Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya perekat Velcro. Sebuah produk perekat yang mempunyai fungsi menjadi perekat antara kain dengan kain sehingga banyak diaplikasikan dengan produk lain. Anda mungkin sering melihat Velcro ada di sepatu yang berfungsi sebagai pengganti tali untuk mengencangkan sepatu, di kabel laptop yang sering dipakai untuk merapikan kabel yang cukup panjang, atau mungkin ada di baju Anda.

Tapi tahukah Anda bahwa perekat ini ditemukan secara tidak sengaja?

Dan bagaimana caranya Velcro ini bisa merekat dengan sangat baik bahkan mengalahkan fungsi dari double tape?

Velcro ditemukan pada tahun 1941 oleh seorang insinyur dari Swiss bernama George de Mestral.

Saat itu dia baru pulang berburu bersama anjingnya di gunung Alpen. Dia melihat banyak ‘biji’ (seeds) dari buah burdock yang menempel pada pakaiannya dan juga pada bulu anjingnya. Karena penasaran, dia memulai melakukan penelitian menggunakan mikroskop dan mendapati beratus-ratus kaitan pada biji ini yang bisa ‘menyangkut’ pada setiap benda yang berupa serat-seratan seperti kain, bulu atau rambut. Dari penemuan ini munculah ide dari de Mastral untuk mengembangkan alat untuk menyatukan dua benda. Dia membutuhkan waktu hampir sepuluh tahun untuk menyempurnakan ’temuannya’ ini, hingga akhirnya pada tahun 1955 dia memperoleh hak paten dari ciptaannya ini.

Seiring dengan berjalannya waktu penggunaan Velcro menjadi semakin popular apalagi setelah NASA memutuskan untuk menggunakannya di baju astronot. Militer Amerika Serikat pun menggunakan produk ini hingga sekarang. Mereka bahkan mengembangkan jenis Velcro yang tidak menimbulkan suara berisik saat dilepas, yang didesain khusus untuk keperluan militer.

Perekat Velcro sendiri kemudian berkembang dan dipatenkan menjadi sebuah brand yang menyediakan berbagai solusi perekat paling inovatif dan terkemuka di dunia.

Dibekali pengalaman selama lebih dari 50 tahun, brand ini memiliki lebih dari 400 hak paten dan banyak merek dagang, seperti merek dagang VELCRO® yang terdaftar di seluruh dunia. Saat ini hampir seluruh peralatan manusia sudah menggunakan Velcro sebagai perekat mulai dari peralatan kedokteran, pakaian, sepatu, tas, dan masih banyak lainnya. Selain untuk keperluan rumah tangga, Velcro juga banyak dipakai untuk kebutuhan industri.

Produk-produk Velcro sendiri terdiri dari banyak ragam dan jenis.

Selain menempel pada produk sehari-hari, produk Velcro juga dijual berbentuk kain, tali, strap, dan juga tape. Penggunaannya yang mudah dan praktis membuat banyak orang beralih dari penggunaan double tape yang mempunyai fungsi sama sebagai perekat dua sisi. Dari sisi daya tahan perekat Velcro memiliki ketahanan lebih lama dibanding dengan double tape.

Untuk Anda yang membutuhkan solusi perekat untuk kebutuhan sehari-hari, temukan jenis Velcro yang tepat dengan kebutuhan Anda. Miliki berbagai macam pilihan produk Velcro yang dapat digunakan untuk merekatkan berbagai jenis bahan sesuai kebutuhan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here