Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Corten Steel

0
1481

Mengenal corten steelcorten steel dikenal dengan nama lain yaitu weathering steel atau baja yang diciptakan melalui proses pelapukan. Corten steel ini pada mulanya diperkenalkan oleh seorang arsitek di Moline, Illinois pada konstruksi gedung John Deere World Headquarters. Arsitek tersebut adalah Eero Saarinen.

Proses pelapukan pada baja ini bertujuan agar lapisan pelindung dari cuaca dapat terbentuk pada lapisan luar baja. Tidak adanya finishing cat pada baja membentuk tampilan karat yang terlihat layaknya baja yang sudah berkarat termakan cuaca bertahun-tahun.

Lapisan pelindung pada permukaannya akan terus berkembang dan meregenerasi terus menerus saat terkena perubahan cuaca. Hal ini dikarenakan baja memang dibiarkan untuk berkarat sehingga membentuk lapisan pelindung. Baja corten ini juga tahan memiliki daya tahan korosi yang lebih baik dibandingkan dengan jenis baja lainnya.

Selain merupakan baja yang tahan korosi pada kondisi atmosfer udara biasa atau tahan akan cuaca, material baja ini juga memiliki kekuatan tarik atau sifat mekanik yang baik. Corten Steel diklaim memberikan 30% peningkatan sifat mekanik dan lebih tahan cuaca 4 sampai 8 kali lebih baik daripada baja karbon konvensional.

Pada dasarnya ada dua jenis corten steel yang paling umum, yakni corten A dan corten B. Corten A biasanya digunakan untuk aplikasi estetika dan tidak direkomendasikan untuk apliaksi bantalan beban yang berat. Sedangkan untuk corten B banyak digunakan sebagai kontainer, cerobong asap, konstruksi kereta api, dan lainnya.

Yuk, mengenal corteen steel lebih lanjut. Berikut adalah kelebihan penggunaan corten steel.

Hemat Biaya

Hemat biaya yang dimaksud adalah hemat biaya finishing dan perawatan. Corten Steel tidak menggunakan lapisan pelindung atau cat yang umumnya membutuhkan biaya tambahan sehingga Anda tidak perlu repot untuk membeli cat tambahan.

Perawatan Mudah

Corten Steel sangat cocok digunakan untuk material jembatan dan sejenis lainnya dengan akses yang sulit dan berbahaya serta dimana gangguan masa depan perlu diminimalisir. Pengecekan serta pembersihan merupakan satu-satunya perawatan yang diperlukan dalam menggunakan corten steel.

Menarik

Penggunaan corten steel dapat memberikan aksen tampilan yang menarik. Hal ini dikarenakan corten steel mempunyai beberapa pilihan warna.

Hemat Waktu

Karena pemasangannya yang tidak terlalu sulit membuat waktu konstruksi pada penggunaan corten steel ini tidak memakan banyak waktu alias hemat waktu.

Ramah Lingkungan

Selain hemat waktu dan biaya, penggunnaan corten steel ini sangat ramah lingkungan loh Ruppers.

Berikut adalah kelemahan penggunaan corten steel.

Sensitif

Yang dimaksud dengan sensitif adalah material yang satu ini sangat sensitif terhadap iklim subtropis yang lembab.

Penumpukan Air

Apabila terjadi penumpukan air pada corten steel, area-area yang terkena air tersebut akan mengalami laju korosi yang lebih tinggi.

Karat

Lapisan karat yang terjadi pada permukaan corten steel dapat menimbulkan noda karat pada permukaan lain yang berdekatan dengan corten steel tersebut.

Berikut contoh penggunaan corten steel.

Pot Tanaman

allmodern.com

Siapa bilang corten steel hanya digunakan sebagai material untuk membuat jembatan? Material ini juga dapat dijadikan sebagai hiasan rumah untuk tanaman Anda alias pot.

Pagar

id.pinterest.com/pin/766034217854930138

Anda dapat menggunakan corten steel sebagai material pagar. Anda dapat membuat pagar dengan desain pagar yang pendek atau pun pagar tinggi sesuai dengan desain rumah Anda.

Pembatas

de.dawanda.com

Wah, cantik banget yah Ruppers. Anda dapat menjadikan corten steel sebagai pembatas atau sekat yang digunakan pada bagian dalam rumah atau pun luar rumah Anda. Seperti pembatas area dapur dengan area ruang keluarga.

Nah, itulah beberapa pembahasan lengkap untuk mengenal corten steel beserta kelebihan dan kekurangan. Semoga bermanfaat untuk Ruppers yah.