7 Jenis Teh Bunga yang Bermanfaat bagi Kesehatan

0
4832
teh bunga penuh manfaat
Sumber: pexels.com

Tidak hanya cantik, ternyata beberapa bunga juga dapat kamu jadikan sebagai teh yang penuh manfaat, lho. Apakah kamu pernah mengonsumsi teh bunga?

Ternyata, ada beberapa jenis teh bunga dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran, serta memiliki khasiat baik untuk kesehatan tubuh.

Ruparupa Banner

Apalagi, untuk menemani saat minum teh atau tea time kamu, teh bunga akan membuat suasana menjadi lebih rileks dan mood juga bahagia, lho

Jenis Bunga untuk Teh

Namun, teh dari bunga apa saja yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? Yuk, cek berikut ini, siapa tahu ada teh bunga yang belum pernah kamu cicipin, nih.

1. Melati

Jenis teh bunga pertama adalah teh melati, minuman yang paling umum dan jadi favorit banyak orang. Bukan hanya aromanya yang harum, tetapi ternyata melati juga kaya akan antioksidan, yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari teh melati, seperti meredakan stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengontrol kadar kolesterol, serta mencegah kanker.

teh bunga melati
Sumber: pexels.com

Untuk membuat teh dari bunga ini, kamu hanya perlu menyiapkan 10-15 kuntum bunga melati. Lalu, rebus sampai mendidih dengan menggunakan sekitar 800 ml. Kemudian, kamu bisa saring airnya dan masukkan ke dalam cangkir. 

Jika rasanya terlalu pahit, kamu bisa menambahkan gula atau madu ya, Ruppers! Selain itu, kamu juga bisa menjemur kuntum bunga melati sampai kering dan menyeduhnya saat ingin meminumnya.

2. Bunga Telang

Mungkin kamu jarang mendengarkan nama bunga ini. Namun, ternyata bunga telang sudah menjadi minuman kekinian yang disukai banyak orang.  

Bunga telang biasanya memiliki kelopak berwarna biru keunguan. Tidak heran ketika kamu menyeduhnya, maka teh akan berubah menjadi warna biru.

Namun, kalau kamu menambahkan zat asam, seperti lemon, airnya akan berubah warna menjadi ungu. Cantik sekali, bukan? 

butterfly pea tea bunga telang
Sumber: pexels.com

Teh bunga telang manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan otak dan mata, mengobati penyakit asma, melancarkan saluran pencernaan, dan masih banyak lagi. 

Namun, jika ingin membuat teh bunga telang, pertama-tama kamu perlu menjemur kelopak bunga telang sampai kering. Bila sudah benar-benar kering, kamu dapat menyeduh kelopaknya dengan air panas di dalam teko. 

Baca Juga:   7 Jenis Minuman Segar yang Wajib Ada Saat Tahun Baru

Lalu, tunggu beberapa saat sampai teh berubah warna, baru kamu dapat meminumnya. Kamu juga bisa mencampurnya dengan madu, lemon, atau bahkan susu. 

3. Chamomile

Bunga kecil yang cantik ini juga termasuk jenis teh bunga favorit banyak orang. Identik dengan kelopak putih dan bagian putik berwarna kuning, bunga chamomile memiliki segudang manfaat, lho.

Pada bunga chamomile terdapat kandungan antioksidan yang tinggi, serta beberapa zat yang baik bagi tubuh, seperti flanovoid, antikoagulan, serta coumarin.

Kandungan inilah yang membuat teh bunga chamomile sangat baik untuk kesehatan tubuh, antara lain dapat mengatasi insomnia, meredakan nyeri menstruasi, hingga menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh. 

teh bunga chamomile
Sumber: unsplash.com

Kamu dapat membuat teh chamomile dengan cara memasukkan air panas ke dalam teko. Kemudian, masukkan beberapa kuntum bunga chamomile dan diamkan sekitar 5-7 menit.

Setelah itu, kamu sudah bisa menuangkan teh bunga chamomile ke dalam cangkir. Tambahkan menambahkan madu agar teh terasa lebih nikmat. 

4. Rosella

Jika kamu ingin mengonsumsi teh yang segar, bunga rosella menjadi pilihan. Perpaduan pucuk, kelopak, dan daun bunga rosella dapat memberikan rasa asam yang lezat. 

