5 Tips Memilih Furnitur Eco Friendly Paling Estetik

0
1894
tips memilih furnitur eco friendly

Memiliki hunian yang mewah tetapi tetap ramah lingkungan bukan hal yang mustahil lagi. Pasalnya, sekarang kamu sudah bisa memilih furnitur eco friendly sebagai untuk bagian interior rumah.

Namun, tahukah kamu mengenai istilah eco friendly? Secara singkat, eco friendly adalah istilah ramah lingkungan yang merujuk pada produk dengan memakai bahan baku yang tidak berbahaya bagi lingkungan.

Ruparupa Banner

Nah, bila kita memiliki hunian eco friendly, tentunya kita bisa memberikan kontribusi yang sangat besar untuk mengurangi pencemaran lingkungan, seperti polusi udara, air, maupun tanah. Konsep hunian seperti ini sering disebut sebagai green living house.

Lantas, Bagaimana Cara Memilih Furnitur Ramah Lingkungan?

Cara paling mudah untuk membuat hunian menjadi lebih ramah lingkungan bisa dimulai dari pemilihan perabot rumah. Saatnya kita perlu mengurangi penggantian perabot terus menerus karena hal ini bisa menimbulkan sampah rumah tangga.

Berikut beberapa cara memilih furnitur ramah lingkungan yang bisa kamu lakukan.

1. Gunakan Furnitur Bahan Kayu

perabot dari kayu
Informa Magnum Meja Tamu Rectangle – Cokelat Oak

Menggunakan material kayu di sini bukan yang berasal dari penebangan liar, ya. Kayu furnitur eco friendly biasanya berasal dari pengelola hutan bersertifikat yang memang menanam pohon khusus untuk mengambil hasil kayunya.

Baca Juga:   15 Rekomendasi Dekorasi Halloween Paling Menarik

Produsen kayu yang ramah lingkungan harus memiliki sertifikat berlogo Forest Stewardship Council (FSC). Biasanya, jenis kayu yang tahan lama dan kuat adalah kayu jati dan mahoni. Jadi, kamu tidak perlu sering-sering mengganti furnitur dalam hunian.

2. Bahan Bambu sebagai Alternatif

furnitur bambu
Sumber: pinterest.com

Jika masih ragu untuk menggunakan kayu karena isu kerusakan hutan, kamu bisa menggunakan perabot dari material bambu sebagai alternatif pengganti.

Tidak perlu khawatir, bambu memiliki waktu regenerasi tumbuh lebih cepat daripada kayu pada umumnya.

Selain itu, bambu juga termasuk bahan alami yang ramah lingkungan dan bisa dibuat menjadi berbagai macam furnitur estetik untuk perabot rumahmu.

3. Perabot Water Base Finishing

finishing water based
Sumber: pinterest.com

Pilihlah jenis perabot dengan water base finishing, yaitu memakai cat plitur kayu. Penggunaan cairan untuk perabot kayu ini lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan solvent based. Soalnya, tidak mengandung zat kimia berbahaya.

4. Furnitur Hasil Recycle Barang Bekas

furnitur eco friendly
Sumber: inhabitat.com

Jika kamu bingung harus membeli furnitur baru atau tidak, kamu bisa mendaur ulang barang bekas, loh. Barang bekas ini bisa kamu sulap menjadi perabot baru yang cantik untuk rumah, misalnya lemari bekas yang dijadikan rak tanaman.

Baca Juga:   4 Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Eco-Friendly

Konsep recycle ini sudah banyak diterapkan pada rumah bergaya industrial modern. Jadi, kamu tidak perlu malu untuk melakukannya, ya!

5. Furnitur Bongkar Pasang

furnitur eoo friendly
Selma Lazio Set Meja Makan Lipat 2 Kursi – Cokelat

Sesuai dengan namanya, furnitur bongkar-pasang ini terdiri dari bagian-bagian tertentu yang bisa kamu rakit sendiri, seperti meja lipat dan dipan kayu. Jenis furnitur seperti ini terbilang sangat eco friendly karena bisa kamu bawa kemana-mana dengan mudah dan tidak meningkatkan sampah pada lingkungan.

Rekomendasi Furnitur Eco Friendly Berkualitas

Tenang, kami juga memiliki beberapa rekomendasi furnitur eco friendly yang bisa kamu dapatkan melalui situs belanja online ruparupa, seperti berikut ini.

memilih furnitur eco friendly
Cooking Color Set 2 Pcs Michi Talenan

Cuma Rp100 ribuan

rekomendasi furnitur eco friendly
Keranjang Laundry Bambu 39×60 Cm

Cuma Rp220 ribuan

furnitur eco friendly
Informa 42x31x24 Cm Set 4 Pcs Rak Tanaman

Cuma Rp490 ribuan

furnitur ramah lingkungan
Kingswere Amber Lemari Bufet

Cuma Rp16 jutaan

Nah, itu dia beberapa panduan memilih furnitur eco friendly dan rekomendasi perabot yang bisa kamu beli.

Temukan  produk ramah lingkungan lainnya hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Situs belanja online ruparupa juga menjual berbagai produk rumah tangga dan pelengkapan elektronik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Kris, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.