Resep Roti Goreng Mudah dan Renyah

0
695
Roti goreng
Sumber: unsplash.com

Siapa  yang kalau sarapan kadang cukup makan roti saja? Jika kamu salah satunya, wajib coba resep roti goreng yang mudah dan lezat ini. 

Ternyata, roti goreng masih termasuk sebagai kue tradisional asal Indonesia, lho. Sebenarnya, roti goreng sama seperti roti lainnya, yang terbuat dari bahan tepung ragi, tepung terigu, dan beberapa bahan lainnya. 

Ruparupa Banner

Namun, yang membedakannya dari roti biasa adalah proses memasaknya. Biasanya, roti ini tidak dipanggang atau dikukus, melainkan digoreng menggunakan minyak. Selain itu,  roti ini juga memiliki isian daging pada bagian dalamnya.

Selain bisa sebagai menu sarapan, roti goreng juga bisa dinikmati sebagai camilan sore, yang dipadukan dengan teh dan kopi hangat.

Lalu, seperti apa cara membuat roti goreng di rumah? Yuk, langsung saja simak resep roti goreng berikut ini!

Bahan Roti Goreng

  • 500 gram tepung terigu
  • 50 gram susu bubuk
  • 1 sdt ragi instan
  • 70 gram gula pasir
  • 90 gram mentega
  • 2 butir telur
  • 1 butir kuning telur
  • 250 ml susu full cream dingin
Resep roti goreng
Sumber: unsplash.com

Cara Membuat Roti Goreng

1. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, dan ragi instan di dalam wadah, lalu sisihkan. 

2. Pada wadah terpisah, mixer 2 butir telur utuh, 1 kuning telur, gula pasir, dan mentega dengan kecepatan sedang dan perlahan naik ke tinggi. 

Baca Juga:   5 Masakan Rice Cooker Praktis dan Anti Gagal

3. Kemudian, masukkan campuran tepung ke dalam wadah telur secara perlahan-lahan. Setelah itu, aduk kembali memakai mixer hingga semua bahan tercampur rata. Kami bisa mengaduknya sambil menuangkan susu cair dingin secara perlahan. 

4. Setelah tercampur rata, uleni adonan hingga kalis. Kemudian, bulatkan dan diamkan adonan selama kurang lebih 40 menit sampaimengembang. 

5. Kalau sudah mengembang, kempiskan kembali adonan dan bagi menjadi bulatan kecil dengan berat sekitar 50 gram. Lalu, masukkan isian pada roti dengan memipihkan adonan. Setelah itu, bulatkan kembali dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. 

6. Sembari menunggu, kamu bisa panaskan minyak goreng pada wajan. Setelah panas, kecilkan api, lalu goreng adonan roti yang sudah mengembang. 

7. Jika warnanya sudah menjadi coklat keemasan, kamu dapat mematikan api dan meniriskan roti goreng. Sajikan dengan topping favorit kamu.

Nah, itu dia cara membuat resep roti goreng yang renyah di luar dan lembut di dalam. Mudah, bukan?

Macam-macam Isian Roti Goreng

Roti goreng sebenarnya bisa dinikmati secara polos atau tanpa isian. Namun, kalau kamu menambahkan isian, rasanya akan jadi lebih lezat, lho. 

Baca Juga:   13 Resep Kue Natal Paling Favorit dan Populer

Selain bisa menggunakan daging ayam dan daging sapi yang dicincang, kamu juga bis memasukkan isian roti goreng berupa abon ayam, abon ikan, ayam suir, atau ragout. 

Jika suka manis, kamu bisa menambahkan isian roti goreng, seperti coklat keju, kelapa gula merah, hingga kacang gula wijen.

Nah, bila kamu mau yang anti-mainstream, kamu juga bisa menjadikan es krim sebagai topping roti goreng. 

Jadi, daripada hanya mencoba roti kukus dan roti panggang, lebih baik coba dulu resep roti goreng ini. Pastinya, bakal bikin kamu ketagihan, lho.

Namun, tentunya tidak akan lengkap jika membuat kue tanpa perlengkapan baking dan alat masak yang berkualitas. 

Berikut ini kami sudah memiliki rekomendasi perlengkapan bikin roti di rumah yang bisa kamu gunakan.

Kris Stand Mixer 3.5 Ltr 300 W
Kris Stand Mixer 3.5 Ltr 300 W.

Beli di sini

Wiltshire Alas Adonan Kue
Wiltshire Alas Adonan Kue.

Beli di sini

Tramontina 30 Cm Wajan Dengan Tutup Kaca
Tramontina 30 Cm Wajan.

Beli di sini

Culinart Penjepit Makanan Stainless Steel
Culinart Penjepit Makanan Stainless Steel.

Beli di sini

Kamu bisa menemukan berbagai peralatan masak dan perlengkapan dapur berkualitas hanya di Ruparupa.com. 

Situs belanja online ini juga menyediakann berbagai perabot rumah tangga, seperti sofa, meja, hingga lemari, lho.  Yuk, lengkapi perabot rumah dan perlengkapan masak hanya dari Ruparupa.com. Selamat mencoba membuat roti goreng di rumah!