Perbedaan Pot Bunga dari Besi dengan Jenis Pot Lainnya

0
3376
pot bunga dari besi

Hobby berkebun dari banyak orang saat ini dimanfaatkan betul para pedagang pot bunga dari besi. Mengapa? Sebab pot bunga tentu menjadi kebutuhan utama dari mereka yang suka menanam tumbuhan atau bunga. Apalagi ketahanannya cukup memuaskan. Namun, benarkah pot bunga yang terbuat dari besi ini adalah pot terbaik untuk menanam? Sebelum memulai aktivitas berkebun atau membeli pot bunga, Anda bisa membedakan jenis-jenis pot bunga manakah yang dirasa sesuai dengan kebutuhan.

Pot tanaman apakah itu pot bunga dari besi atau jenis lainnya memang berfungsi sebagai wadah untuk menanam baik yang berukuran kecil atau besar. Sehingga dalam memilih wadah tanaman ini juga tidak bisa sembarangan. Terutama jika Anda ingin tanaman atau bunga menjadi subur dan tumbuh indah. Jenis pot akan mempengaruhi tumbuh suburnya tanaman Anda. Berikut beberapa jenis pot yang bisa Anda pertimbangkan.

Ruparupa Banner

Jenis serta Perbedaan Pot Bunga dari Besi dan Lainnya

1. Pot Bahan Porselen

pot tanaman
Kris Garden Pot Tanaman Traditional Planter 36 Cm – Abu Abu

Pot yang dibuat dengan bahan porselen seringkali digunakan untuk tanaman yang diletakkan di dalam rumah. Hal ini karena bentuknya terkesan mewah dan ukiran atau gambaran uniknya cocok untuk menambah nuansa nyaman di dalam rumah. Ukiran ini juga yang membuat harganya cukup mahal jika dibanding pot bunga lainnya. Kekurangan daari pot jenis ini adalah mudah pecah dan perawatan yang sulit. Tidak semua jenis tanaman hias yang Anda miliki pasti cocok dengan pot ini. Biasanya pot berbahan poselen hanya coock untuk tanaman yang mahal atau bunga eksklusif.

2. Pot Berbahan Plastik

pot tanaman
Pot Tanaman Oval A01 20.5×11.5×9.5cm – Abu-Abu

Jenis pot berbahan plastik saat ini juga banyak diperjualbelikan. Kelebihan dari pot ini adalah tersedia dengan beragam warna yang lucu dan menarik. Harganya juga sangat murah jika dibandingkan dengan pot bunga dari besi. Pot berbahan plastik lebih ringan dan lebih awet jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Kekurangan pot berbahan plastik adalah tidak adanya pori-pori sehingga suhu di dalam pot bisa cepat naik  ketika ada di bawah sinar matahari langsung. Tanaman juga jadi cepat layu atau membusuk apabila Anda menyimpannya di dalam pot plastik ini.

Baca Juga:   Ini Cara Menikmati Teh Ala Bangsawan

3. Pot Berbahan Kayu

pot tanaman
Kris Garden Pot Tanaman Nilla 34 Cm – Cokelat

Dari sekian banyak jenis, pot berbahan kayu cukup digemari dan sudah lama ada. Pot ini memiliki tingkat serapan yang bagus dan awet serta kuat untuk berbagai model atau bentuknya. Harganya termasuk terjangkau. Pot berbahan kayu juga tidak mudah retak atau pecah tetapi mudah lapuk atau dimakan rayap. Apalagi jika pot tanaman dari kayu ini sering terkena air dan langsung menyentuh ke permukaan tanah maka akan mudah sekali lapuk. Ini yang menjadi kekurangannya dibandingkan dengan pot bunga dari besi. Anda bisa menyesuaikan yang manakah bentuk terbaik untuk tanaman di rumah dengan pot kayu ini.

4. Pot Berbahan Besi

pot tanaman
Sk Pot Tanaman 19cm – Silver

Pot bunga dari besi memang tak sebanyak jenis pot lainnya. Tetapi untuk ketahanannya cukup memuaskan dan membuat tanaman terlihat makin cantik. Terutama saat Anda lengkapi dengan rak bunga yang juga terbuat dari besi. Anda bisa memilih pot jenis ini dengan berbagai model menarik.

Baca Juga:   Main di Luar, Yuk!

5. Pot Berbahan Tanah Liat

pot tanaman
Pot Tanaman Brush 13.5×13.5×13.2 Cm – Terracota

Jenis pot yang dibuat dari tanah liat memang paling banyak dicari dan digunakan untuk orang-orang yang senang atau hobby berkebun. Harga ppot ini juga sangat variatif disertai banyak kegunaan. Pot ini memiliki keunggulan yaitu membuat air tetap merembes sehingga lagi perlu diberi lapisan apapun lagi. Sirkulasi udaranya juga bagus sehingga tidak akan membuat tanaman jadi busuk. Suhu panas atau dingin tetap akan stabil karena berada di media tanah. Sayangnya, kekurangan dari pot berbahan tanah liat adalah mudah pecah atau retak berbeda dengan pot bunga dari besi. Ketika akarnya makin membesar maka pot ini harus segera diganti agar tak rusak.

6. Pot Bunga dari Semen

pot tanaman
Pot Tanaman Semen Tassel Xy5a 12 Cm

Material semen yang digunakan untuk membuat pot akan lebih kuat dan tahan lama. Terutama jika Anda bandingkan dengan tanah liat atau porselen. Harganya lebih terjangkau dan tidak akan menguras dompet. Pot berbahan semen ini juga mudah menyerap air sehingga membuat suhu di media tanahnya tetap terjaga. Pot tanaman ini memiliki kekurangan yaitu bobotnya yang berat dan membuat kita kesulitan untuk memindahkan tanaman-tanaman yang diletakkan pada pot semen.

Masing-masing pot dengan bahan atau material yang berbeda tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Terutama jika Anda mencari pot bunga dari besi atau rak bunga yang saat ini banyak dicari. Hobby berkebun bukan hanya menyenangkan tetapi juga mampu membantu kita mengatasi rasa stress yang berlebihan. Melihat tanaman atau bunga-bunga segar dipercaya mampu menyegarkan pikiran.

Pot bunga dari besi ataupun jenis lainnya bisa Anda temukan di ruparupa.com. Rak bunga atau bahkan keperluan berkebun lainnya tersedia lengkap sesuai dengan apa yang Anda cari. Dapatkan penawaran menarik dan promo di tiap kategori mulai dari keperluan atau peralatan rumah tangga, otomotif hingga home improvement lainnya.

Editor: Sharon Suryaatmadja