Terrarium, Solusi Bertanam di Dalam Rumah

0
14245
Terrarium

Apa itu terrarium? sekilas melihat kata ini asing untuk sebagian orang. Untuk itu sebelum membahas lebih jauh izinkan kami untuk memberikan definisi singkat.

Terrarium adalah wadah kaca mini yang digunakan untuk media tanam. Umumnya jenis wadah tanamanin ini terbuat dari kaca atau plastik yang transparan. Saat ini sendiri ada dua jenis terrarium yang tersedia yaitu tertutup dan terbuka.

Ruparupa Banner

Kehadiran perlengkapan bertanama ini, merupakan solusi terbaik untuk mereka yang memiliki hunian dengan luas terbatas namun ingin tetap berkebun. Keuntungan memiliki tempat tanaman mungil adalah hemat ruang dan tentunya menambah estetika ruangan.

Melihat fakta di atas mungkin sebagain dari kamu tergoda untuk mencobanya, tapi sebelum memutuskan untuk membelinya cek dulu informasi yang akan kamu butuhkan.

Mengenal Terrarium Lebih Dekat

Kami akan menjawab beberapa pertanyaan umum seputar wadah tanaman mini

Cara kerja terarium

Seperti yang sudah dikatakan jika terrarium merupakan tanaman dalam wadah terbuka atau tertutup. Namun dengan adanya perbedaan ini tentunya perlu dipahami jika ada cara kerja yang juga tidak sama.

Misalnya terrarium terbuka berbeda cara kerja dengan yang tertutup. Pasalnya untuk jenis wadah tertutup, tanaman dan tanah melepaskan uap air dengan sendirinya dalam bentuk uap lalu kembali menetes ke tanah. Dapat dikatakan jenis ini membutuhkan sedikit perawatan.

Yang Harus disiapkan Untuk Memiliki Terrarium ?

Jika ingin memiliki jenis tanaman hias mungil untuk menghiasi rumahmu, persiapakan beberapa hal berikut ini:

Baca Juga:   Tiru 5 Cara Sederhana Tempatkan Dekorasi di Ruang Tamu

Semua peralatan di atas sangat mudah ditemukan hanya dengan mengunjungi situs Ruparupa, yang bukan saja membantu penggunanya menemukan furnituire terbaik, tapi juga membantu mendukung hobi dan aktivitas hidup

Membuat Terrarium

Setelah mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan, selanjutnya mari kita membuatnya. Ikuti langkah di bawah ini untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

  1. Miliki wadah terarium untuk nantinya akan dipergunakan untuk merawat tanaman mungil kamu. Pilih yang terbuat dari kaca transparan agar sinar matahari dapat masuk dengan sempurna.
  2. Letakan beberapa media tanam atau dekorasi penunjang, seperti tanah, batu, kayu kecil dan pilihan lainnya yang dapat membuat tanaman lebih cantik sesuai selera.
  3. Jangan lupa untuk membuat lubang pada tanah, yang nantinya akan berisi akak tanaman. Untuk memindahkan dari pot awal ke wadah baru lakukan dengan hati-hati terutama pada bagian akar.
  4. Setelah memastikan posisi tanaman sudah benar, berikan tambahan lapisan tanah berikutnya, dan tekan. Pastikan agar ketinggian tanah sudah menutupi akar.

Itulah langkah untuk membuat terrarium , yang mudah dipraktekan oleh siapa saja.

Tanaman Untuk Terrarium

tanaman untuk terrarium
Source: pixabay

Daftar aneka tanaman yang cocok hidup dengan wadah mungil

Kaktus

Cocok menggunakan kaca terrarium terbuka karena hidup dalam kondisi kering dan tidak terlalu lembab

Pakis

Membutuhkan kelembaban yang tinggi sehingga cocok menggunakan terrarium tertutup.

Hedera Helix

Memerlukan kelembaban yang tinggi untuk berkembang biak, sehingga wadah tertutup menjadi pilihan tepat.

Baca Juga:   25+ Dekorasi Kaktus Terpopuler

Lidah Mertua

Tanaman yang kuat dan cocok ditempatkan pada wadah manapun.

Fitonnia

Cocok diletakan pada wadah tertutup, dan hadir sebagai dekoratif terrarium.

Sukulen

Sama seperti kaktus sehingga cocok ditempatkan pada waah tertutup

Cryptanthus

Cocok dengan wadah terbuka atau tertutup, serta memiliki toleransi yang tinggi

Cara Merawat Terrarium

Bicara soal perawatan terrarium tentunya sangat berbeda satu sama lain. Karena seperti informasi di atas dapat terlihat beberapa tanaman memiliki perawatan yang rendah, sedang dan tinggi.

Namun secara umum untuk merawat terrarium agar dapat bertahan lama dan sehat, tentunya perlu diterapkan beberapa aturan. Seperti bagaimana memperhatikan tumbuh kembang tanaman, jangan sampai tumbuh berlebihan.Untuk mengatasinya pangkas daun agar tetap indah dan memiliki ketinggian yang sesuai

Langkah berikutnya perhatikan apakah terdapat daun layu yang berwarna kuning, dan coklat. Jika iya, ada baiknya untuk mengambil langkah cepat. Karena ini merupakan tanda penyakit atau hama menyerang tanaman.

Perhatikan juga untuk menjauhkan tanaman dari binatang-binatang kecil. Hal ini terjadi umumnya pada terrarium terbuka. Sehingga lakukan pengecekan secara berkala.

Namun jika memilih wadah tertutup, maka pastikan untuk membuat sirkulasi udara tetap baik dengan membukanya sesekali. Cara ini membuat udara segar masuk dan membuat tanaman hidup lebih lama.

Setelah mengetahui informasi di atas jangan lupa mengunjungi Ruparupa untuk mendapatkan berbagai Aksesoris & Tanaman Artifisial, dan perlengkapan rumah lainnya hanya di platform favorit kamu.