7 Tips Menggunakan Rice Cooker Agar Tetap Awet

0
7901

Rice cooker atau alat penanak nasi merupakan salah satu perlengkapan masak yang wajib ada di rumah. Sebagai orang Indonesia, rasanya tidak lengkap bila belum makan nasi.    Tips menggunakan rice cooker agar tahan lama sebenarnya tidak sulit.

Rice cooker telah hadir dengan berbagai fitur serbaguna yang tidak hanya untuk membuat nasi, tetapi juga bubur, sup, hingga slow cooker untuk daging. Tak heran, alat ini sudah menjadi salah satu harta ‘berharga’ bagi anak kost.

Ruparupa Banner

Tentunya, bila kita memakai alat ini dengan tepat, kita bisa menggunakannya dalam waktu lama.

Lantas, Bagaimana Menggunakan Rice Cooker yang Benar?

Sebenarnya, memakai alat ini sangat mudah. Cukup menambahkan beras dan menuangkan air sesuai takaran, voila! Kamu sudah bisa menikmati hidangan nasi yang hangat dan pulen.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kita hindari karena sering kali bisa membuat rice cooker menjadi gampang rusak. Apa saja itu? Simak, yuk.

1. Hindari mencuci beras langsung di dalam rice cooker

Banyak yang sering mencuci beras secara langsung di dalam panci rice cooker. Walau panci tersebut terlihat tebal dan kokoh, tetap saja dalam jangka panjang lapisan pelindung di dalam rice cooker akan rusak secara perlahan.

Lebih baik mencuci beras terlebih dahulu di wadah lain, lalu baru pindahkan ke dalam panci rice cooker saat hendak dimasak. Karena beras yang keras berpotensi menggores lapisan anti lengket di dalamnya.

Meski terkesan tidak praktis, tetapi cara ini akan menjaga keawetan rice cooker kamu di rumah.

2. Gunakan sendok kayu untuk mengaduk nasi

Hindari menggunakan sendok pengaduk berbahan metal untuk mengambil nasi di dalam rice cooker. Walau terlihat sepele, nyatanya kebiasaan ini akan mengikis dan menggores bagian dalam panci rice cooker. 

Sebaiknya gunakan sendok berbahan kayu atau centong khusus nasi yang terbuat dari bahan plastik.

Baca Juga:   Sering Dikira Sama, Ini Dia Perbedaan Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com

3. Masak nasi sesuai kapasitas

Biasakan memasak nasi sesuai dengan takaran di dalam buku petunjuk. Hindari memasak nasi secara berlebihan karena akan menyebabkan nasi tidak matang merata dan meluber ke luar rice cooker.

Namun, kamu juga tidak boleh memasak nasi dalam jumlah yang terlalu sedikit. Untuk itulah, pertimbangkan membeli rice cooker sesuai dengan kebutuhan di rumah.

Biasanya, rice cooker hadir dengan tiga jenis kapasitas, yaitu ukuran satu cangkir, tiga, enam, dan sepuluh cangkir. Jika kamu hanya tinggal di kost sendiri, maka kamu bisa memilih kapasitas yang paling kecil agar nasi bisa matang dengan merata.

Begitu pula sebaliknya, jika kamu butuh memasak nasi dalam jumlah banyak, maka pilihlah kapasitas yang besar.

4. Hindari mencongkel kerak nasi

Kamu pasti sudah tidak asing melihat sisa kerak nasi di bagian bawah wadah rice cooker, bukan?

Teksturnya yang keras, tentu tidak bisa dikonsumsi. Namun, kamu juga tidak boleh buru-buru membersihkan, apalagi mencongkel sisa kerak nasi tersebut.

Sebelum mencuci tempat rice cooker,  kamu perlu merendamnya dengan air hangat dan sabun selama 5-10 menit. Sisa nasi kering akan terlepas secara perlahan dengan sendirinya dari lapisan panci rice cooker. 

Nah, supaya nasi tidak mudah berkerak, kamu harus memastikan jumlah takaran air telah sesuai dengan kapasitas ukuran rice cooker. Kemudian, kamu  juga tidak boleh memanaskan nasi yang sudah matang terlalu lama.

5. Usap bagian luar panci hingga kering

Bila kamu terbiasa mencuci beras menggunakan panci rice cooker, jangan sampai permukaan luar panci dalam keadaan basah saat memasaknya.

Hal ini dapat merusak elemen pemanas rice cooker dan membuat suhu pemanas menjadi tidak stabil. Alhasil, nasi yang dimasak juga tidak akan optimal.

Baca Juga:   6 Cara Memilih Food Storage yang Aman dan Berkualitas

Jadi, pastikan untuk mengeringkan wadah sebelum menaruhnya ke dalam rice cooker, ya!

6. Cuci rice cooker dengan tepat

Tips menggunakan rice cooker berikutnya adalah kamu harus rutin mencuci dan merawat rice cooker agar lebih awet serta berumur panjang.

Saat mencuci, Anda harus meniriskan dan mengusap bagian dalam panci hingga kering dengan campuran air sabun. Sedangkan bagian luar panci, cukup lap dengan kain basah.

7. Cek penampungan uap air

Sering kali, bagian penampuan uap air  lupa diperhatikan, padahal bagian penampungan air ini bisa menimbulkan banyak bakteri dan bau tak sedap. Bila dibiarkan terlalu lama, rice cooker akan menimbulkan bau tak sedap dan menjadi tempat berkumpul bakteri.

Maka dari itu, kamu harus rutin memeriksa dan membersihkan tempat penampungan uap air secara berkala, terutama sebelum memasak nasi.

Caranya dengan menggunakan sikat kecil untuk menjangkau bagian dalam penampungan. Kemudian, bersihkan dengan air mengalir hingga kotorannya hilang.

Itu dia 6 tips yang bisa Anda terapkan agar rice cooker bisa berfungsi optimal. Jangan sampai rasa malas merawatnya mengakibatkan rice cooker rusak secara sia-sia.

Agar tidak salah pilih, berikut sejumlah rekomendasi rice cooker yang bisa kamu beli buat di rumah.

 

Kegiatan memasak menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan rice cooker multifungsi dengan 8 fitur memasak persembahan dari Kels.

Beli di sini

Rice cooker mini yang sangat cocok dan ideal untuk anak kost. Menanak nasi menjadi lebih mudah dan dijamin matang merata.

Beli di sini

 

tips menggunakan rice cooker low sugar
Rice cooker multifungsi cerdas dengan kemampuan teknologi memasak nasi rendah gula hanya dari Kels.

Klik di sini

tips menggunakan rice cooker
Rice cooker dengan kapasitas 2 liter, yang sempurna untuk menemani keluarga Anda.

Beli di sini

Kamu bisa mendapatkan seluruh produk di atas hanya di ruparupa.com. Selain menjual alat penanak nasi, situs belanja online inijuga menjual seluruh kebutuhan alat masak, furnitur, dan dekorasi rumah terlengkap dengan kualitas terbaik.

Semua produk rumah tangga dan perabot yang ada di sini berasal dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan Selma.