13+ Tips dan Inspirasi Ruang Tamu Kecil Mewah

0
403
Sumber: unsplash.com/@mafericci

Ruang tamu merupakan elemen paling penting pada setiap rumah. Area ini merupakan tempat pertama yang kamu temui saat pulang kerja ataupun ketika tamu datang berkunjung. Oleh karena itu, pastikan kamu menata hunian kamu senyaman dan secantik mungkin.

Promo 12 12 Ruparupa

Tips menata ruang tamu agar terlihat mewah

Ruang tamu kecil bukan menjadi hambatan untuk mendesainnya sesuai dengan keinginan kita. Umumnya, ruang tamu mewah kerap dihubungkan dengan sesuatu yang berbau mahal dan berkilau. Nyatanya kamu juga dapat mewujudkan hunian impian yang mewah dan berkelas tanpa perlu merogoh kocek untuk furnitur berharga selangit. Penasaran gimana caranya? Mari simak 3 tips menata ruang tamu agar terlihat mewah.

Kreativitas adalah kunci

Kunci utama untuk menata desain ruang tamu adalah kreativitas. Untuk itu jangan ragu untuk bermain dengan berbagai elemen dekorasi, pola, tektur, warna dan juga penataan. Selain itu, kamu juga dapat berkreasi dengan menambahkan pencahayaan agar elemen yang kamu gunakan tampak pop-up.

Perluas referensimu

Jika kamu mulai merasa kehabisan ide, kamu bisa mencoba mencari referensi di internet terkait tema dan ukuran ruangan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Semakin banyak jumlah referensi yang kamu cari, maka akan semakin luas kreativitas kamu.

Gunakan furnitur yang eye catching

Ruang tamu merupakan area yang pertama kali dilihat ketika seseorang datang berkunjung, untuk itu kamu perlu meletakkan objek yang dapat menarik perhatian. Misalnya dengan meletakkan satu objek dekorasi berukuran besar dengan warna yang nyentrik pada tengah ruangan. Alhasil, objek ini memiliki peran yang besar untuk menarik perhatian pengunjung.

Baca juga 5 Tips Jitu Ruang Tamu Terlihat Mewah

Setelah memahami sejumlah tips menata ruang tamu mewah. Pastinya kamu semakin penasaran terkait cara membangun ruang tamu kecil yang mewah kan? Jika iya, kamu dapat mencoba mengintip beberapa inspirasi menata ruang tamu kecil menjadi luas dan mewah di bawah ini.

Ruang tamu klasik modern

Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Adaptasi ruangan bergaya klasik modern ini memberikan sisi nostalgia dan kesan ruangan yang hangat. Model ruangan ini tidak hanya terlihat mewah, tetapi juga bisa membuat siapapun betah saat berada didalamnya. Penggabungan konsep simpel lewat tampilan dinding yang polos serta harmonisasi gaya sofa yang minimalis modern. Untuk menambah kenyamanan, kamu juga bisa menghadirkan beberapa bantalan sofa empuk ataupun lukisan abstrak raksasa yang menghiasi salah satu permukaan dinding agar tidak terkesan monoton.

Jika ingin membuat ruang tamu terlihat lebih mewah, jangan hanya fokus pada penataan furnitur dan dekorasi yang digunakan. Melainkan kamu dapat mencoba berkreasi dengan ceiling jendela besar bermotif agar ruangan terkesan lebih mewah. Hanya saja pastikan kamu selalu menjaga kebersihannya agar tidak mengurangi nilai estetika.

ruang tamu kecil mewah modern klasik
Sumber: unsplash.com/@sidekix

Jangan ragu untuk berinvestasi pada penggunaan ornamen di ruang tamumu. Selain sifatnya yang tahan lama, furnitur yang berkualitas juga memiliki daya pikat tersendiri. Misalnya ketika memilih jenis furnitur dan hiasan berukuran besar pastinya akan memberi kesan yang artistik dan mahal.

Memilih furnitur dan dekorasi berkualitas menjadi tantangan sendiri untuk mempertimbangkan proporsisi yang tepat. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba memfokuskan dominasi warna cerah pada cat dinding ataupun furnitur utama seperti sofa. Kemudian, kamu bisa memadukannya dengan furnitur yang terkesan stylish seperti meja berbahan kaca yang digabungkan dengan sisi kaki berwarna silver ataupun dekorasi cermin raksasa berwarna gold sebagai sentuhan kesan klasik.

Baca Juga:   11 Rekomendasi Bahan Sofa Kulit yang Nyaman

Gunakan motif dan corak antimainstream

ruang tamu kecil mewah bermotif
Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Pemasangan wallpaper dinding bisa menjadi alternatif tercepat untuk membuat kesan berbeda pada ruangan. Tidak ada salahnya dengan memilih wallpaper bermotif berwarna gelap yang berlawan kontras dengan warna-warni furnitur yang kamu gunakan. Kuncinya adalah dengan memanfaatkan karpet. Meskipun hanya bekerja sebagai ornamen pelengkap ruangan, namun penggunaan karpet ini dapat memberikan kesan elegan dan luas pada ruang. Perpaduan warna warni yang menyatu dengan cushion membuat tamu yang berkunjung merawa nyaman dan tentram.

