Tips Memilih Lampu Bohlam Led Yang Tepat

0
1913
lampu bohlam led

Saat ini penggunaan lampu bohlam LED semakin marak. Selain karena bisa memberikan cahaya yang lebih terang, lampu LED juga lebih hemat energi dan memiliki daya tahan pemakaian yang cukup lama. Oleh karenanya, tidak mengherankan apabila semakin banyak orang yang beralih menggunakan jenis lampu yang satu ini.

Meskipun saat ini ada cukup banyak jenis lampu LED yang beredar di pasaran, namun Anda tetap perlu cermat dan hati-hati dalam memilih jenis lampu yang tepat. Pemilihan lampu secara tepat akan membuat fungsionalitasnya sebagai sumber penerangan bisa semakin optimal dan juga maksimal.

Ruparupa Banner

Tips Memilih Lampu Bohlam LED

Bagi Anda yang masih bingung dalam memilih jenis lampu bohlam LED, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

1. Perhatikan Tingkat Kecerahan Lampu

Krisbow Bohlam Led Filamen A60 3w – Warm White

Tips pertama yang bisa Anda perhatikan ketika ingin membeli sebuah lampu LED adalah dengan memperhatikan tingkat kecemerlangan (lumens) yang dimiliki oleh lampu tersebut. Anda perlu memilih jenis lampu dengan tingkat kecerahan yang sesuai agar pembelian lampu tidak terkesan sia-sia.

Sebagai contoh, mengingat ruang tamu adalah bagian  yang sangat penting maka tidak ada salahnya jika Anda memilih lampu dengan tingkat lumens yang besar. Terlebih jika Anda memiliki ruang tamu yang luas. Dengan demikian proses pencahayaan pun akan semakin optimal dan maksimal.

Begitu juga sebaliknya, pada ruangan yang tidak terlalu banyak membutuhkan aktivitas berat seperti pada kamar tidur maka bisa memilih jenis lampu bohlam led dengan tingkat kecerahan yang lebih rendah.

2. Sesuaikan Dengan Luas Ruangan Yang Anda Miliki

Krisbow Bohlam Led Filamen G125 5w – Warm White

Tips ini juga tidak kalah penting untuk diperhatikan ketika ingin membeli lampu bohlam led. Luas ruangan juga bisa menjadi salah satu indikator yang sangat penting ketika ingin memilih lampu. Untuk ruangan yang luas dan juga dilengkapi dengan aktivitas penting seperti ruang tamu, ruang keluarga, ataupun dapur maka Anda bisa memilih lampu-lampu dengan tingkat kecerahan yang lebih besar.

Baca Juga:   10 Rekomendasi Lampu LED Rumah yang Awet

Ruangan yang luas, cenderung membutuhkan tingkat pencahayaan yang lebih agar semua bagian ruangannya dapat tersinari secara optimal. Pun begitu juga sebaliknya, jika ruangan tersebut tidak terlalu luas dan juga jarang digunakan untuk aktivitas maka memilih lampu yang sedikit lebih kecil bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

3. Perhatikan Durasi Masa Hidup

Krisbow Bohlam Led Filamen Globe G125 5w – Cool Daylight

Tips penting yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya ketika ingin memilih lampi bohlam led adalah dengan memperhatikan durasi masa hidup yang dimiliki bohlam tersebut. Durasi masa hidup bohlam ini biasanya dinyatakan dalam hitungan satuan jam. Ada lampu yang memiliki daya hidup hingga 8.000 jam, 15.000 jam, dan bahkan ada juga yang bisa mencapai 25.000 jam. Tentu ini juga bergantung pada durasi pemakaian harian Anda.

Sebaiknya Anda memilih produk lampu led yang memiliki rentang daya hidup cukup lama. Dengan demikian, Anda tidak perlu sering-sering harus mengganti lampu LED karena mati atau rusak.

4. Pilih Warna Terang Yang Sesuai Kebutuhan

Krisbow Bohlam Led Filamen Globe Glass In Glass 6w

Selaras dengan perkembangan teknologi yang semakin mumpuni, kini ada cukup banyak pilihan warna cahaya untuk ruangan Anda. Untuk lampu bohlam LED memiliki berbagai pilihan spectrum warna. Mulai dari warna kuning-putih yang relatif lebih hangat, warna putih yang lebih cerah, ataupun juga warna natural yang nyaman di mata.

Baca Juga:   15 Jenis Lampu Tidur Unik untuk Mempercantik Kamar

Pastikan Anda memilih jenis lampu dengan pilihan warna terang yang sesuai. Sebagai contoh, jika Anda ingin menggunakan lampu untuk kebutuhan ruang tamu, tidak ada salahnya memilih warna putih daylight agar ruangan Anda mendapatkan cahaya secara optimal.

5. Perhatikan Masalah Garansi

Krisbow Bohlam Led Filamen Globe Glass In Glass Froste 6w

Saat ini sudah semakin banyak produsen lampu bohlam led yang menawarkan garansi untuk produk-produk yang mereka miliki. Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhatikan masalah ini. Sebaiknya, Anda memilih produk yang memiliki kejelasan garansi. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya jika lampu rusak selama masa garansi. Durasi masa garansi yang diberikan tiap produsen bisa berbeda, biasanya berkisar dari 2-5 tahun garansi.

Memilih lampu led memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda harus memperhitungkan sejumlah aspek penting agar pemilihan lampu tersebut dapat memberikan manfaat yang maksimal dan optimal untuk penerangan ruangan Anda.

Kalau Anda ingin mencari kebutuhan lampu bohlam led, tidak perlu bingung karena kini Ruparupa telah menyediakan koleksinya untuk Anda. Ruparupa adalah toko online yang menyediakan aneka produk rumah tangga termasuk di dalamnya adalah lampu bohlam. Anda bisa menemukan lampu-lampu bohlam berbagai varian dengan berbagai daya untuk memenuhi kebutuhan ruangan Anda.

Selain memiliki produk yang lengkap, harga yan ditawarkan pun relatif terjangkau dengan kualitas yang mumpuni karena produknya berasal dari brand-brand ternama yang telah cukup berpengalaman dibidangnya.

Itulah beberapa tips penting yang perlu dicermati ketika ingin membeli lampu bohlam led. Kini dengan berbekal beberapa tips di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin membeli lampu led yang tepat untuk ruangan Anda.

Editor: Sharon Suryaatmadja