7 Kesalahan Umum saat Menjemur Pakaian di Rumah

0
337
kesalahan saat menjemur pakaian
Sumber: unsplash.com

Pakaian yang kita pakai setiap hari perlu dicuci dengan benar. Bila tidak, bisa-bisa baju akan menjadi bau dan rusak. Selain perlu mencuci baju, kita juga harus memerhatikan cara menjemur pakaian dengan benar.

Bila kita menjemurnya dengan salah, justru akan membuat pakaian jadi mudah rusak, warnanya memudar, dan melar. Pastinya tidak mau ‘kan pakaian favorit kamu jadi rusak dan kurang enak dipandang? 

Ruparupa Banner

Lali, Kesalahan Apa Saja yang Terjadi Saat Menjemur Pakaian?

Nah, supaya baju tetap terawat dengan baik, simak beberapa hal yang harus dihindari saat menjemur pakaian berikut ini.

1. Tidak langsung menjemur setelah dicuci

Siapa yang sering lupa menjemur pakaian setelah mencucinya? Ya, kebiasaan ini sering dialami oleh banyak orang, termasuk saya. 

Padahal, pakaian yang dibiarkan basah terlalu lama bisa lembab dan menimbulkan bau kurang sedap. Bahkan, pakaian kamu juga bisa jadi berjamur, lho. Jadi, selalu ingat untuk menjemur pakaian kamu setelah dicuci ya, Ruppers.

Baca Juga:   5 Tips Membersihkan Wajan dari Minyak Membandel
kesalahan umum menjemur pakaian
Sumber: unsplash.com

2. Tidak memperhatikan sinar matahari

Sinar matahari merupakan salah satu aspek penting yang kita butuhkan untuk menjemur pakaian. Hal ini bertujuan agar pakaian bisa kering sempurna dan tidak bau apek.

Namun, hindari menjemur pakaian langsung di bawah sinar matahari yang terik. Lebih baik, pasanglah atap transparan dengan bahan berkualitas di ruang jemuran, seperti kaca, solartuff, ecolite, hingga polikarbonat.

3. Menjemur pakaian dalam dengan kondisi terbalik

Ternyata, pakaian dalam juga harus dijemur dengan kondisi normal, bukan terbalik. Apalagi, pakaian dalam akan bersentuhan langsung dengan area sensitif di tubuh kita.

Hal ini bertujuan untuk mencegah kotoran dan debu  menempel ke dalamnya.  Selain itu, pastikan juga kamu menjemurnya sampai kering sepenuhnya agar pakaian dalam tidak bau dan berjamur. 

4. Menjemur pakaian biasa tanpa dibalik

Berbeda dari pakaian dalam, jenis pakaian biasa, seperti kaos, celana, dan jeans, justru perlu kamu jemur dengan posisi terbalik. 

Hal ini bertujuan agar warna pakaian tidak cepat memudar dan rusak karena terlalu sering terpapar cahaya matahari dalam waktu yang cukup lama. 

menjemur baju dalam kondisi tidak dibalik
Sumber: unsplash.com

5. Menggunakan hanger untuk bahan baju melar

Ternyata, tidak semua pakaian yang bisa dijemur menggunakan hanger, lho. Hindari menjemur pakaian yang mudah melar dengan gantungan baju karean dapat membuatnya menjadi semakin melar hingga jahitannya melebar.

Baca Juga:   5 Alat Pembersih Elektronik yang Canggih Buat Meringankan Pekerjaan Rumah

Lebih baik langsung meletakkannya di atas jemuran baju. Jika tempat tidak cukup, kamu bisa memakai tali jemuran.

6. Tidak mengatur jarak saat menjemur pakaian

Agar pakaian bisa kering dengan sempurna, kamu perlu mengatur sirkulasi udara di sekitarnya. Pastikan untuk memberikan jarak sekitar 3 cm antara satu pakaian dengan yang lainnya supaya proses pengeringan lebih cepat dan sirkulasi udara jadi lancar. 

Jika kamu mengeringkannya di dalam ruangan, pastikan kamu meletakkannya di dekat jendela. Hal ini bertujuan agar pakaian bisa cepat kering secara merata dan tidak lembab. 

7. Terlalu cepat melipat pakaian

Hindari terlalu cepat mengangkat jemuran dan melipatnya. Bila kita melipat pakaian yang masih basah, maka pakaian mudah lembap dan bisa memunculkan jamur. Selain itu, pakaian yang lembab justru bisa menimbulkan bau apek. 

melipat baju sebelum kering
Sumber: unsplash.com

Nah, itulah beberapa kesalahan umum saat menjemur baju yang sering terjadi. 

Kamu bisa membeli berbagai gantungan pakaian berkualitas  untuk menjemur pakaian  hanya di ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, dan lain-lainnya.

Berikut rekomendasi jemuran baju yang bisa kamu gunakan di rumah.

Krisbow Jemuran Pakaian 3 Tingkat
Krisbow Jemuran Pakaian 3 Tingkat

Beli di sini

Jemuran Pakaian Lipat - Biru
Jemuran Pakaian Lipat – Biru

Beli di sini

Selma Jemuran Pakaian Gantung Hugo
Selma Jemuran Pakaian Gantung Hugo

Beli di sini

Brabantia 22 Mtr Jemuran Pakaian
Brabantia 22 Mtr Jemuran Pakaian

Beli di sini