Fakta Tentang Rumah Adat Kalimantan Tengah

0
514

Rumah Betang merupakan rumah adat Kalimantan yang terdapat di berbagai belahan Kalimantan dan dihuni oleh masyarakat Dayak terutama sekitar daerah hulu sungai yang biasanya menjadi pusat pemukiman suku Dayak. Yuk, baca terus untuk mengetahui tentang rumah adat Kalimantan Tengah lebih lagi!

rumah adat kalimantan

Sumber: flickr.com

Ciri-ciri Rumah Adat Betang Kalimantan Tengah

Ciri-ciri Rumah Betang adalah ia berbentuk panggung dan memanjang. Panjangnya bisa sampai 30-150 meter dan lebarnya bisa sampai sekitar 10-30 meter, dan tiang setinggi sekitar 3-5 meter.

Setiap rumah panjang yang biasa mereka sebut rumah suku mempunyai hunian sebanyak 100-150 orang, ada keluarga besar yang tinggal di dalamnya dan juga dipimpin oleh seorang Pambakas Lewu.

Asal Usul Rumah Betang Kalimantan Tengah

Pada suku Dayak tertentu, membuat rumah panjang harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut, antara lain hulu harus searah dengan matahari terbit dan hilirnya menuju terbenamnya matahari. Ini orang anggap sebagai simbol dari kerja keras dari pagi sampai malam untuk bertahan hidup.

Semua suku Dayak, tapi kecuali Dayak Punan yang hidup mengembara, pada awalnya mereka hidup dalam kebersamaan komunal dalam rumah panjang yang biasa orang sebut Lou, Lamin, Betang, dan Lewu Hante.

Rumah Panjang bagi masyarakat Dayak tidak hanya merupakan ekspresi dari legenda kehidupan nenek moyang mereka. Tetapi juga pernyataan yang komprehensif dan konkrit tentang sistem perwalian desanya, organisasi dan sistem sosial, sehingga mau tidak mau menjadi titik fokus dari kehidupan mereka.

Sistem nilai budaya yang muncul dari proses kehidupan rumah panjang, menyangkut makna hidup manusia; arti pekerjaan dan perbuatan; persepsi waktu; hubungan manusia dengan lingkungan; dan tentang hubungan mereka dengan orang lain.

Dapat terbilang bahwa rumah panjang memberikan makna tersendiri bagi masyarakat Dayak. Rumah panjang merupakan pusat kebudayaan mereka karena segala aktivitas dan  proses kehidupan berlangsung dalam rumah itu.

rumah adat kalimantan

Sumber: flickr.com

Rumah Adat yang Tradisional

Tempat ini memang bukan tempat tinggal yang mewah dengan berbagai perabotan canggih atau modern seperti yang kita lihat jaman sekarang. Rumah panjang dasarnya adalah tempat hunian sederhana dengan furnitur minimal.

Namun selain kesederhanaannya, rumah panjang memiliki banyak makna dan sarat dengan nilai-nilai kehidupan yang luhur. Rumah adat Kalimantan Tengah ini telah menjadi simbol kuat kehidupan komunal masyarakat Dayak.

Kebersamaan Penghuni

Dengan tinggal pada rumah panjang dan menjalani semua proses kehidupan mereka, masyarakat Dayak menunjukkan bahwa mereka juga memiliki naluri untuk selalu hidup bersama dan berdampingan dengan anggota masyarakat lainnya.

Mereka mencintai kedamaian dan keharmonisan dalam komunitasnya sehingga mereka berusaha keras untuk mempertahankan tradisi rumah panjang ini. Harapan ini terealisasikan karena kesadaran setiap individu untuk mengetahui kepentingan dari  kebersamaan.

Rumah panjang selain sebagai tempat tinggal juga merupakan pusat segala kegiatan adat masyarakat. Jika Anda amati lebih dekat, kegiatan dalam rumah panjang menyerupai proses pendidikan non-formal yang tradisional.

Rumah panjang merupakan tempat dan suasana yang efektif untuk masyarakat Dayak dalam membina keakraban satu sama lain. Pada tempat inilah mereka mulai mengobrol untuk bertukar pikiran tentang pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan satu sama lain.

Hal seperti itu bukanlah sesuatu yang sulit untuk mereka lakukan. Bahkan di malam hari atau dalam cuaca buruk, karena mereka semua tetap berada di bawah satu atap. Dengan demikian pengalaman, pengetahuan dan keterampilan mereka turunkan kepada generasi-generasi selanjutnya.

Dalam suasana rumah tangga yang panjang, setiap warga selalu bersukarela dan terbuka kepada penghuni lainnya dalam memberikan petunjuk dan bimbingan dalam melakukan sesuatu hal. Tetapi, tidak hanya terbatas untuk orang dalam saja, juga terbuka untuk orang luar loh.

Nah Ruppers, sekarang Anda sudah tahu fakta tentang rumah adat Kalimantan Tengah. Anda bisa membeli furniture dan perlengkapan dengan nuansa tradisional vintage untuk mendekorasi rumah Anda, berikut adalah rekomendasi produk yang bisa Anda beli di Ruparupa.com:

Krishome Penggiling Kopi Manual – Gold beli di Ruparupa.com

Vin Bouquet Sendok Twisted Vintage Tembaga beli di Ruparupa.com

Produk-produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!