7 Aktivitas yang Menghilangkan Rasa Jenuh Saat Isolasi Mandiri

0
328
menghilangkan rasa jenuh saat isolasi mandiri yaitu berjalar dan menonton
Source: Pixabay

Bagaimana cara menghilangkan rasa jenuh saat isolasi mandiri?

Pertanyaan ini tentunya sangat populer dikalangan pasien yang positif Covid-19. Terlebih lagi saat penyebaran virus yang semakin tinggi.

Memang, untuk menjalankannya ternyata tidak mudah karena pasien terkadang harus menghabiskan 24 jam waktu tanpa teman dengan aktivitas yang terbatas. Sehingga untuk mengatasinya ada beberapa kegiatan yang bisa Ruppers lakukan untuk menghilangkan rasa jenuh saat isolasi mandiri

Kegiatan untuk menghilangkan rasa jenuh saat isolasi mandiri

Untuk mencegah penularan virus corona lebih luas, pemerintah mewajibkan untuk setiap pasien Covid harus melakukan karantina atau isolasi mandiri selama 14 hari.

Agar menghabiskan masa isolasi lebih mudah dan menyenangkan, yuk coba beberapa aktivitas yang menyenangkan.

Berolahraga

menghilangkan rasa jenuh saat isolasi mandiri
Source: Pixabay

Aktivitas pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan berolahraga. Tentunya hal ini tidak menjadi halangan bagi pasien Covid 19 tanpa gejala atau bergejala ringan, alasannya karena tidak adanya kesehatan fisik yang terganggu.

Jika bosan dengan jenis olahraga yang itu-itu saja, maka kamu dapat mengkombinasikan jenis olahraga lainnya. Terlebih lagi saat ini sudah ada banyak olahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan seperti yoga, weight lifiting menggunakan dumbbell, push up, atau berlari menggunakan treadmill.

Matras yoga
   Beli disini.   
Dumbell
Beli disini

Agar semakin seru saat berolahraga Ruppers dapat melihat berbagai video yang terdapat pada dunia maya.

Lebih dari itu manfaat olahraga bagi kesehatan mental seperti

  • Memperbaiki mood
  • Mengurangi Stres
  • Mengurangi depresi dan kecemasan yang terjadi
  • Memperlambat terjadinya penurunan kognitif dan demensia
  • Meningkatkan fungsi otak

Menonton film kesukaan

menghilangkan rasa jenuh saat isolasi mandiri yaitu berjalar dan menonton
Source: Pixabay

Untuk mengalihkan rasa bosan yang muncul, maka salah satu aktivitas seru yang dapat menghilangkan rasa jenuh saat isolasi mandiri adalah menonton film kesukaan. Anggaplah waktu-waktu ini sebagai me time, dan bukan hal yang menjenuhkan.

Pemikiran seperti ini akan sangat mempengaruhi kondisi mental yang mungkin terjadi terutama pasca pemulihan dari Covid 19.

Selain menonton media hiburan, kamu juga bisa mencoba tontonan edukasi yang bisa menjadi pengembangan diri. Dari fakta inilah terlihat kalau masa isolasi mandiri ini dapat berguna menjadi waktu yang berharga.

Bermain game favorit

menghilangkan rasa jenuh saat isolasi mandiri
Source: Pixabay

Saat harus tinggal di rumah karena menjalani isolasi mandiri, cobalah melakukan aktivitas seru yang asik seperti bermain game pada gadget atau laptop.

Jika sudah merasa bosan dengan jenis game yang sama terus menerus, tidak ada salahnya meminta rekomendasi dari forum atau orang lain yang mengerti akan hal ini.

Memang bermain game tidak selalu menyenangkan, ada kalanya kamu akan menemukan titik jenuh karena melakukannya untuk waktu yang panjang. Sehingga untuk mengatasinya cobalah beberapa aplikasi game yang bisa dilakukan bersama teman.

Dengan cara ini kamu bisa menghabiskan waktu dengan lebih seru, sekaligus dapat terhubung dengan orang lain meskipun hanya melalui dunia maya.

