7 Inspirasi Rumah Gaya Eropa Klasik

0
6998
rumah gaya eropa
sumber: unsplash.com

Setiap orang memiliki ketertarikan yang berbeda-beda pada desain rumah tinggal. Hingga saat ini, sudah terdapat berbagai macam gaya desain rumah. Ada yang menyukai gaya minimalis, modern, industrial, tradisional, oriental, hingga rumah dengan gaya Eropa.

Dalam artikel kali ini, mari kita membahas rumah dengan gaya Eropa. Untuk kamu yang sedang mencari desain untuk rumah tinggal, siapa tau gaya ini bisa menjadi ide untuk kamu gunakan.

Ruparupa Banner

Bila berbicara tentang rumah gaya eropa, pembahasan ini akan mencakup banyak gaya desain. Gaya ini mencakup Italia, Spanyol, Inggris, Prancis, dan negara-negara Eropa lainnya. Arsitektur rumah pada setiap negara, memiliki keunikannya masing-masing tanpa kita sadari. Sehingga membuat gaya ini menjadi sangat luas bila kita ingin menelusurinya.

Eksterior Rumah Gaya Eropa

rumah gaya eropa
sumber: unsplash.com

Rumah dengan gaya Eropa biasanya memiliki ciri khas yang identik, yaitu kerap kali menggunakan batu bata, batu, hingga granit untuk dinding luar rumahnya. Kebanyakan rumah dengan gaya ini, memiliki jendela yang tinggi, serta memiliki berbagai ornamen tradisional yang memberikan kesan klasik pada rumah.

Rumah dengan gaya ini menciptakan kesan elegan serta seolah membawa kita kembali ke masa lalu. Gaya Eropa memiliki desain yang mudah dikenali, karena mereka memiliki garis atap yang miring, serta menukik.

rumah gaya eropa
sumber: unsplash.com

Ciri khas lain berada pada pintu masuknya. Mereka kerap kali menggunakan pintu masuk dengan bentuk yang melengkung. Banyak rumah dengan gaya ini memiliki tampilan atau nuansa menyerupai kastil bila kamu melihatnya dari luar.

Baca Juga:   13+ Tips dan Inspirasi Ruang Tamu Kecil Mewah

Interior Rumah Gaya Eropa

Interior pada rumah dengan gaya-gaya Eropa berusaha untuk memberikan kesan yang nyaman. Kebanyakan dari mereka menggunakan warna-warna dinding seperti putih, krem, atau warna-warna pastel yang terkesan pudar sehingga menciptakan kesan ruangan lebih terang. Rumah gaya ini juga banyak menggunakan perabot dengan bahan dasar kayu.

Rumah dengan gaya Eropa memiliki langit-langit yang tinggi pada ruangannya. Sehingga, rumah akan terkesan lebih megah. Selain itu, interiornya kerap mengandung elemen netral, serta menggunakan warna-warna yang berani dan membuat rumah gaya ini menjadi semakin menarik.

Banyak juga diantara mereka yang menambahkan detail kayu pada langit-langitnya. Selain itu, tangga pada rumah-rumah dengan gaya ini biasanya didesain dengan detail khususnya pada pegangan tangga untuk memberikan kesan megah dan mewah.

Dapur dengan Meja di Bagian Tengah

rumah gaya eropa
sumber: unsplash.com

Pemasangan meja di tengah dapur juga menjadi keunikan gaya ini. Kebanyakan dari mereka menggunakan atasan meja berbahan marmer dan membuat bawah meja sebagai rak atau laci penyimpanan. Rak dan laci hingga kaki meja kerap kali menggunakan bahan dasar kayu.

Ruang Tamu yang Hangat

rumah gaya eropa
sumber: unsplash.com

Sedangkan pada ruang tamu, pemasangan karpet berukuran besar di tengah ruangan juga menjadi kebiasaan. Hal ini membuat ruangan terkesan menjadi lebih hangat. Penggunaan wallpaper dekoratif kerap disesuaikan dengan tirai agar tampilan terasa menjadi lebih elegan.

Baca Juga:   9 Dekorasi Kamar Ala Japandi yang Nyaman

Pencahayaan dengan lampu-lampu berwarna kuning yang menggantung akan semakin membuat ruangan terasa menjadi lebih hangat.Pada negara Prancis, sentuhan seperti warna-warna metalik juga banyak digunakan.

Gaya rumah dari Prancis kebanyakan menampilkan motif zig-zag, animal print, serta berbagai macam bentuk geometris. Banyak furniture dan seni pada dinding menggunakan tepi atau ujung yang bergerigi dan lancip.

Barang-barang seperti kursi, lemari, dan meja biasanya berukuran besar. Pada rumah gaya Eropa modern mereka kerap menggunakan lampu yang berdiri tegak dari lantai, ataupun lampu yang diletakkan pada meja.

Kamar Tidur Gaya Khas Eropa

rumah gaya eropa
sumber: unsplash.com

Sedangkan untuk gaya Eropa yang berasal dari Inggris, mereka menghadirkan nuansa klasik dan tradisional. Mereka menggunakan tirai yang panjangnya hingga menyentuh lantai, serta motif bunga yang menjadi ciri khasnya.

Gaya tempat tidur yang dibawa dari Inggris, biasanya menggunakan empat tiang. Dengan desain vintage inilah, yang menjadikan gaya ini menjadi memiliki ciri khas tersendiri. Kombinasi warna merah muda, putih, krem, hijau muda, dan merah anggur yang lembut kerap mereka gunakan.

Sebetulnya rumah bergaya Eropa mencoba menghadirkan sentuhan tradisional dan kontemporer. Perpaduan gaya dari banyak negara yang sudah kita lihat bersama, membuat rumah gaya eropa menjadi sangat beragam.

Kamu bisa mencoba menghadirkan nuansa baru agar rumah semakin nyaman, dengan gaya Eropa bersama ruparupa.com.  

lampu meja
Eglare Lampu Meja Marble 28 Cm – bisa anda dapatkan di ruparupa.com
lampu dinding
Eglo Laterna-4 Lampu Dinding – bisa anda dapatkan di ruparupa.com
meja dapur
Ashley Marsilona Meja Dapur – bisa anda dapatkan di ruparupa.com
vas bunga
Arthome 13.5 Cm Vas Bulk – bisa anda dapatkan di ruparupa.com
kerangka tempat tidur
Ebonia – Chris Rangka Tempat Tidur (K) – bisa anda dapatkan di ruparupa.com