Bila kamu ingin menghemat budget, maka kamu bisa mencoba menggunakan material berbahan woven dan velvet yang lebih murah namun tetap memiliki tekstur permukaan yang lembut dan nyaman saat memijakkan kaki.

Rumah mewah ala arsitektural

ruang tamu kecil mewah arsitektural
Sumber: unsplash.com/@sidekix

Gaya arsitektur, interior, dan grafis ini menonjolkan ruangan yang tidak terlalu sumpek. Meskipun ruang kecil menggunakan dekorasi yang padat, namun dengan penataan yang tepat Contohnya seperti inspirasi di atas yang menerapkan perpaduan chandelier yang membuat tampilan ruangan semakin instagenic dan membantu membangkitkan kesan mewah pada ruangan.

Penggunaan chandelier sudah tidak asing lagi diterapkan pada ruang tamu mewah. Bentuknya yang unik berpadu bersama kilau kemerlap membuat ruangan terlihat elegan secara less effort. Kamu juga bisa mencoba menambahkan lukisan klasik untuk membuat tampilan ruang tamu menjadi lebih inspiratif dan tidak monoton.

Dapatkan bantalan cushion sofa berkualitas hanya di Ruparupa.com

Ruang tamu kecil mewah bergaya modern minimalis

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Penerapan warna putih sudah tidak asing lagi ditemukan pada variasi pilihan rumah bergaya minimalis. Warna yang satu ini memiliki tampilan warna yang cerah sehingga ruangan terlihat lebih luas, nyaman, dan istimewa. Keindahan warna ini akan semakin menarik bila dipadukan dengan furnitur yang tepat. Misalnya kamu dapat menambahkan sofa berbahan velvet dengan bantalan cushion berbahan faux fur.

Jangan pernah melewatkan pentingnya pencahayaan pada ruangan. Pastikan kamu mempertimbangkan pemilihan pencahayaan alami seperti ukuran jendela besar untuk menciptakan efek luas pada ruangan. Selain itu, penggunaan jendela juga membantu menghidupkan tampilan furnitur yang kita gunakan agar tidak terlihat kusam.

ruang tamu kecil mewah minimalis modern
Sumber: unsplash.com/@collovhome

Kamu bisa menambahkan lukisan seni atau foto kontemporer klasik untuk mempercantik tampilan ruang tamu kamu. Jika kamu menginginkan tampilan yang lebih ekstra, kamu bisa mencoba menggunakan furnitur berwarna kontras gelap pada beberapa furnitur di ruang kecil milikmu.

Kolaborasi dark dan gold pendant

Sumber: unsplash.com/@loewe

Alih-alih menggunakan warna gelap sering dikonotasikan sebagai ruangan yang seram dan suram. Padahal kombinasi ruangan gelap bila dipadukan dengan pencahayaan yang tepat akan menghasilkan tampilan ruangan yang elegan dan mewah. Jika kamu memiliki ruangan dengan plafon tinggi, tidak ada salahnya mencoba menggunakan ornamen gold pendant yang menggantung mengintari tengah ruangan.

Pencahayaan alami juga merupakan faktor penambah mewah secara instan pada ruangan.  Kilau kerlip gantungan yang bersanding dengan pencahayaan alami dari jendela membuat gradasi ruangan terlihat semakin cantik dan menenangkan saat ditempati.

Perpaduan minimalis abu modern dan klasik

ruang tamu kecil mewah modern klasik
Sumber: unsplash.com/@sidekix

Implementasi penggunaan warna abu memang banyak digunakan dalam rumah bergaya minimalis. Tak mengherankan lagi bila warna ini mampu menciptakan kesan modern dan mewah. Selain ornamen pajangan, kamu juga bisa mempermanis tampilan ruang tamumu dengan menambahkan hiasan lampu.

Pencahayaan alami memang bagus pada siang hari, namun jangan sampai kamu melewatkan penerangan tambahan saat hari mulai menggelap. Terdapat banyak pilihan model lampu yang dapat kamu pilih, mulai dari lampu meja, lampu tempel, hingga lampu gantung. Jika kamu ingin menambahkan kesan dramatis, kamu juga dapat menggunakan chandelier lampu kristal gantung yang berkilauan menghiasi ruangan.

Baca Juga:   13 Desain Interior Ruang Tamu Antimainstream

Rungan mewah bergaya scandinavian modern

ruang tamu kecil mewah skandinavian modern
Sumber: unsplash.com/@sidekix

Kemewahan gaya ruang tamu scandinavian memang tidak akan pernah gagal memukau mata. Tak mengherankan bila tampilan kayu ini kerap memiliki banyak peminatnya. Dengan menonjolkan desain interior lewat konsep “less is more” yang justru menggunakan furnitur seminim mungkin pada ruang tamu kamu. Tampilan khas pada ruangan ini fokus menggunakan interior yang  mengandung unsur tekstur kayu, seperti lantai parquet.