Membersihkan ruangan

menghilangkan rasa jenuh saat isolasi mandiri membersihkan rumah
      Beli disini

Beberapa orang yang terinfeksi virus Corona juga bisa memilih aktivitas melakukan bersih-bersih ruangan, seperti membersihkan tempat tidur, debu di dalam kamar, sampai membersihkan dan menata pajangan yang ada di dalam kamar.

Selain membuat waktu berjalan lebih cepat, aktivitas ini juga dapat bermanfaat agar ruangan terasa nyaman dan terhindar dari bakteri. Terlebih lagi jika dilakukan dengan anggota keluarga lainnya yang saat itu ikut melakukan isolasi mandiri dalam waktu bersamaan.

Ya, meskipun terlihat sederhana tidak langsung tubuh akan lebih bugar karena sudah bergerak lebih aktif.

Terhubung dengan teman atau keluarga

menghilangkan rasa jenuh saat isolasi mandiri dengan video call
Source: Pixabay

Meskipun sedang isolasi mandiri, bukan berarti seseorang yang terkena Covid tidak bisa berhubungan dengan dunia luar. Pasalnya saat ini Ruppers bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi, ketimbang hanya mencari berita yang tidak perlu.

Selain itu kamu juga bisa melakukan silaturahmi pada teman atau keluarga terdekat, dengan melakukan videocall menggunakan gadget atau laptop.

Sosialiasi ini sangat penting mengingat manusia adalah mahluk sosial yang perlu berinteraksi. Di samping itu dengan tetap tekoneksi dengan orang yang bisa memberikan support secara mental, maka dapat mempercepat proses penyembuhan.

Sehingga kemungkinan imunitas tubuh kembali meningkat juga lebih berpeluang lebih besar. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk mengangkat video call dari saudara atau teman yang terinfeksi virus Corona.

Jalani hobi baru

menghilangkan rasa jenuh saat isolasi mandiri dengan hobi baru
Source: pixabay

Selain bermain game, berolahraga, dan melakukan video call dengan keluarga, langkah lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan kegiatan baru. Seperti mengambil kelas online yang kamu sukai, seperti fotografi, mengambil kelas online hingga belajar memasak dan menulis.

Hal-hal baru ini akan memberi tantangan tersendiri dan akan mengusir kebosanan. Ingat pergunakan waktu yang ada untuk mengembangkan diri agar usai isolasi mandiri kamu memperoleh sesuatu yang baru.

Berkebun

berkebun
    Beli disini

Bagi mereka yang melakukan isolasi di rumah dengan area terbuka, dapat menghilangkan rasa bosan dapat melakukan kegiatan berkebun yang menyenangkan.

Tak hanya itu dengan melakukan kegiatan ini sehari-hari maka dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan seperti

  • Meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh.
  • Menunjang fungsi sistem daya tahan tubuh.
  • Menambah kekuatan dan koordinasi tangan.
  • Memperbaiki kesehatan mental.

Nah, itulah 7 aktivitas seru untuk menghilangkan rasa jenuh saat isolasi mandiri, yang mudah untuk dilakukan dan menyenangkan. Selain melakukan hal yang positif, pastikan juga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, dan menjauhi kerumunan.

Hal lainnya yang tidak kalah penting juga adalah segera lakukan vaksin, karena manfaat vaksin yang kamu dapatkan jauh lebih besar daripada efek samping yang mungkin terjadi. Terlebih lagi saat ini sudah ada vaksin moderna yang dapat menjadi pilihan bagi orang Komorbid atau yang memiliki penyakit bawaan.

Langkah lainnya yang tidak boleh terlupakan saat isoman adalah untuk selalu memantau kesehatan diri selama 14 hari menggunakan alat-alat kesehatan yang berkualitas dari Sowell, produk dari Ruparupa yang terpercaya.

Produk ini sudah memiliki izin edar kesehatan, dan kualitasnya yang sudah teruji. Sehingga tidak perlu khawatir akan akurasi dari produk Sowell tersebut.

Dari brand yang mengusung kecanggihan fitur ini tersedia juga ragam produk lainnya yang harus diketahui seperti pengukur tekanan darah, pengukur gula darah hingga alat-alat kesehatan lainnya yang berkualitas sama dengan produk ternama lainnya.