23 Nama Bayi Laki-laki Indonesia dan Artinya

0
25297
Sumber: Unsplash.com

Setiap orang tua pasti ingin memberikan nama anak yang terbaik. Nah, kalau sebelumnya kita sudah memiliki rekomendasi nama bayi perempuan, kali ini kami punya inspirasi nama bayi laki-laki Indonesia, beserta dengan artinya.

Sebagai orang Indonesia, tentu nama-nama dari bahasa Indonesia, yang berasal dari bahasa Sansekerta, menjadi pilihan pertama kita. Apalagi, nama juga menunjukkan identitas kelahiran kita.

Ruparupa Banner

Rekomendasi Nama Bayi Laki-laki Indonesia

Nah, kali ini, kami sudah menyiapkan 30 nama untuk bayi laki-laki Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk kamu, tentunya dnegan makna yang indah.

1. Agung

Dalam bahasa Indonesia, Agung berarti luhur, mulia, dan maha tinggi. Nama Agung ini biasanya dijadikan gelar raja jaman dulu, seperti Sultan Agung Prabu Hanyakrakusuma.

Kamu bisa memberikan nama Agung untuk  buah hari dan berharap ia tumbuh menjadi seseorang yang besar dan memiliki sifat luhur.

2. Aditya

Nama Aditya pertama kali diperkenalkan di India dan berasal dari bahasa Sansekerta. Artinya, adalah seorang dewa. Dalam bahasa Indonesia, arti nama Aditya adalah ‘yang pertama’, ‘matahari’, dan ‘orang yang pandai dan bijaksana’.

3. Budi

Nama satu ini pasti tidak asing di buku pelajaran anak SD. Nama Budi berasal dari bahasa Sansekerta yaitu, bodhi atau budhi yang berarti keterbukaan jiwa, akal, dan kesadaran.

Sedangkan, dalam bahasa Indonesia berarti berakhlak, cerdas, dan kebaikan. Diharapkan mereka memiliki sifat dan perbuatan baik. Jadi, tak ada salahnya memberi nama Budi pada si kecil

4. Bakti

Arti nama Bakti adalah kasih, setia, dan tunduk. Nama Bakti sendiri dalam bahasa Jawa adalah kelak menjadi orang yang saleh. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, Bakti berarti taat.

5. Dimas

Menurut studi, mereka yang bernama Dimas memiliki kepribadian seorang pemimpin, berjiwa bebas, pekerja keras, dan individualis. Dimas dalam bahasa Indonesia juga bisa diartikan sebagai adik laki-laki.

Panggilan Dimas atau Adimas merupakan sapaan hormat untuk adik. Jadi, nama ini sangat cocok disandang anak kedua dan yang yang lebih muda.

Baca Juga:   6 Tips Puasa agar Anak Tetap Kuat dan Semangat

6. David

David bisa diartikan menjadi beberapa bahasa yang berbeda. Dalam bahasa Ibrani, David berarti sangat dicintai.

Sementara itu, dalam bahasa Indonesia, David berarti kesayangan. Nama Davvid biasanya diberikan oleh ibu-ibu Spanyol pada anak laki-laki kesayangan mereka.

Biasanya, nama David merupakan orang yang bertekat kuad dan pandai berbisnis. David juga orang yang bersih dan ringan tangan.

7. Danudara

Nama bayi laki-laki Indonesia berikutnya adalah Danudara, yang dalam bahasa Jawa memiliki arti sebagai orang yang kaya ilmu. Jadi, ia diharapkan bisa tumbuh menjadi anak yang pintar.

8. Eka

Nama Eka berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu satu, tunggal, esa, pertama, dan terdahulu. Dalam bahasa Indonesia, arti nama Eka adalah satu atau tunggal.

9. Gusti

Sebenarnya,Gusti adalah gelar kebangsawanan yang biasanya diberikan untuk raja-raja yang berkuasa dulu di Indoensia.

Arti kata Gusti sendiri adala Tuan, raja, atau seseorang yang berkuasa. Biasanya, orang yang bernama Gusti itu punya sifat yang mandiri, optimis, dinamis, dan menarik.

10. Ihsan

Dalam bahasa Islami, Ihsan berarti kebaikan. Ihsan berasal dari bahasa Arab ,yang berarti kesempurnaan atau seseorang yang terbaik. Ihsan menjadi nama anak laki-laki Indonesia, yang diharapkan bisa tumbuh sebagai sosok pemberani dalam membela kebenaran.

nama bayi laki-laki
sumber image: unsplash.com/@marslady

11. Jamal

Nama bayi laki-laki Indonesia berikutnya adalah Jamal. Sebenarnya, nama Jamal berasal dari bahasa Arab, yang berati rupawan, cemerlang, dan gagah. Namun, dalam bahasa Indonesia, nama ini punya arti keindahan, sangat berbakat.

