Tips Memilih Cat Kayu Yang Berkualitas

0
5394
cat kayu

Untuk mendapatkan hasil polesan yang baik, cat kayu yang Anda gunakan tentu sangat berpengaruh. Jika kualitasnya bagus maka hasilnya juga tentu memuaskan. Apalagi penggunaan cat ini bertujuan untuk membuat furniture jadi lebih klasik. Tampilannya juga bisa menjadi desain vintage, mediteranian hingga modern. Kayu yang Anda gunakan juga sebaiknya Anda perhatikan karena mampu bertahan sampai dengan puluhan tahun.

Seringkali kita temukan pintu, jendela, kursi atau perabotan rumah tangga yang Anda poles mengkilat dan terlihat kokoh. Pemilihan cat kayu, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan. Bukan hanya dari segi warnanya saja tetapi juga bisa dari segi kayu yang akan dicat. Maka dari itu pertimbangkan dengan baik jika Anda ingin polesan cat tersebut makin cantik.

Ruparupa Banner

Pertimbangan Sebelum Memilih Cat Kayu

1. Ketahui Jenis Kayu

kuas cat sintetis
Ace Kuas Cat Sintetis Dengan Gagang Kayu 2.5 Cm

Hal pertama yang sebaiknya Anda ketahui adalah bagaimana jenis kayu yang akan di cat. Sebab, masing-masing kayu memiliki kandungan kimia dan juga serat yang berbeda. Misalnya saja untuk kayu jati. Jenis kayu ini memiliki serat dan tekstur yang memang cantik atau unggulan. Akan jauh lebih baik jika Anda memilih cat dengan bahan dasar air. Sementara untuk kayu yang berasal dari pohon pinus maka bisa memilih cat yang sifatnya adalah primer coat.

2. Lihat Tingkat Transparansi

kuas cat polyester
Ace Kuas Cat Polyester 50.8 Mm

Berdasarkan tingkat transparansinya, Anda bisa memilih cat yang tepat. Sebab, cat ini memiliki cat warna solid dan cat pelitur transparan. Untuk yang berwarna solid maka ada kepekatan yang cukup tinggi dan serat kayu bisa tertutupi dengan baik. Cat ini cocok Anda gunakan untuk melapisi furnitur kayu minimalis dan modern. Berbeda halnya untuk cat pelitur yang akan menambah kilau dari permukaan kayu. Cat ini juga bisa melindungi dari grease namun bagian seratnya tetap terlihat asli. Cocok untuk furnitur yang bergaya etnik, klasik dan juga tradisional.

Baca Juga:   5 Warna Cat Rumah yang Membawa Energi Positif

3. Memilih Warna Cat

seal spray
Flex Seal Spray 396 Gr

Pertimbangan utama dalam memilih cat seringkali dititikberatkan pada warna yang diinginkan. Namun, dalam memilihnya memang tidak hanya sekadar melihat warna favorit saja. Anda bisa membawa potongan kayu sisa dari furnitur yang akan dicat. Sebab, hasil akhir dari warna tersebut bisa jadi berbeda karena jenis kayunya. Sehingga untuk meminimalisir kekeliruan cat, bawa potongan kecil kayu saat akan membeli cat. Apalagi penempatan furnitur tersebut juga mempengaruhi pilihan warnanya. Jika Anda meletakkannya di tempat yang gelap maka cat tersebut bisa terlihat terang. Pun juga sebaiknya, ketika furnitur Anda letakkan di tempat yang terang sebaiknya Anda memilih warna yang netral atau gelap.

4. Perhatikan Penempatan Furniture

cat sintetis
Ace Kuas Cat Sintetis Dengan Gagang Kayu 10 Cm

Penempatan furnitur juga sangat berpengaruh terhadap hasil akhir dari cat yang Anda gunakan. Pertimbangkan di mana furniture tersebut akan Anda letakkan. Jika untuk pagar kayu maka sebaiknya Anda memilih cat yang waterproof. Tujuannya adalah agar pagar tersebut tidak mudah lapuk dan ditumbuhi lumut. Sementara untuk lantai kayu, cat yang sebaiknya dipilih adalah yang bersifat melindungi kayu dari berbagai gesekan benda-benda berat seperti meja, kursi atau lemari. Anda bisa memilih cat pelitur atau cat warna solid.

Baca Juga:   5 Tips Jitu Memilih Warna Cat Tembok Rumah yang Cocok

5. Perhatikan Cara Pengaplikasian

sealer kayu oil
Ace Sanding Sealer Kayu Oil Based

Seperti cat pada umumnya, cat juga jenisnya bisa dibedakan dari bagaimana cat tersebut digunakan. Ada yang menggunakan kuas ada juga yang menggunakan alat semprot. Untuk yang tipe semprot biasanya digunakan untuk melapisi permukaan furnitur dengan banyak ukiran ataupun bentuk yang rumit. Karena dengan begitu, celah-celah kecil bisa terlapisi sempurna. Berbeda halnya jika Anda menggunakan cat yang dioleskan dengan kuas, cat ini berfungsi untuk lapisan kayu dengan permukaan rata.

Warna-warna Cat Kayu yang Bisa Jadi Inspirasi

Cat kayu terdiri dari beragam warna yang bisa sesuai dengan konsep rumah misalnya. Ada warna golden tan yang bisa menciptakan sebuah ruangan dengan suasana hangat serta cocok untuk Anda kombinasikan dengan lantai yang terbuat dari kayu parket. Terutama jika Anda memilih warna lebih gelap agar ruangan bisa terlihat seimbang.

Warna kayu mahogani identik dengan warna yang cukup gelap dan bisa Anda gunakan untuk menciptakan suasana ruangan mewah dan mahal. Pengaplikasian warna gelap kayu ini bisa pada lantai yang menggunakan parket dan kayu dari tangga. Selain itu, Anda bisa memilih warna mid-tone beige yang lebih kalem dan membuat suasana lebih tenang. Perpaduan warna mid-tone beige yang Anda kombinasikan dengan aksen kayu berwarna cerah akan menciptakan gradasi senada.

Baik dari segi warna atau kualitas, memilih cat warna memang harus Anda pertimbangkan dengan baik jika ingin hasil akhirnya memuaskan. Terlebih ketika Anda memilih sesuai dengan jenis kayu, penempatan furniture, tingkat transparansi hingga cara pengaplikasiannya tentu akan berdampak pada bagus tidaknya di hasil akhir. Pilih beragam cat kayu di ruparupa.com yang disertai harga terjangkau serta kualitas terjamin. Temukan berbagai macam kebutuhan Anda dan dapatkan promo menarik di berbagai kategori.

Editor: Sharon Suryaatmadja