Resep Steak Air Fryer Praktis Buat Buka Puasa

0
931
steak tenderloin air fryer
Sumber: unsplash.com

Membuat steak daging sapi tidak melulu harus memakai wajan dan butter. Ternyata, steak daging bisa juga dibuat dengan menggunakan air fryer, lho. Tentu, resep steak ini bisa menjadi menu buka puasa yang praktis. 

Memasak steak menggunakan air fryer ternyata memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah mampu menurunkan asupan lemak, serta minyak nabati. Soalnya, saat memasak dengan air fryer kita tidak membutuhkan minyak goreng yang terlalu banyak.

Ruparupa Banner

Inilah yang membuat masakan dengan air fryer jadi lebih sehat. Selain itu, memasak dengan air fryer juga lebih cepat matangnya, lho. 

Nah, bagi kamu yang juga sedang menerapkan pola hidup sehat, tapi ingin makan daging, resep steak air fryer satu ini akan menjadi solusinya. Simak caranya berikut ini, yuk!

Bahan

  • 300 gram daging sapi rib eye (boleh sirloin atau tenderloin)
  • 3 sdm unsalted butter
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt daun rosemary cincang
  • 1 sdt daun thyme cincang
  • Secukupnya garam dan lada hitam
resep steak air fryer
Sumber: pixabay.com

Cara Membuat Steak Air Fryer

1. Pertama-tama, cincang halus bawang putih atau boleh menggunakan chopper. Kemudian, campurkan butter, bawang putih, daun rosemary, dan daun thyme.

2. Aduk hingga merata dan masukkan ke dalam kulkas sampai memadat. Sisakan sedikit daun thyme atau rosemary untuk bahan marinasi daging.

4. Siapkan daging dan lumuri kedua sisinya menggunakan garam, lada hitam, serta sisa daun rosemary atau thyme. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit agar daging termarinasi dengan baik. 

Baca Juga:   Resep Daging Panggang Praktis, Lezat dan Empuk

5. Jika proses marinasi sudah selesai, panaskan air fryer selama 3-5 menit. Atur air fryer pada suhu 200°C dan masukkan daging. Masak selama kurang lebih 15 menit untuk mendapatkan tingkat kematangan daging medium well.

6. Saat pertengahan masak, balikkan daging agar kedua sisi matang sempurna. 

7. Setelah daging matang, pindahkan ke atas talenan dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Kemudian, tata daging steak di atas piring saji bersama sisa bumbu yang ada.

8. Kamu bisa menyajikan steak bersama dengan kentang atau side dish favorit kamu. 

Mudah ‘kan membuat resep steak air fryer ini? Yuk, langsung saja buat sendiri di rumah. 

steak air fryer
Sumber: pexels.com

Bagian Daging Sapi untuk Steak

Nah, tidak hanya resep, tapi kamu juga harus tahu bagian daging sapi yang lezat untuk dijadikan sebagai steak, seperti sirloin, tenderloin, dan rib-eye. 

Namun, tahukah kamu apa perbedaan dari ketiga bagian tersebut? Kalau belum, simak beda daging sirloin, tenderloin, dan rib-eye berikut ini.

  • Sirloin: memiliki ciri khas lemak yang cukup tebal di pinggiran daging sehingga rasanya sangat gurih. Harganya juga cenderung lebih murah daripada bagian daging lainnya. Namun, bagian ini memiliki banyak otot sapi sehingga terkadang akan cukup sulit mengunyahnya.
  • Rib eye: letaknya ada di sekitar tulang rusuk sapi dan memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga sangat gurih, lembut, dan juicy.
  • Tenderloin: bagian terbaik bagi kamu yang suka steak bertekstur lembut, tidak berserat atau otot, serta memiliki kadar lemak yang lebih rendah. 
Baca Juga:   Resep Bakwan Jagung Garing dan Gurih, Anti Gagal!

Selain ketiga bagian tersebut, ada juga jenis daging sapi yang pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu, yaitu wagyu. Daging sapi wagyu ini terkenal dengan motif marmer atau marbling yang menawan dengan kualitas yang sangat baik.

Rasa yang dihasilkan oleh steak wagyu sangat empuk dan membuat orang-orang ketagihan. Tidak heran kalau harganya jauh lebih mahal dibandingkan jenis daging sapi lainnya.

Nah, supaya steak yang kamu masak di rumah lebih lezat, pastikan memakai peralatan masak berkualitas. 

Berikut beberapa rekomendasi peralatan masak yang bisa kamu beli dan dapatkan hanya di Ruparupa.com.

Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer
Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer

Beli di sini

Kels Belva Air Fryer 2.7 Ltr
Kels Belva Air Fryer 2.7 Ltr

Beli di sini

Culinart Penjepit Makanan Stainless Steel
Culinart Penjepit Makanan Stainless Steel

Beli di sini

Cooking Color Woody Talenan Bambu
Cooking Color Woody Talenan Bambu

Beli di sini

Yuk, langsung saja kunjungi Ruparupa.com untuk memenuhi kebutuhan masak kamu di rumah. Situs belanja online ini juga menyediakan perabot dan perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, dan Krisbow. 

Selamat belanja dan membuat masakan lezat di rumah.