Panduan Cara Membersihkan Mobil

1
468
Panduan Cara Membersihkan Mobil

Mobil sudah dianggap sebagai rumah kedua bagi kebanyakan orang. Bahkan beberapa orang lebih lama menghabiskan waktu di mobil daripada di dalam rumah. Oleh karena itu, menjaga kebersihan mobil seharusnya tak kalah penting dibandingkan menjaga kebersihan rumah.

Ada dua bagian pada mobil yang harus diperhatikan kebersihannya, yaitu bagian luar dan bagian dalam. Anda bisa mengikuti cara membersihkan mobil di bawah ini, termasuk seluruh bagian-bagian penting dalam mobil.

1. Cara membersihkan mobil bagian luarcara mencuci mobil

Bagian ini adalah bagian pertama dimana kebersihan seseorang bisa tercermin. Bagian ini pula yang paling sering dilihat oleh orang banyak. Perlu diketahui bahwa mencuci mobil tidak harus dengan mesin, alat-alat yang canggih atau harus pergi ke tempat pencucian mobil, namun bisa dilakukan sendiri, cepat, mudah dan sederhana. Sebelum membersihkan mobil bagian luar, yang pertama kali harus Anda siapkan adalah lap basah, lap kering, dua buah ember, air, sikat dan sabun khusus cuci mobil. Untuk pemilihan sabun, jangan gunakan sabun biasa seperti untuk mencuci piring atau sabun colek, karena bisa merusak lapisan cat mobil. Gunakanlah sabun cuci mobil khusus.

Langkah-Langkah Pencucian Mobil:

Cara membersihkan mobil bagian luar yaitu pertama-tama dengan memisahkan kedua ember yang berisi air dengan salah satunya diberikan sabun dan satunya lagi dibiarkan tetap agar digunakan untuk membersihkan lap dari kotoran. Kemudian mulailah membersihkan noda-noda bandel yang melekat pada pintu, kaca, dan bagian-bagian mobil lainnya. Semprot dan bersihkan dengan lap yang sudah diberikan sabun. Berikutnya, ban roda mobil adalah bagian yang sering diselimuti oleh kotoran. Gunakan sikat biasa atau sikat gigi khusus untuk membersihkan noda-noda yang membandel, kemudian semprot dengan selang air.cara mencuci mobil

Setelah selesai membersihkan ban roda mobil, semprot mobil Anda menggunakan air dimulai dari atap mobil lalu turun menuju kap depan dan belakang. Lalu gosok mobil Anda menggunakan lap yang sudah diberi air sabun dimulai dari atap mobil menuju ke kap depan dan belakang. Jangan menggosok terlalu keras karena dapat menimbulkan goresan pada cat mobil. Setelah semua permukaan mobil tertutup sabun, bersihkan lap di ember yang berisi air saja dan usap sabun tersebut untuk membersihkan noda-noda yang masih tersisa. Berikutnya kita lakukan pembilasan akhir setelah noda-noda pada mobil hilang. Langkah terakhir adalah lakukan pengeringan. Jangan terlalu lama membiarkan mobil yang basah dibilas, secepat mungkin lap mobil dengan lap kering agar menghindari bercak-bercak bekas pada mobil.

2. Cara membersihkan mobil bagian dalam

Tanpa kita sadari, debu sangat rentan masuk lewat sepatu yang kita bawa saat menginjak karpet mobil. Jok mobil juga salah satu tempat paling asyik bagi debu untuk bersarang. Terutama yang berbahan fabric, karena vacuum cleaner mobildapat dengan mudah menyimpan debu atau kulit mati berupa partikel yang sangat kecil. Debu yang seperti ini sangat susah dibersihkan apabila kita hanya menggunakan lap, kemoceng atau kanebo. Untuk itu sebaiknya Anda menggunakan alat seperti vacuum cleaner khusus mobil.

Vacuum cleaner khusus mobil ini lebih kecil daripada vacuum cleaner biasa, agar lebih mudah ditempatkan di dalam mobil, praktis dan bisa dibawa kemana saja. Vacuum cleaner di tempat yang basah, karena jika partikel air masuk ke mesin akan membuat karat dan mesin menjadi cepat rusak.

Selain kebersihan, hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga si rumah kedua adalah wangi ruangan mobil. Pengharum untuk mobil tidak hanya berperan untuk membasmi bau yang tidak sedap, namun bisa memberikan kenyamanan dalam berkendara bagi pengemudi dan juga penumpang. Pilihlah pewangi ruangan mobil yang anda sukai. Pewangi aromaterapi seperti kopi, green tea dan vanila adalah yang paling sering digemari.

Kini Anda sudah mengetahui cara merawat mobil, Anda siap melakukan perjalanan dengan lebih nyaman dan menyenangkan. Klik di sini untuk mendapatkan beragam perlengkapan perawatan kebersihan mobil Anda.

1 KOMENTAR

  1. […] Panduan Cara Membersihkan Mobil | Blog Ruparupa – 1 Ags 2017. Sebelum membersihkan mobil bagian luar, yang pertama kali harus Anda siapkan adalah lap basah, lap kering, dua buah ember, air, sikat dan sabun. Vacuum cleaner khusus mobil ini lebih kecil daripada vacuum cleaner biasa, agar lebih mudah ditempatkan di dalam mobil, praktis dan bisa dibawa. […]