Perbedaan Motor & ATV, Mana yang Lebih Keren?

0
568
perbedaan motor & atv

Pernahkan kalian tau perbedaan motor mendengar nama ATV? Dan pernahkan kalian mendengar nama itu? Bagi para pecinta otomotif tentu saja motor ATV ini sudah tidak asing lagi, namun bagi orang awam mungkin nama ini masih sering menjadi pertanyaan, “Motor apa sih itu?”. Anda akan menemukan jawabannya disini, jadi baca sampai akhir ya.

Promo 12 12 Ruparupa

ATV merupakan singkatan dari All Terrain Vehicle. Menyandang nama tersebut karena motor ATV mampu melewati segala jenis medan. Sebagaimana namanya, ATV merupakan bagian dari kendaraan bermotor jadi ini memang masih satu keluarga ya. Perbedaan mendasar yang perlu Anda ketahui antara adalah badan kendaraan ATV lebih besar dan tinggi, ATV juga memiliki 4 buah roda layaknya roda yang terdapat di sebuah mobil.

All Terrain Vehicle (ATV) akan sering Anda temui di pertanian ataupun tempat rekreasi. Di tempat rekreasi terutama yang berbasis alam, biasanya disediakan motor & ATV yang bisa digunakan untuk tracking ke jalanan yang agak ekstrim seperti berlumpur, menanjak dan berumput. Dikarenakan bentuknya yang besar dan dan bisa melewati berbagai medan, ATV sering juga disebut dengan mini traktor.

Saat ini ternyata produsen ATV juga semakin kebanjiran permintaan untuk memproduksi ATV. Motor & ATV sama-sama memiliki konsumen dalam jumlah yang besar, namun tentunya pengguna motor masih jauh lebih banyak dibandingkan ATV karena dapat digunakan untuk kendaraan sehari-hari. Sementara ATV biasanya diminati oleh para penggemar otomotif terutama yang menyukai tantangan seperti yang gemar melakukan touring di track bebatuan atau berlumpur.

Baca Juga:   Tips Memilih dan Merawat Tali / Rantai Ban Motor

Perusahaan pembuat ATV tidak hanya memproduksi ATV yang diperuntukkan untuk dewasa tapi juga ATV untuk anak-anak. Konsumen produsen ATV anak-anak ini biasanya adalah tempat-tempat rekreasi atau taman bermain. ATV untuk anak-anak tentu saja di desain dengan ukuran yang disesuaikan dengan tubuh anak-anak dan cara pengoperasian yang tentunya lebih sederhana dibandingkan dengan ATV dewasa.

Tidak lengkap rasanya jika pembahasan mengenai perbedaan ini tidak mengupas sisi kesamaannya juga. Motor & ATV sama-sama merupakan jenis kendaraan bermotor yang terbuka, karena ATV sendiri sebenarnya adalah salah satu jenis tidak heran jika kesamaan berikutnya adalah jumlah penumpang yang bisa dibawa di atas adalah hanya 2 orang idealnya. Satu pengendara duduk di depan dan satu penumpang di belakang.

Perbedaan Motor & ATV

Sekarang mari kita membahas mengenai motor. Motor & ATV adalah kendaraan yang sejenis namun memiliki banyak perbedaan. Motor adalah kendaraan beroda dua yang dijalankan menggunakan mesin. Motor & ATV sama-sama diseimbangkan oleh gaya giroskopik yang membuat keduanya dapat berjalan dengan kecepatan tinggi dengan stabil.

Sumber : Pixabay.com

Motor tentunya memiliki lebih banyak pengguna dibandingkan dengan ATV, alasannya tentu saja karena harganya relatif terjangkau, pilihan yang ditawarkan banyak dan dapat digunakan sebagai kendaraan sehari-hari. Rasanya jarang sekali ya menemukan ATV yang datang ke kampus atau parkir di pusat perbelanjaan?

Motor ini memiliki banyak sekali jenisnya. Pertama adalah jenis motor sport atau motor yang biasa digunakan untuk balapan, jenis motor ini berbeda dengan jenis motor yang biasa Anda gunakan karena jarak badan motor ke aspal sangat dekat. Ini bertujuan untuk menambah gaya aerodinamis ketika motor melaju dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga:   Tips Memilih Busi Kendaraan Bermotor Untuk Kinerja Kendaraan Yang Optimal

Jenis motor berikutnya adalah tipe skuter-matik. Bisa dikatakan jenis motor ini adalah yang paling populer digunakan oleh masyarakat Indonesia. Jenis motor ini tidak menggunakan kopling untuk mengoper gigi dan bisa bergerak dengan satu akselerasi. Motor jenis skuter-matik ini cenderung memiliki bobot lebih ringan dibandingkan dengan motor bebek.

Motor trail atau offroad. Motor jenis ini & ATV memiliki kesamaan di mana bisa melalui track yang tidak bisa dilalui oleh motor biasa. Motor trail memiliki ban yang berkontur kasar, jenis suspensi dari motor trail juga lebih baik daripada jenis motor lainnya karena motor ini harus melewati medan yang berat.

Itulah tadi beberapa perbedaan mendasar serta kesamaan antara motor & ATV. Mengendarainya harus sama-sama memiliki keahlian dan cukup berlatih untuk mengendalikan kedua kendaraan tersebut. Apabila Anda termasuk ke dalam penggemar otomotif dan menyukai tracking ke tempat-tempat yang menantang, motor trail & ATV menjadi pilihan yang tepat.

Ruparupa menawarkan berbagai jenis kebutuhan hidup Anda termasuk di dalamnya dalam bidang otomotif. Anda dapat menemukan berbagai peralatan maupun sparepart yang dibutuhkan untuk berbagai jenis kendaraan Anda di Ruparupa.com. Jangan khawatir dan ragu untuk menentukan pilihan di ruparupa karena semua barang yang dijual adalah barang berkualitas dan terjamin mutunya.

Editor: Ariel Natasya