau wewangian. Tidak hanya itu, aroma dari kayu cendana juga dapat memberikan efek menenangkan dan membuat satu ruangan jadi wangi. Anda bisa mencampurkan minyak kayu cendana pada parfum, lilin aromaterapi, dupa, atau balsam.

3. Kerajinan tangan

kipas kayu cendana
Sumber : etsy.com

Kayu cendana juga dapat menjadi sebuah kerajinan tangan yang indah loh, Ruppers. Biasanya, souvenir dari kayu dibuat dari kayu cendana ini. Nah, kerajinan tangan yang dihasilkan dari kayu ini, antara lain jam tangan, gelang, kipas tangan ataupun perhiasan dengan ukiran yang cantik.  Tenang saja, kerajinan tangan dari bahan satu ini punya kualitas terbaik dan tahan lama. 

4. Mengatasi masalah kecantikan wajah

Minyak dari kayu satu ini ternyata juga bisa diolah menjadi produk kecantikan alami yang penuh manfaat, seperti bedak. Umumnya, bedak dari bahan kayu ini mampu mengatasi masalah pada wajah, seperti mengurangi produksi minyak, menghilangkan noda hitam, mencegah munculnya jerawat, mengatasi komedo membandel, dan juga mencegah penuaan dini.

Namun, cara penggunaannya agar lebih maksimal adalah dengan mencampur bedak memakai air mawar dan glistering. Pastikan Anda  rutin mengaplikasikan bedak ini ke wajah secara teratur agar masalah pada wajah segera teratasi.

5. Membersihkan dan melembutkan kulit

bubuk kayu cendana
Sumber : lifeandtrendz.com

Selain dapat mengatasi masalah pada wajah, ternyata cendana dapat bermanfaat untuk kulit tubuh juga, loh. Minyak dari kayu ini dapat Anda gunakan untuk memijat tubuh, yang berfungsi untuk melembutkan kulit. Sedangkan bubuk kayunya, bisa Anda gunakan untuk membersihkan tubuh.

Cara membuatnya puny sangat mudah, yait Anda hanya perlu mencampurkan bubuk kayu ini dengan bahan lainnya, seperti madu, susu, perasan lemon, atau kunyit. Setelah itu, aplikasikanlah campuran tersebut ke kulit tubuh sebagai masker dan diamkan sekitar 30 menit. Kemudian, bilas hingga bersih dan keringkan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

6. Mengatasi stres dan darah tinggi

Minyak cendana juga dapat menjadi aromaterapi yang menenangkan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat ketika Anda sedang stres dan juga dapat mengatasi masalah darah tinggi. Kandungan pada minyak kayu ini mampu membantu otak melepaskan serotonin sehingga dapat meningkatkan energi positif dalam diri seseorang dan membuatnya lebih bahagia.

7. Mencegah bau badan

Anda memiliki masalah bau badan? Bila ya, Anda bisa memanfaatkan kayu cendana untuk membantu mengatasi masalah ini, loh. Kayu ini memiliki kandungan yang dapat melawan bau badan dan memberikan efek harum lebih lama. Pastikan Anda memakai parfum atau anti-deodorant yang memiliki kandungan cendana di dalamnya. 

Itu dia tujuh manfaat dari kayu dengan aroma yang sangat wangi ini. Wajar saja kalau harga kayu ini cukup mahal karena manfaatnya sangat banyak. Klik di sini untuk menemukan berbagai produk aromaterapi cendana yang wangi dan berkualitas dari Ruparupa. 

Simak juga beberapa rekomendasi produk dari Ruparupa.com berikut ini.

Breathe Sandalwood Simmering Minyak Aromaterapi
Breathe Sandalwood Simmering Minyak Aromaterapi beli di Ruparupa.com.
Breath Simmering Aromaterapi ini merupakan minyak aromaterapi berkualitas yang dapat memberikan kesegaran dan ketenangan dari cendana pada ruangan Anda.

Beli di sini

Colonial Candle Set 9 Pcs Tibetan Sandalwood Lilin Tealight
Colonial Candle Set 9 Pcs Tibetan Sandalwood Lilin Tealight beli di Ruparupa.com.
Buat suasana di rumah lebih terasa menyegarkan dan rileks dengan menghadirkan Colonial Candle Tealight Tibetan Sandalwood. Lilin yang terdiri dari 9 pcs lilin tea light ini dapat menyala hingga 9 jam.

Beli di sini

Flamingo Sandalwood Alpha Pengharum Mobil
Flamingo Sandalwood Alpha Pengharum Mobil beli di Ruparupa.com.
Bawa keharuman cendana di dalam mobil Anda dengan pengharum mobil Flamingo. Dengan konsentrat parfum pada tiap cupnya menjanjikan keharuman yang lebih natural dan fresh di dalam mobil Anda.

Beli di sini