Resep Bubur Candil Lembut yang Praktis dan Mudah

0
8550
resep bubur candil
Sumber: yummirecipe.web

Bubur candil merupakan camilan tradisional yang terbuat dari ubi dengan tekstur kenyal. Menu makanan satu ini semakin nikmat ketika disantap bersama kuah gula merah serta santan.

Perpaduan rasa manis dan asin yang lumer di mulut pasti akan membuat kamu ketagihan makan bubur candil ini. Tidak heran bila bubur candil sering menjadi menu buka puasa atau takjil di bulan Ramadan.

Ruparupa Banner

Ternyata, membuat bubur candil ini pun cukup mudah. Sebagai pemula, tentu kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, asalkan mengikuti resepnya secara berurutan.

Nah, kali ini, kami punya resep bubur candil yang bisa kamu coba di rumah. Seperti apa? Simak berikut ini.

Bahan-bahan

  • 250 gram ubi kuning
  • 100 gram tepung tapioka
  • ¼ sdt garam

Bahan Kuah Gula Merah

  • 150 gram gula merah
  • 600 ml air
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • ¼ sdt garam
  • 3 sdm tepung tapioka

Bahan Kuah Santan

  • 65 ml santan instan
  • 150 ml air
  • 1 lembar daun pandan, ikat simpul
  • ¼ sdt garam
resep bubur candil ubi
Sumber: depostbali.com

Cara Membuat Bubur Candil Ubi

1. Kupas ubi kuning dan kukus sampai terasa empuk. Untuk mengetahui apakah sudah matang, kamu bisa memeriksanya dengan menggunakan garpu atau sumpit yang ditusuk ke ubi.

2. Setelah matang, haluskan ubi menggunakan sendok. Lalu, campurkan ubi dengan tepung tapioka dan garam. Uleni sampai menjadi adonan yang mudah dibentuk. Kalau kamu rasa terlalu keras, kamu bisa menambahkan sedikit air.

Baca Juga:   Resep Udang Goreng Tepung Mayonaise, Cuma 30 Menit!

3. Bila sudah, ambil adonan dan bentuk menjadi bola-bola kecil sebesar kelereng. Lakukan sampai semua adonan menjadi bola. 

4. Lalu, siapkan bahan kuah gula merah dan rebus semuanya, kecuali tepung tapioka. 

5. Setelah kuah mendidih dan gula meleleh, masukkan bola-bola ubi yang sudah kamu buat. Rebus sampai bola ubi terlihat mengapung.

6. Kemudian, larutkan tepung tapioka dari bahan kuah gula merah dengan sedikit air. Lalu, masukkan larutan tapioka ke dalam panci. Aduk rata sampai kuah mendidih dan mengental. Setelah mengental, kamu bisa mematikan api. 

7. Campurkan semua bahan kuah santan dan rebus sampai mendidih di panci terpisah.

8. Kemudian, masukkan bubur candil ke dalam mangkuk, lalu siramlah dengan kuah santan. Bubur candil ubi sudah siap disajikan. 

Nah, itulah dia resep bubur candil ubi yang lembut dan pasti bikin kamu ketagihan. Selain resep di atas, kamu pun bisa berkreasi dengan bubur candil, lho.

Kreasi Bubur Candil

Tidak hanya dari ubi, kamu juga bisa membuat bubur candil dengan menggunakan ketan, lho. Rasanya akan tetap enak, walaupun teksturnya tidak sekenyal ubi. 

Baca Juga:   Resep Rendang Daging Sapi Mudah dan Gurih

Selain itu, banyak orang yang membuat tampilan bubur candil menjadi lebih menarik, yaitu dengan memberikan sedikit pewarna makanan pada bola-bola ubi. 

Tidak hanya bisa disajikan hangat, kamu bisa menikmati camilan tradisional yang lezat ini menggunakan es batu. Keduanya akan membuat kamu jatuh cinta dan pasti mau nambah terus.

Nah, untuk membuat masakan ini semakin lezat, tentunya kamu juga memerlukan peralatan masak berkualitas agar makanan bisa menjadi lebih nikmat. 

Berikut ini rekomendasi panci kukus dan saucepan yang bisa kamu gunakan. 

Krischef 33.5 Cm Panci Kukus Dengan Dua Piringan
Krischef 33.5 Cm Panci Kukus Dengan Dua Piringan beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Cooking Color 18 Cm Orlando Saucepan Dengan Pengukus
Cooking Color 18 Cm Orlando Saucepan Dengan Pengukus beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Selain itu, kamu juga akan memerlukan wadah saji dan mangkuk sup yang menawan agar tampilan, seperti rekomendasi kami berikut ini.

Appetite 1.4 Ltr Milan Mangkuk Saji Dengan Pegangan & Tutup
Appetite 1.4 Ltr Milan Mangkuk Saji Dengan Pegangan & Tutup beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Krischef Set Mangkuk Saji Wave 12 Pcs
Krischef Set Mangkuk Saji Wave 12 Pcs beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Kamu bisa menemukan berbagai peralatan masak dan perlengkapan dapur lainnya dengan kualitas terbaik hanya di Ruparupa.com, yang menjual produk-produk milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain. 

Dengan berbelanja melalui situs ini, kamu juga berkesempatan untuk memperoleh berbagai penawaran menarik sehingga belanja bisa jadi lebih hemat, lho. Yuk, belanja sekarang dan selamat membuat menu satui ini dengan nikmat di rumah.