11 Warna cat ruang tamu agar terlihat mewah

0
326
Sumber: unsplash.com/@trend.io

Penggunaan warna cat dinding bagaikan memberikan wajah dan suasana baru terhadap tampilan ruangan. Kamu dapat menyiasati berbagai tampilan hanya dengan mengubah warna cat di ruanganmu. Warna cat dinding juga dinilai dapat memengaruhi efek psikologis penghuninya. Misalnya lantaran penggunaan warna yang terang, maka kamu akan cenderung merasa fresh. Sebaliknya, penggunaan warna gelap tanpa bantuan pencahayaan justru akan membuat tampilan ruangan tampak suram lantaran respon psikologi yang telah terbentuk.

11 Warna cat ruang tamu agar terlihat mewah

Kenyamanan tampilan ruang tamu dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pencahayaan, furnitur, hingga warna cat yang digunakan pada suatu ruangan.  Buktinya tampilan rumah tua ataupun ruangan yang sudah lusuh pun dapat menjadi cantik hanya dengan mengubah warna cat dinding saja. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih warna cat yang sesuai untuk membuat tampilan ruang tamu tampak mewah dan nyaman.

Warna cat putih

warna cat ruang tamu putih
Sumber: unsplash.com/@sidekix

Warna putih sudah sering menjadi warna klasik hiasan interior rumah, salah satunya adalah pada ruang tamu. Penggunaan warna putih pada dinding ruang tamu memberikan kesan klasik modern yang mewah menawan dengan aksen polos. Pada area tersebut, kamu dapat memberikan tambahan furnitur dengan warna senada ataupun warna lebih tua. Selain itu, kamu juga dapat memadukan warna besi silver untuk menghasilkan pantulan gradasi cahaya matahari yang masuk menyinari ruangan. Alhasil, ruangan terasa nyaman dan memiliki kesan yang lapang.

Sumber: unsplash.com/@collovhomedesign

Selain itu, warna putih juga membantu untuk mempertegas furnitur maupun hiasan dekorasi seperti lukisan, tanaman hias, dan pajangan kecil lainnya. Dengan gaya warna terang pada keseluruhan sisi dinding, tampilan ruangan juga akan terlihat lebih menonjol, mewah, dan elegan. Warna putih sendiri juga terkenal baik untuk psikologis, dimana tampilannya yang cerah memberikan efek positif yang dapat merilekskan pikiran kamu.

Dapatkan eglare lampu santai hanya di Ruparupa.com

Kombinasi cat ruang tamu warna hijau dan putih

warna cat ruang tamu kombinasi
Sumber: unsplash.com/@karaeads

Kombinasi warna putih disini berfungsi untuk merefleksikan warna ruangan menjadi terlihat lebih terang, sehingga kamu tidak memerlukan penggunaan cahaya lampu yang berlebih baik saat siang maupun malam hari. Selain itu, warna putih sendiri bekerja sebagai warna dasar yang cocok bila dipadupadankan dengan warna lain, contohnya seperti warna hijau. Dengan menggabungkan warna hijau dan putih, ruangan akan tampak terlihat lebih luas dan juga eyecatching.

Cat warna teal

warna cat ruang tamu teal
Sumber: unsplash.com/@ashleybyrd

Penggunaan warna teal sebagai interior ruang tamu memang jarang ditemukan di Indonesia. Namun, siapa sangka warna ini mampu memancarkan aura ruangan yang mahal, terutama bila dikombinasikan dengan dekorasi lampu dan pencahayaan yang maksimal. Selain memberikan kesan yang mewah, warna yang satu ini juga bisa memberikan nuansa yang gembira dan semangat pada tampilan ruanganmu. Dengan karakter ini, warna ruangan juga bisa membantu membuat ilusi ruangan yang lebih luas serta menonjolkan penggunaan furnitur di rumah, loh.

Cat abu gelap

warna cat ruang tamu abu gelap
Sumber: unsplash.com/@idinteriors

Warna abu gelap sudah tidak asing lagi digunakan pada rumah minimalis mewah. Bak primadona pada rumah minimalis, warna dengan tone gelap ini memberikan suasana hangat yang cozy pada ruangan. Warna yang cenderung memiliki energi yang kuat ini sangat cocok bila dikombinasikan dengan furnitur lemari berwarna putih minimalis yang menutup hingga salah satu sisi permukaan dinding.

