Tips Memilih Produk Mesin Alat Las Listrik

0
4356
alat las listrik

Alat las listrik merupakan peralatan yang banyak digunakan pada berbagai bidang industri terutama  yang berkaitan dengan penerapan material logam. Fungsi utama dari mesin las adalah menyambung material-material logam dengan tujuan untuk membangun atau membuat sesuatu semisal pagar besi, teralis, dan ataupun yang lainnya.

Sesuai dengan namanya, las listrik merupakan mesin las yang menggunakan energi listrik sebagai sumber penghasil panas yang pada akhirnya dapat melelehkan elektroda las yang digunakan untuk menyambung satu logam dengan logam yang lainnya secara kuat dan tahan lama.

Ruparupa Banner

Tips Memilih Alat Las Listrik Yang Perlu Dicermati

Mengingat bahwa alat las merupakan perkakas yang penting dan mempunyai banyak fungsi, tidak ada salahnya jika Anda memiliki alat tersebut untuk menunjang pekerjaan yang Anda miliki. Jika Anda ingin membeli mesin las, berikut adalah beberapa tips yang bisa diperhatikan agar bisa mendapatkan mesin yang tepat guna sesuai kebutuhan Anda.

1. Perhatikan Kapasitas Mesin Alat Las Listrik

Krisbow Kepala Las Pemanas Lpg Large

Tips pertama yang harus Anda cermati ketika ingin memilih mesin las adalah memperhatikan kebutuhan dan juga kapasitas mesin las yang Anda inginkan. Tingkat aktivitas pengelasan yang Anda miliki, tentu akan berkorelasi dengan tinggi-rendahnya kapasitas mesin yang Anda butuhkan.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki aktivitas pengelasan yang cukup padat, maka tidak ada salahnya apabila memilih mesin las dengan kapasitas yang cukup besar agar pekerjaan Anda pun semakin maksimal dan optimal. Pun jika Anda lebih banyak bekerja dengan mengelas logam-logam berukuran besar ataupun tebal, maka memilih las berkapasitas besar sangatlah dianjurkan.

2. Lama Pemakaian Sehari-hari

Krisbow Kabel Las 7 Cm

Selain kapasitas, lama pemakaian sehari-hari juga menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan ketika ingin memilih mesin las listrik. Apabila secara rata-rata Anda menggunakan mesin las ini dalam rentang waktu sekitar 8 jam non-stop setiap harinya, maka memilih mesin alat las listrik dengan kapasitas di atas 1.500 watt adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga:   Rekomendasi Produk Teko Untuk Sajikan Minuman Anda

Mesin-mesin dengan daya yang cukup besar pada umumnya akan cenderung lebih stabil. Selain itu, mesin dengan kapasitas yang cukup besar juga memiliki daya tahan yang lebih baik untuk durasi penggunaan yang cukup panjang secara berkesinambungan.

3. Fitur Tambahan Penggunaan Genset

Krisbow Mesin Las 16kva

Ketika Anda ingin memilih mesin alat las, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan adanya fitur tambahan seperti penggunaan genset. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua mesin las bisa digunakan tanpa listrik. Oleh karena itu, jika Anda ingin lebih fleksibel dan tidak terlalu mengandalkan sumber listrik PLN untuk mesin las Anda, memilih mesin dengan fitur operasional genset adalah pilihan yang patut dipertimbangkan.

4. Kemudahan Dalam Membeli Spare part Mesin Las

Krisbow Welding Dryer Rod 5 Kg

Tips berikutnya yang bisa Anda jadikan pertimbangan ketika memilih mesin las adalah terkait kemudahan dalam mendapatkan spare part. Mesin yang sering digunakan, tidak menutup kemungkinan akan mengalami kerusakan dan mengharuskan untuk ganti spare part. Mesin las yang memiliki kemudahan akses dalam pembelian spare part cenderung lebih ‘aman’ untuk dipilih karena Anda tidak akan repot dalam mencari dan membeli spare part yang dibutuhkan.

5. Sesuaikan Dengan Anggaran Yang Anda Miliki

Krisbow Welding Dryer Rod 10 Kg

Tips yang tidak kalah penting ketika ingin memilih mesin alat las listrik adalah menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Pemilihan mesin yang sesuai dengan anggaran tentu akan membuat Anda menjadi lebih aman dalam mengatur arus keuangan di masa depan. Selain memperhatikan anggaran yang dimiliki, sebaiknya juga jangan terlalu tergiur dengan harga mesin las yang terlalu murah dan bahkan jauh di bawah harga pasar.

Baca Juga:   5 Tips Memilih Kursi Santai yang Nyaman dan Menyenangkan

Produk yang demikian, bisa saja merupakan produk yang sudah kurang maksimal bila digunakan. Selain itu, produk yang dibanderol dengan harta terlalu murah dan tidak masuk akal bisa saja merupakan produk yang berkualitas rendah sehingga mudah rusak ketika digunakan. Jika demikian, tentu hal yang sangat merugikan, bukan?

6. Garansi Adalah Hal Yang Sangat Penting

Krisbow Kepala Las Pemanas Lpg Medium

Ketika Anda membeli perkakas atau peralatan dengan harga yang cukup mahal, sebaiknya perlu mempertanyakan masalah garansi yang dimiliki. Termasuk juga ketika Anda ingin membeli alat las listrik. Pastikan produk yang Anda beli tersebut memiliki garansi atau jaminan. Berbekal dengan adanya garansi, tentu akan membuat Anda menjadi lebih ‘aman’ ketika membeli peralatan las listrik tersebut.

Selain las listrik, komponen-komponen dan aksesoris rumah tangga lainnya merupakan hal yang sangat penting seperti untuk dekorasi, untuk perlengkapan dapur, dan lain sebagainya. Apabila Anda ingin mencari alat-alat atau perlengkapan untuk rumah tangga maupun perkakas kerja, Ruparupa adalah tempat yang tepat untuk Anda.

Toko online yang satu ini menyediakan aneka macam peralatan rumah tangga dan juga aksesori lainnya untuk melengkapi perkakas Anda. Mulai dari kebutuhan dekorasi rumah, peralatan kitchen set, dan bahkan sejumlah mainan anak pun bisa Anda temukan dengan mudah dalam satu tempat.

Selain menyediakan produk secara lengkap, harga yang ditawarkan pun relatif cukup terjangkau. Di sisi lain, sebagai toko online yang sudah berpengalaman, Ruparupa senantiasa berupaya untuk menghadirkan produk-produk berkualitas untuk menjaga kepuasan para pelanggan.

Itulah beberapa tips penting yang perlu Anda cermati ketika ingin membeli alat las listrik. Kini dengan berbekal beberapa tips yang telah disampaikan di atas, Anda tidak perlu lagi bingung dalam memilih peralatan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan perkakas Anda.