Furniture festival Ruparupa

Untuk menyimpan makanan agar tetap awet dan tidak bercampur dengan aroma lainnya, tentunya dibutuhkan tempat pemisah seperti wadah. Tapi tidak semua wadah dapat memberikan fungsi yang sama. Bahkan ketidaktahuan cara memilih food storage juga menjadi salah satu faktor yang membuat makanan cenderung cepat basi dan beraroma tidak sedap.

Saat ini di pasaran sendiri tersedia berbagai food storage yang beragam, mulai dari jenis material hingga bentuk yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan, maupun berbagai ukuran. Perlu diketahui setiap material memiliki kelebihannya masing-masing, sehingga pilih yang paling tepat untuk kamu.Berikut ini kami akan memberi tahu cara memilih food storage

Cara Memilih Food Storage

Setiap orang wajib memiliki wadah yang digunakan untuk menyimpan makanan, namun wadah seperti apa sih yang harus dimiliki?

Pertama perhatikan simbol food grade dan food safe yang terdapat pada kemasan.

Pertama food grade, secara definisinya dapat dikatakan seperti merupakan bahan yang aman untuk di konsumsi maupun bersentuhan secara langsung dengan berbagai jenis makanan. Hal ini berlaku bagi plastik, stainless steel, atau bahkan jenis kaca yang dianggap aman serta jauh dari komponen beracun.

Kedua food save. Nah, istilah ini mungkin jarang diketahui beberapa orang. Namun secara sederhananya digunakan untuk perlengkapan yang bukan saja aman untuk sebagian jenis sebagian makanan, tapi hampir untuk semua. Misalnya dengan tanda food grade pada kemasa belum tentu dapat digunakan untuk suhu panas, karena plastik yang berbeda. Hal seperti inilah yang menyebabkan Ruppers harus lebih bijak dalam memilih food storage.

Mengapa kedua istilah ini perlu dipahami? pasalnya ada berbagai perbedaan jenis makanan yang menyebabkan jika meletakan pada tempat yang salah, maka dapat membahayakan penggunanya loh! Baik sengaja atau tidak.

Melihat hal ini kami berharap Ruppers mengerti kalau jangan mudah tergoda karena harga yang murah, tapi tidak terjamin keamanannya. Memang beberapa perangkat dengan status non-food grade terkesan memiliki desain yang lucu dan harga relatif murah. Tapi apa gunanya jika pada akhirnya kesehatan kamu yang harus dikorbankan.

Jenis-Jenis Bahan Material Food Storage

Kenali bahan berikut ini untuk dapat memahami kelebihan masing-masing bahan lebih lagi.

Kaca

Jenis wadah yang satu ini dibuat melalui proses yang panjang, melibatkan teknik pemanasan dan pencetakan yang cukup rumit. Bahan jenis ini cenderung tidak memiliki bahan berbahaya yang dapat memengaruhi makanan.

Dapat digunakan untuk menyimpan aneka jenis bahan makanan seperti, nasi, pudding, makanan kering, hingga seafood yang membutuhkan tempat khusus. Selain itu kaca juga dapat digunakan untuk menyimpan cairan.

Jika dijabarkan lebih lagi, salah satu keuntungan memiliki wadah ini adalah dapat menjaga kesegaran dalam jangka waktu yang lama. Tak hanya itu karena bahannya yang transparan, tentunya memudahkan untuk melihat isi kontainer tersebut. Keunggulan lainnya wadah kaca cocok untuk mencegah timbulnya bau dan lembab. Cocok juga untuk digunakan pada makanan yang akan disimpan pada kulkas, maupun melalui proses pemanasan dengan microwave.

Namun untuk mendapatkan yang berkualitas pastikan untuk membeli pada platform yang tepat.

Logam atau Stainles steel

Memang keduanya berbeda namun izinkan kami untuk membahasanya secara umum. Jadi logam yang sangat umum bahkan populer digunakan sebagai wadah penyimpanan. Pasalnya jenis ini tahan terhadap kerusakan, dan dapat menahan suhu ekstrim dengan baik.

Memiliki kelebihan yang sama seperti wadah kaca, yaitu kedap udara sehingga tidak menimbulkan kelembaban dan menimbulkan aroma tidak sedap. Selain itu dapat digunakan untuk menyimpan makanan dengan waktu yang panjang.

Akan tetapi umumnya tidak semua bahan logam atau stainless steel dapat digunakan untuk segala aneka makanan. Karena tingkat keasaman yang tinggi, tidak bisa berpadu dengan harmonis. Cocok digunakan untuk menyimpan minyak, cairan, hingga makanan yang memiliki sifat netral.

Plastik

Untuk wadah yang satu ini pasti sangat populer bukan bagi Ruppers, pasalnya wadah yang terbuat dari plastik ini umumnya memiliki harga yang relatif murah. Namun inilah yang justru jadi permasalahan, pasalnya tidak semua plastik memiliki kualitas bpa free.

Tanda ini menunjukan jika produk yang kamu pilih bebas dari bahan kimia seperti bisphenol-A, dan perlu dipahami agar baik untuk digunakan. Dapat dikatakan faktor ini sangat penting karena dapat menggangu berbagai hormon produksi, transportasi, hingga hormon alami pada tubuh. Sehingga sangat berbahaya bagi orang dewasa, anak-anak dan janin.

Tips memilih wadah plastik sendiri juga tidak semudah yang dibayangkan. Hindari plastik daur ulang yang dapat membuat kuman dan virus ke dalam tubuh. Selain itu cobalah untuk memilih bahan yang sudah terjamin keamanannya.

Berbagai Jenis Plastik

Polyethylene terephthalate (PETE)

Aman digunakan dan tidak mengancam kesehatan, tapi yang perlu diketahui adalah kebanyakn produsen tidak menggunakan bahan berkualitas sehingga bakteri mudah sekali menempel pada permukaan. Sehingga untuk membersihkannya diperlukan air bersuhu normal. Sangat mudah ditemui pada jenis botol minum umumnya.

HDPE

Jenis ini memiliki keunggulan dibanding Polyethylene terephthalate (PETE), yang dimana dapat bakteri yang diakumulaiskan terbialng rendah. Tapi sayangnya memiliki warna yang kurang terlihat jelas. Sehingga dapat digunakan untuk menyimpan jus, susu.

Jenis lainnya ada yang hadir karena pencampuran jenis material seperti polycarbonate dan BPA. Hadir sebagai plastik yang digunakan untuk mengemas makanan.

Sederhannya memilih wadah penyimpanan makanan tidaklah mudah karena akan berpengaruh pada tubuh. Dengan memilih yang benar itu sama saja dengan melindungi kesehatan, dan mencegah bahaya dari zat beracun.

Perlu dipahami jika tidak semua produk produk yang ditemui aman untuk digunakan pada rumah tangga, maupun mudah dibersihkan begitu saja. Sehingga cobalah untuk mempercayakannya pada platform yang tepat seperti Ruparupa.

Kami menjual produk berkualitas dan aman digunakan bagi seluruh anggota keluarga. Tak hanya itu tersedia beragam bentuk, ukuran dan material yang dapat dipilih sesuai dengan selera Ruppers.

Temukan juga berbagai keperluan Dapur MinimalisTempat Penyimpanan Makanan, Tempat Bekal Makanan yang beragam.

Jangan lewatkan berbagai penawarna menarik dari kami seperti flash sale, potongan harga, dan cash back yang bisa didapatkan bagi pengguna eksklusif online. Yuk, rasakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan sekarang juga bersama Ruparupa!