Sejarah di Balik Pelekat Velcro yang Bermanfaat Buat Kehidupan Sehari-hari

0
32175
sejarah perekat velcro

Apakah kamu pernah memiliki pakaian yang resletingnya rusak? Tak perlu repot-repot untuk membawanya ke tukang jahit untuk reparasi. Kamu bisa memperbaikinya di rumah dengan menggunakan perekat Velcro.

Yap! Velcro merupakan sebuah produk yang berfungsi untuk merekatkan kain pada pakaian.

Ruparupa Banner

Namun, kamu juga bisa menggunakannya sebagai pengganti tali untuk mengencangkan sepatu dan merapikan kabel laptop. Barang unik satu ini memang sangat bermanfaat, bukan?

Sejarah Velcro

Lantas, sejak kapan perekat ini sudah digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Jadi, Velcro pertama kali ditemukan pada tahun 1941 oleh insinyur dari Swiss, George de Mestral. Saat itu, dia baru pulang berburu bersama anjingnya di gunung Alpen.

Dia melihat banyak biji buah burdock yang menempel pada pakaian dan bulu anjingnya. Berbekal rasa penasaran, dia melakukan penelitian menggunakan mikroskop.

Dari situ, George menemukan ratusan kaitan pada biji ini yang bisa menyangkut pada benda berserat, seperti kain, bulu, hingga rambut.

Dari penemuan ini, muncul idenya untuk mengembangkan alat yang bisa menyatukan dua benda. Akhirnya, dia menyempurnakan temuannya sampai pada tahun 1955. Ia pun berhasil memperoleh hak paten dari ciptaannya.

Baca Juga:   6 Tips agar Nasi Tidak Cepat Basi dan Tahan Lama

Seiring berkembangnya waktu, Velcro sangat sukses dan dipakai banyak orang. Bahkan, NASA dan lembaga militer Amerika Serikat pun menggunakan produk ini di pakaiannya.

Dibekali pengalaman selama lebih dari 50 tahun, perekat Velcro sudah memiliki lebih dari 400 hak paten yang terdaftar di seluruh dunia.

Tak heran, hampir seluruh alat yang kita pakai juga sudah menggunakan Velcro, antara lain peralatan kedokteran, pakaian, sepatu, tas, dan sebagainya.

Rekomendasi Perekat Velcro

Selain menempel pada produk sehari-hari, perekat Velcro juga dijual dalam bentuk kain, tali, strap, dan juga tape. Namun, jika dibandingkan dengan double tape, perekat Velcro memiliki ketahanan lebih lama dan erat.

Maka dari itu, kami ingin merekomendasikan beberapa produk perekat Velcro terbaik, seperti di bawah ini.

1. Perekat permukaan

Velcro berjenis sticky terbuat dari bahan kain yang memiliki area pengait dan kumparan. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan karena mampu menempel di seluruh permukaan, kecuali berbahan vinil.

 

perekat velcro
Velcro Square Sticky – Krem

Beli di sini

perekat velcro
Velcro Sticky Back Tape 8.9 Cm 4 Set – Krem

Beli di sini

2. Perekat meteran

Jika ingin menggunakan perekat dalam jangka panjang, kamu bisa memilih yang jenisnya meteran.

Baca Juga:   Beda Manfaat Bersepeda Biasa Vs Statis, Mana yang Lebih Baik?

Meskipun panjang, ukurannya tetap kecil sehingga praktis untuk dibawa. Kamu bisa menggunakannya secara berulang untuk merapikan kabel dan menggantung bingkai foto.

 

perekat velcro
Velcro Tape 1,9×150 Cm – Putih

Beli di sini

perekat velcro
Velcro Tape 1.9 Cmx1.5 Mtr – Krem

Beli di sini

3. Perekat dengan tali pengikat

perekat velcro
Velcro All Purpose Strap 68.5×2.5 Cm – Hitam

Beli di sini

Jenis Velcro ini multifungsi karena ada bagian tali pengikat dan perekatnya langsung. Jadi, kamu bisa mengikat tumpukan barang dengan erat tanpa takut berantakan. Penggunaannya pun bisa dipakai secara berulang.

4. Perekat industri

Ingin merekatkan kedua barang atau peralatan industri? Nah, kamu bisa menggunakan yang jenisnya industrial ini.

Pilihan panjangnya beragam, mulai dari 1 hingga 3 meter. Didesain khusus untuk kebutuhan industri, perekat ini sudah tahan air dan mampu menahan beban dengan baik.

perekat velcro
Velcro Industrial Strength Tape 5 Cmx1.2 Mtr – Putih

Beli di sini

perekat velcro
Velcro Industrial Strength Tape 2.5 Cmx3 Mtr – Hitam

Beli di sini

Itu dia penjelasan mengenai sejarah hingga rekomendasi Velcro terbaik dari ruparupa.com yang bisa kamu pakai sehari-harinya.

Miliki perekat Velcro terbaik hemat hingga 50%  klik di sini

Selain perekat, kamu juga bisa menemukan perabot rumah tangga terbaik dari berbagai merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.