6 Cara Memilih Food Storage yang Aman dan Berkualitas

0
2115
tips memilih food storage

Food storage atau kotak makan berfungsi untuk menyimpan makanan agar tetap segar dan tidak bercampur dengan aroma lainnya. Namun, cara memilih food storage menjadi salah satu faktor penting untuk memenjaga kualitas makanan.

Apalagi, saat ini bahan dan model food storage cukup beragam. Tentunya, setiap material food storage memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. 

Ruparupa Banner

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Kotak Makan atau Food Storage yang Tepat?

Agar tidak salah beli food storage, terutama bila kamu gunakan di dalam kulkas, simak beberapa tips memilih kotak makan yang aman dan nyaman berikut ini.

1. Pastikan tempat makan aman digunakan

Pertama perhatikan simbol food grade dan food safe yang terdapat pada wadah tempat makan. Food grade menandakan bahwa bahan kotak makan aman bersentuhan secara langsung dengan berbagaijenis makanan.

Sedangkan food save, artinya bahan kotak makan tidak hanya cocok untuk makanan, tetapi juga bisa untuk kebutuhan lainnya, termasuk minuman panas. 

Tanda ini biasanya akan terlihat di dalam tempat makan berbahan plastik, stainless steel, dan jenis kaca yang dianggap aman, serta jauh dari komponen beracun.

Meski begitu, ada beberapa tempat makan yang tidak boleh digunakan berkali-kali, terutama yang berbahan plastik. Kamu bisa melihat tanda dari jenis plastik tersebut di sini.

tips memilih kotak makan kulkas
Krishome Set 24 Pcs Wadah Makanan – Hijau

2. Pilih tempat makan yang mudah dibersihkan

Sebagai tempat untuk menyimpan makanan, tentu higienitas merupakan hal yang penting. Bila kita menggunakan food storage yang sulit dibersihkan, bisa-bisa sisa kotoran yang menempel akan menjadi bakteri yang berbahaya buat kesehatan.

3. Pastikan kotak makan dilengkapi penutup kedap udara

Cara memilih food storage berikutnya adalah pastikan kotak makan bisa tertutup dengan rapat. Hal ini bertujuan agar makanan yang disimpan tetap segar dan tidak mudah rusak, terutama ketika diletakkan di dalam kulkas.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Set Alat Makan di Bawah Rp180 Ribuan

4. Gunakan kotak makan bersekat

Bila kamu ingin menyimpan bahan maknaan di kulkas, pastikan kamu memaki kotak makan besekat. Selain bisa menjadi solusi untuk menghemat rak penyimpanan, kotak makan ini juga bisa memudahkan kamu dalam memisahkan bahan makanan. 

5. Pastikan food storage tidak bocor

Saat membeli food storage untuk menyimpan makanan di dalma kulkas, pastikan kmau meilih produk yang memiliki rubber seal atau silikon pada tutupnya. Jadinya, aroma makanan yang tersimpan di dalamnya tidak menyebar. 

Selain itu, kotak makan seperti ini juga tidak mudah bocor dan tumpah ketika disimpan di dalam kulkas. 

6. Pilih material yang tepat

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah material yang digunakan. Tidak semua bahan food storage cocok buat menyimpan semua jenis makanan.

Misalnya, untuk wadah dari plastik lebih cocok digunakan buat menyimpan sayur dan buah-buahan. Sedangkan untuk food container dari kaca, bisa kamu gunakan buat menyimpan sisa makanan agar tetap segar.

cara memilih food storage

Lalu, Apa Saja Jenis Material Food Storage atau Tempat Makan?

Agar tidak salah pilih food storage yang aman untuk menyimpan makanan di dalam kulkas, kenali dulu beberapa jenis materialnya seperti berikut ini. 

  • Kaca

Jenis wadah yang satu ini dibuat melalui proses yang panjang, melibatkan teknik pemanasan dan pencetakan yang cukup rumit.