Untuk membuat tampilan ruang tamu terlihat mewah dan menawan, kamu juga bisa menggunakan furnitur berwarna emas. Meski jarang terlihat pada gaya ruangan scandinavian, namun tampilan emas sendiri bisa menyatukan konsep modern yang antimainstream.

Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Scandinavian adalah rumah yang mengedepankan sisi arsitektural dan fungsionalitas. Keberadaan sofa ruang tamu yang terlalu besar cenderung dianggap memakan terlalu banyak ruang. Oleh karena itu, untuk kamu yang memiliki ruang tamu berukuran kecil, maka kamu bisa memilih sofa dengan dua dudukan dengan perpaduan dudukan single. Kamu juga bisa memadukan meja berukuran kecil dan rendah untuk memperingkas ruangan.

Dekorasi bunga di meja

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Salah satu trik yang bisa kamu gunakan untuk membuat tampilan ruang tamu terasa lebih mewah adalah dengan menambahkan aksesoris bunga imitasi. Semakin besar ukurannya, maka akan semakin artistik siluet yang diberikan. Namun, pastikan kamu berhati-hati dalam memilih bunga dengan permainan warna yang senada agar tidak terjadi tabrakan antar elemen furnitur.

Untuk titik aman, kamu bisa menggunakan bunga berwarna putih yang pastinya akan tetap terlihat cocok dan elegan bila dikombinasikan dengan beragam warna lainnya. Selain itu, warna putih yang mencolok juga dapat mengalihkan pandangan dari kekurangan lain pada ruangan.

Ruang tamu kecil mewah mewah bergaya klasik modern

ruang tamu kecil mewah skandinavian
Sumber: unsplash.com/@mafericci

Perpaduan sempurna antara gaya minimalis modern dengan tekstur kayu bak nuansa alam menciptakan kemewahan dan keunikan tersendiri pada ruang tamu. Selain berfokuskan pada tampilan yang mewah, jangan sampai kamu melewatkan kebutuhanmu sendiri. Terutama jika kamu memiliki jumlah anggota yang cukup banyak di rumah. Pilihlah kursi berbentuk kotak dan posisikan berdekatan dengan dinding agar tidak memakan banyak ruang.

Kamu sudah bosan dengan tampilan meja kayu minimalis? Cobalah menggunakan dekorasi meja bak akar kayu asli yang memiliki nilai estetika sendiri. Bentuknya yang unik dan tidak memakan tempat ini membuat penempatannya memiliki nilai fungsional yang tinggi.

Ruang tamu kecil mewah dengan ornamen raksasa

Sumber: unsplash.com/@dannybarness

Bagi kamu yang menyukai elemen yang menonjol, ini merupakan pilihan yang tepat untukmu. Meskipun ruangan dipenuhi dengan berbagai ornamen, namun ruangan tetap memberikan kesan bersih, rapi, dan mewah. Salah satu yang menarik pusat perhatian adalah penggunaan cermin kata berukuran besar yang digantung meninggi pada pertengahan ruangan. Aplikasi ini memberikan kesan yang mewah, namun pastikan kamu memanggil jasa interior professional agar mendapatkan perhitungan peletakan posisi yang aman.

Itulah dia beberapa tips dan inspirasi desain interior ruang tamu kecil mewah yang dapat kamu coba aplikasikan di rumahmu. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan tampilan ruang tamu mewah tanpa dengan teknik dekorasi bak profesional. Sekedar catatan, pastikan kamu selalu melakukan pengukuran dekorasi furnitur dengan luas area ruangan yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga dapat menjumpai beragam pilihan furnitur dan dekorasi menarik hanya di ruparupa.com. Berikut merupakan sejumlah rekomendasi produk yang cocok untuk rumah kecil mewah yang dapat kamu coba.

Ashley Kexlor Sofa Sectional Kanan – Abu-abu
meja hias sudut bulat
Alisma Set Meja Sisi – bisa anda dapatkan di ruparupa.com.
Gunakan meja bulat unik ini, untuk tampilan menarik dan minimalis. Kesan elegan juga bisa kamu dapatkan dengan menggunakan meja ini.
Dapatkan Kris Cermin Dinding Dekorasi Round hanya di Ruparupa.com
Eglare Blossom Lampu Gantung Hias 9l – Gold
Casabella Alat Pembersih Kaca Extendable

Tidak hanya furnitur, Ruparupa.com juga menyediakan peralatan masak hingga kebutuhan rumah tangga lainnya. Yuk, mari segera berbelanja kebutuhan rumah tanggamu hanya di Ruparupa.com!