3 Perbedaan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

0
15976
Beda Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Secara penamaan dan fungsi, Ruang tamu dan ruang keluarga merupakan dua ruangan dengan fungsi penting untuk setiap rumah. Namun, tak jarang banyak yang terkecoh dengan fungsi dan keberadaan kedua ruangan ini. Sebagai akibatnya, mereka menggabungkan kedua ruangan ini sehingga pemanfaatannya menjadi tidak maksimal.

Perbedaan ruang tamu dengan ruang keluarga terletak pada fungsi, tata letak, dan desain ruangan

Secara mendasar, ada 3 perbedaan antara kedua ruangan ini. Antara lain tata letak ruangan dalam rumah, fungsi ruangan dan bagaimana mendesain ruangan ini. Lalu bagaimana membedakan kedua ruangan tersebut?

1. Fungsi

meja ruang tamu
Set meja ruang tamu

Sebagaimana penyebutannya, ruang tamu digunakan untuk menyambut tamu, dan ruang keluarga digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Ruang ini sendiri bersifat umum, karena di tempat inilah pemilik rumah menerima kunjungan tamu. Suasana yang dihadirkan disini akan lebih terasa formal tentunya, namun selalu ada cara untuk mencairkan suasana.

Sedangkan ruang keluarga merupakan ruangan yang bersifat privasi. Di ruangan ini, Anda lebih mengutamakan kenyamanan bagi setiap anggota keluarga. Pasalnya dengan kondisi dan suasana yang nyaman, maka Anda dan keluarga dapat lebih banyak menghabiskan waktu bersama dan dapat menciptakan pertemuan yang berkualitas ditengah kesibukan masing-masing.

2. Tata Letak

Ruang tamu biasanya terletak di bagian depan. Ini merupakan ruangan yang pertama ditemui setelah membuka pintu  dan selalu terletak di bagian paling depan. Jadinya, setiap tamu yang berkunjung, tidak dapat melihat aktifitas di dalam rumah untuk menjaga privasi anggota keluarga.

Sementara itu, ruang keluarga lebih bebas diletakkan di mana saja. Umumnya, ruang keluarga terletak di bagian tengah rumah, sebagai pusat aktifitas anggota keluarga. Ada juga yang menggabungkan ruang keluarga dengan ruang makan dan dapur, atau dihubungkan dengan taman belakang rumah. Karena fungsinya yang lebih bersifat privasi, maka tidak semua tamu atau orang yang berkunjung ke rumah bisa berada di dalam ruangan ini.

3. Desain

Karena fungsinya untuk menyambut tamu, maka ruangan ini didesain dengan memperhatikan nilai artistik. Setiap kerabat yang berkunjung akan mendapatkan kesan pertama, dan ruangan inilah yang menjadi titik point bagaimana melihat kehidupan keluarga tersebut dari ruang tamunya. Tidak heran jika ruangan ini didesain dengan cantik, serta dilengkapi dengan hiasan-hiasan dekoratif, lukisan, foto-foto keluarga dengan furnitur yang cukup untuk menampung beberapa orang tamu.

ruang tamu vs ruang keluarga
Sofa sudut untuk ruang keluarga

Untuk rumah modern, ruang tamu didesain dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu luas. Yang jelas dapat menampung paling tidak kursi dengan kapasitas 4 orang. Furnitur ruang tamu lebih ditekankan pada sofa, meja ruang tamu, serta kabinet untuk memajang hiasan.

Pada ruang keluarga, desainnya lebih mengarah pada kenyamanan anggota keluarga. Ruangan diisi dengan furnitur yang nyaman, seperti sofa empuk dengan 3-4 dudukan, bantal-bantal sofa, bisa juga diisi dengan karpet dan bantal besar, dengan perangkat multimedia.

Karena fungsinya yang serbaguna, Anda dapat menambahkan rak penyimpanan agar barang-barang tampak rapi dan tetap nyaman. Dengan ruang keluarga yang nyaman, Anda akan mendapatkan waktu berkualitas berkumpul dengan seluruh anggota keluarga.

Apakah ruang keluarga Anda sudah sesuai dengan fungsinya?

Jika belum, yuk, lengkapi ruang keluarga dengan berbagai furnitur yang nyaman agar waktu berkumpul bersama keluarga jadi lebih berkualitas.