Bahan jenis ini cenderung aman untuk  menyimpan aneka jenis bahan makanan seperti, nasi, pudding, makanan kering, hingga seafood yang membutuhkan tempat khusus. Selain itu, kaca juga dapat digunakan untuk menyimpan cairan.

Tidak hanya untuk menyimpan makanan, bahkan kamu pun bisa menggunakan food storage dari kaca untuk memanasakan sisa makanan di dalam microwave. Keunggulan lainnya adalah wadah ini bisa mencegah timbulnya bau dan lembap. 

Berikut rekomendasi food storage kaca yang bisa kamu gunakan. 

 

Glasslock Set Easy Mixing Mangkuk Kaca 3 Pcs

Beli di sini

Glasslock 715 Ml Wadah Makanan – Hijau

Beli di sini

  • Stainless steel

Kotak makan stainless steel biasanya memiliki tutup kedap udara yang cukup kencang. Jadi, makanan tidak mudah rusak dan menimbulkan bau di dalam kulkas. Selain itu, kotak ini dapat digunakan untuk menyimpan makanan dengan waktu yang panjang.

Baca Juga:   8 Rekomendasi Hiasan Meja Makan Bujet Rp75 Ribuan

Akan tetapi, tidak semua bahan stainless steel cocok untuk menyimpan segala jenis bahan mkanan. Biasanya, kotak ini lebih cocok buat menyimpan minyak, cairan, hingga makanan yang memiliki sifat netral.

Bahan satu ini juga sering digunakan sebagai kotak bekal karena bisa membuat makanan tetap hangat dalam waktu yang lama. Nah, berikut rekomedasi food storage dari bahan stainless steel yang bisa jadi pilihan buat kamu. 

tips memilih food storage buat di kulkas
Ataru Tempat Makan Marble Stainless Steel – Putih

Beli di sini

tips memilih food storage
Delicia Tempat Makan Stainless Steel

Beli di sini

  • Plastik

Bahan food storage terakhir yang sering digunakan adalah plastik. Umumnya, wadah makanan satu ini punya harga yang lebih terjangkau. 

Namun, pastikan kamu memperhatikan simbol jenis plastik yang digunakan. Apalagi, tidak semua plastik memiliki kualitas BPA free atau bebas dari bahan kimia, seperti bisphenol-A

Umumnya, jenis wadah plastik yang aman digunakan memiliki tanda Polyethylene terephthalate (PETE). Selain itu, kamu juga bisa memilih wadah plastik dengan simbol HDPE, polycarbonate dan BPA.

Hal yang paling penting adalah hindari memakai wadah plastik daur ulang yang dapat membuat kuman dan virus ke dalam tubuh. Selain itu, cobalah untuk memilih bahan yang sudah terjamin keamanannya.

Berikut beberapa rekomendasi tempat makan plastik yang bisa kamu gunakan di rumah. 

 
memilih wadah makanan
Krishome Set 18 Pcs Wadah Makanan

Beli di sini

tips memilih kotak makan
Appetite Set 11 Pcs Videl Wadah Makanan – Merah

Beli di sini

tips memilih kotak makan
Krischef Set Plastik Makanan Double Zipper 0.4l + 1.0l 50pcs

Beli di sini

Krischef Set Plastik Makanan Zipper Jumbo 6 Pcs

Beli di sini

Itu dia beberapa cara memilih food storage yang aman dan berkualitas. Kamu bisa membeli berbagai model, ukuran dan material yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan di rumah hanya melalui ruparup.com

Temukan juga berbagai keperluan Dapur Minimalis dan Tempat Penyimpanan Makanan
CEK di sini

Dapatkan juga penawaran menarik dari ruparupa.com, seperti promo cicilan hingga promo beli 1 gratis 1yang bisa didapatkan bagi pengguna eksklusif online. 

Yuk, pastikan menjaga makanan agar tetap segar di rumah.