Bunga berwarna merah ini juga memiliki banyak manfaat, seperti dapat mencegah penyakit jantung dan obesitas, menurunkan tekanan darah, serta mengontrol kadar kolesterol. 

teh bunga rosella
Sumber: pexels.com

Cara membuat teh rosella pun cukup mudah. Pertama-tamu, kamu harus mengeringkan bagian kelopak bunganya. Kemudian, seduh bunga kering tersebut di dalam teko berisi  air panas selama 15 menit atau sampai warnanya berubah. 

Kamu bisa menambahkan madu ke dalam teh atau meminumnya langsung agar terasa lebih segar.

5. Mawar

Apakah kamu termasuk orang yang tidak bisa mengonsumsi minuman yang mengandung kafein? Bila ya, maka teh bunga mawar bisa jadi pilihan yang tepat. 

Bunga mawar memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bebas dari kafein. Biasanya, teh bunga mawar dapat membantu proses penurunan berat badan, meredakan nyeri haid, mengurangi rasa cemas, dan menghidrasi tubuh. 

teh bunga mawar
Sumber: pexels.com

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menyiapkan kelopak bunga mawar segar dan mencucinya hingga bersih. Lalu, seduh dengan air panas dan diamkan selama 5 menit. 

Baca Juga:   7 Jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Cantik

Setelah berubah warna, kamu bisa menyaringnya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Lalu, tambahkan sedikit madu agar lebih lezat. 

6. Lavender

Siapa yang tidak kenal dengan bunga ungu yang cantik ini? Bunga lavender sangat terkenal dapat memberikan ketenangan dan mengatasi insomnia, lho. 

Selain itu, teh lavender juga dapat melancarkan saluran pencernaan dan pernapasan, meredakan nyeri otot, serta menjaga kecantikan kulit. 

teh bunga lavender
Sumber: pexels.com

Untuk membuat teh bunga ini ternyata juga tidak jauh berbeda dengan yang lainnya. Cukup siapkan beberapa kuntum lavender kering dan seduh dengan air panas. Diamkan selama kurang lebih 8 menit di dalam teko. 

Kamu juga dapat menambahkan madu, perasan air jeruk lemon, dan daun mint agar aromanya semakin menenangkan.

7. Chrysanthemum

Sering disebut sebagai bunga krisan, chrysanthemum sering menjadi menu favorit di berbagai kedai minum teh atau tea shop, lho. 

Teh bunga kirsan memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, antara lain bisa menjaga kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah, meningkatkan kesehatan mata, serta menenangkan tubuh. 

Untuk membuat teh krisan, kamu perlu mengeringkan terlebih dahulu beberapa kuntum bunganya. Kemudian, seduh menggunakan air panas selama 10 menit. Kamu bisa minum tanpa tambahan pemanis karena rasanya sudah cukup nikmat dan menenangkan. 

teh bunga chrysanthemum
Sumber: unsplash.com

Nah, itu dia beberapa jenis bunga yang dapat kamu jadikan teh dengan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Apakah kamu sudah pernah mencoba semuanya? Jika belum, saatnya kamu mencicipi satu per satu. 

Namun, pastikan kamu sudah memiliki perlengkapan buat bikin teh, seperti teko dan cangkir, agar momen minum teh jadi lebih berkesan.

Tenang saja, kami sudah memiliki beberapa rekomendasi produk bikin teh, seperti berikut ini.

Krishome Set 5 Pcs Teko Teh
Krishome Set 5 Pcs Teko Teh beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Klaz Teko Listrik Gooseneck
Klaz Teko Listrik Gooseneck beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Delicia Set 10 Pcs Teko & Cangkir
Delicia Set 10 Pcs Teko & Cangkir beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Delicia 800 Ml Teko Teh Borosilicate
Delicia 800 Ml Teko Teh Borosilicate beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Kamu dapat menemukan semua peralatan bikin teh tersebut hanya di Ruparupa.com.

Situs ini juga menjual berbagai peralatan pembuat kopi, perabot minimalis, serta perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain. 

Jadi, selamat mencoba membuat berbagai jenis teh kekinian di rumah.