12. Kaisar

Kata Kaisar dalam bahasa Indonesia adalah raja. Sifat nama Kaisar cenderung misterius dan pemalu. Kaisar juga biasanya kuat dan emosional

13. Hadyan

Dalam bahasa Indonesia dan Jawa, Hadyan berarti seseorang yang berpangkat tinggi. Oleh karena itu, bayi laki-laki yang diberi nama Hadyan diharapkan menjadi sesosok pemimpin yang berkedudukan tinggi.

14. Mulyono

Nama Mulyono cukup populer untuk anak laki-laki. Arti nama Mulyono dalam bahasa Jawa adalah mulia. Sementara dalam bahasa Indoensia artinya kemulian. Bayi yang dinamai Mulyono diharapkan tumbuh menjadi sosok yang pemberani, pintarm dan pekerja keras.

15. Pangestu

Dalam bahasa Jawa, Pangestu berarti berkah atau restu. Bayi yang diberi nama Pangestu, diharap selalu diberkahi Tuhan dengan segala kebaikan.

16. Prima

Prima dalam bahasa Indonesia berarti utama dan pertama. Orang yang bernama Prima biasanya berbakat, pintar, dan kreatif. Kadang-kadang juga bawel.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Kotak Makan Anak di Bawah Rp100 Ribu

17. Prayoga

Prayoga termasuk nama yang populer diberikan untuk anak laki-laki. Biasanya,  prayoga ditempatkan ditengah. Dalam bahasa Jawa, Prayoga berarti baik. Orang yang bernamam Prayoga biasanya memiliki karakter yang kuat.

18. Perkasa

Arti nama Perkasa dalam bahasa Indonesia adalah kuat, hebat, dan tangguh. Orang yang bernama Perkasa biasanya bijaksana, bertanggung jawab, dan pekerja keras.

19. Rangga

Dalam bahasa Indonesia, nama Rangga berarti gelar bangsawan atau perhiasan hidup. Orang yang bernama Rangga biasanya rupawan dan cerdas

20. Rejana

Renjana adalah serapan dari bahasa Sansekerta, yang berarti hasrat menyala-nyala. Renjana bisa jadi nama yang cocok untuk buah hati agar ia tumbuh menjadi seseorang yang selalu memiliki semangat menyala-nyala, menyenangkan, dan menarik.

21. Satya

Kata Satya berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti setia dan benar. Selain itu, bisa juga diartikan sebagai orang yang merdeka, bahagia, dan sejahtera. Orang yang bernama Satya biasanya religius, memiliki idealisme  dan memiliki sifat kepemimpinan.

22. Tulus

Dalam bahasa Indonesia, Tulus berarti memiliki hati yang bersih. Sementara itu, dalam bahasa Jawa, Tulus berarti iklas. Biasanya, orang yang bernama Tulus cenderung lebih fokus pada karier dan memiliki mental yang kuat serta berorientasi kemasa depan.

23. Widada

Nama satu ini cocok dijadikan nama tengah atau terakhir anak bayi laki-laki. Bayi yang diberi nama Widada diharapkan menjadi seseorang yang beruntung. Orang yang bernnama Widada biasanya merupakan sosok yang karismatik dan menyenangkan.

bayi laki-laki
sumber image: unsplash.com/@hannynaibaho

Itu dia deretan nama bayi laki-laki Indonesia yang bisa kamu berikan untuk si kecil. Apakah kamu terinspirasi dari nama-nama di atas?

Selain nama, tentu kamu juga ingin memberikan peralatan dan perawatan terbaik untuk si kecil, bukan? Nah, kamu bisa mengunjungi Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini menyediakan berbagai perlengkapan dan perabot bayi terbaik dengan rentang harga yang bisa kamu sesuaikan dengan budget, seperti beberapa produk di bawah ini.

Ailebebe Zutto Baby Car Seat 3 Style – Biru Navy

Beli di sini

 

Ailebebe Kurutto Baby Car Seat – Cokelat

Beli di sini

Little Giggles Pagar Bayi Lion Playpen Pink

Beli di sini

Ruparupa.com merupakan situs belanja online yang menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dari mereka ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.