Sumber: unsplash.com/@sidekix.com

Pemilihan warna abu tua juga memiliki beragam tingkatan. Bila kamu menyukai kesan abu tua yang lebih soft, kamu dapat mencoba mengaplikasikan contoh dekorasi ruangan di atas. Kesan klasik modern yang mewah pada ruang tamu membuat tampilan yang menarik perhatian mata hingga bagian setiap sudut ruangan.

Sebagai pelengkap, kamu dapat menggunakan furnitur dengan warna senada, ataupun menggunakan unsur warna dasarnya seperti hitam dan putih. Dengan demikian, ruang tamu kamu akan terlihat lebih bermotif dengan tampilan yang tidak monoton. Sedangkan untuk ornamen hiasan dekorasi, kamu dapat mencoba menggantung lukisan ataupun cermin yang dapat membantu merefleksikan perpaduan warna antar sisi dinding.

Dapatkan Kris Cermin Dinding Dekorasi Round hanya di Ruparupa.com

Cat abu terang

warna cat ruang tamu abu terang
Sumber: unsplash.com/@trend.io

Untuk menampilkan ruangan minimalis tidak hanya berpatokan pada warna abu gelap saja. Melainkan penggunaan warna abu terang rupanya juga berlaku untuk memberikan hunian yang cantik dan nyaman. Nyatanya, warna ini juga tidak memerlukan dekorasi yang berlebih selama kamu bisa menatanya dengan baik. Kunci rahasianya terdapat pada penggunaan elemen dengan konsep senada dan tidak terlalu kontras.

Dapatkan sofa empuk berkualitas hanya di Ruparupa.com
ruang tamu kecil konsep rustic
Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Selain rumah minimalis, penggunaan warna abu muda juga sangat cocok untuk kamu yang menyukai tema alam bergaya rustic. Warnanya yang fleksibel dan tidak begitu mencolok ini membuatnya mudah dipadupadakan pada berbagai tema. Misalnya dengan menggunakan kombinasi anyaman, tanaman artifisial, dan beragam dekorasi berwarna kayu yang saling melengkapi aksen bertema rustic.

Kombinasi cat ruang tamu berwarna gelap

Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Warna terang terlalu polos dan membosankan? Tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan kombinasi warna gelap pada ruang tamu kamu. Warna gelap minimalistik ini memberikan kesan artifisial dengan menambahkan lukisan berwarna kontras pada dinding. Kamu juga dapat melengkapi area ini dengan meja berukuran kecil dan rendah untuk aplikasi minimalis mewah yang lebih space saving.

ruang tamu kecil konsep gelap
Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Aplikasi warna ini sangat cocok untuk menambahkan personifikasi maskulin dengan menghadirkan kesan netral pada bagian ruang tamu. Tidak lupa pula untuk menambahkan karpet berwarna senada yang terasa nyaman. Selain itu, kamu dapat memberikan tambahan dekorasi dengan warna kilau emas yang dramatis untuk menghidupkan suasana gelap agar tak terlihat suram.

Cat warna krem

Sumber: unsplash.com/@collovhomedesign

Cat ruang tamu dengan warna krem terbukti ampuh untuk menyulap ruang tamu menjadi terlihat luas. Penggunaan warna krem ini menghadirkan sensasi kehangatan dan kenyamanan. Umumnya, penggunaan warna krem kerap dipadu dengan hiasan berwarna netral ataupun bertekstur kayu. Namun, bagi beberapa orang, warna krem cenderung terlalu terang dan mudah kotor. Sebagai alternatifnya, kamu dapat mencoba menggunakan warna cokelat untuk memberikan tone warna yang lebih hangat namun tidak kusam.

Untuk penggunaan elemen di dalam ruangan sendiri, kamu dapat mencoba furnitur sofa  dengan bahan kulit yang tak mengkilap. Sedangkan untuk meja dan dekorasi rak terbuat dari kayu berwarna terang. Tidak ketinggalan, jangan lupa untuk menambahkan lukisan agar ruangan terlihat semakin apik.

Nah, bagaimana Ruppers? Dari sini rupanya dapat terlihat jelas bahwa penggunaan warna cat dinding pada interior rumah berperan penting untuk memperkuat dan mengubah kesan tampilan ruangan. Untuk kamu yang sedang mencari inspirasi furnitur unik dengan kualitas terbaik, kamu dapat mengunjungi ruparupa.com.