3 Perbedaan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

0
22072
perbedaan ruang tamu dan keluarga

Secara penamaan dan fungsi, ruang tamu dan ruang keluarga merupakan dua ruangan dengan fungsi penting untuk setiap rumah. Namun, tak jarang banyak yang terkecoh dengan fungsi dan keberadaan kedua ruangan ini.

Akibatnya, banyak dari mereka yang menggabungkan kedua ruangan ini sehingga pemanfaatannya menjadi kurang maksimal.

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Perbedaan ruang tamu dengan ruang keluarga?

Secara mendasar, ada 3 perbedaan antara kedua ruangan ini dari segi tata letak ruangan, fungsi ruangan, dan desain ruangan. Supaya lebih paham, simak ulasannya berikut ini!

1. Fungsi

Seperti namanya, ruang tamu digunakan untuk menyambut tamu. Ruang ini sendiri bersifat umum karena di tempat inilah pemilik rumah menerima kunjungan tamu.

Tentu, suasana yang dihadirkan disini akan lebih terasa formal, tapi selalu ada cara untuk mencairkan suasana.

Sedangkan ruang keluarga merupakan ruangan yang bersifat privasi. Di ruangan ini, kamu lebih mengutamakan kenyamanan bagi setiap anggota keluarga.

Pasalnya, dengan kondisi dan suasana yang nyaman, maka kamu dan keluarga dapat lebih banyak menghabiskan waktu bersama dan menciptakan pertemuan yang berkualitas di tengah kesibukan masing-masing.

meja tamu minimalis
Malvin Set Meja Tamu – Cokelat
Set meja tamu dengan bangku dari fabric dan MDF cocok untuk ruangan sempit.

Beli di sini

meja tamu rumah tangga
Selma Genoa Meja Tamu – Putih
Meja terbuat dari rangka kokoh dengan rak penyimpanan di bawahnya.

Beli di sini

2. Tata Letak

Ruang tamu biasanya terletak di bagian depan. Ini merupakan ruangan yang pertama ditemui setelah membuka pintu. Jadinya, setiap tamu yang berkunjung tidak dapat melihat aktifitas di dalam rumah untuk menjaga privasi anggota keluarga.

Sementara itu, ruang keluarga lebih bebas diletakkan di mana saja. Umumnya, ruang keluarga terletak di bagian tengah rumah sebagai pusat aktifitas anggota keluarga.

Ada juga yang menggabungkan ruang keluarga dengan ruang makan dan dapur, atau dihubungkan dengan taman belakang rumah.

Karena fungsinya yang lebih bersifat privasi, maka tidak semua tamu atau orang yang berkunjung ke rumah bisa berada di dalam ruangan ini.

meja ruang tamu dua tingkat
Milo Meja Tamu – Cokelat
Meja tamu dengan rak serbaguna dan desain minimalis cocok untuk berbagai gaya ruangan.

Beli di sini

3. Desain

Karena fungsinya untuk menyambut tamu, maka ruangan ini didesain dengan memperhatikan nilai artistik. Setiap kerabat yang berkunjung akan mendapatkan kesan pertama dan ruangan inilah yang menjadi titik poin bagaimana melihat kehidupan keluarga tersebut dari ruang tamunya.

Tidak heran, ruangan ini didesain dengan cantik dan dilengkapi dengan hiasan-hiasan dekoratif, lukisan, foto-foto keluarga, dan furnitur yang cukup untuk menampung beberapa tamu.

Untuk rumah modern, ruang tamu didesain dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Biasanya, ruang tamu ini dapat menampung sekitar 4 orang. Furnitur ruang tamu lebih ditekankan pada sofa, meja ruang tamu, serta kabinet untuk memajang hiasan.

Pada ruang keluarga, desainnya lebih mengarah pada kenyamanan anggota keluarga. Ruangan diisi dengan furnitur yang nyaman, seperti sofa empuk dengan 3-4 dudukan, bantal-bantal sofa,dan bisa juga diisi dengan karpet, bantal besar, serta perangkat multimedia.

Karena fungsinya yang serbaguna, kamu dapat menambahkan rak penyimpanan agar barang-barang tampak rapi dan tetap nyaman. Dengan ruang keluarga yang nyaman, kamu akan mendapatkan waktu berkumpul yang berkualitas dengan seluruh anggota keluarga.

sofa ruang tamu
Logan Sofa Sectional Fabric – Krem
Sofa dengan bantalan duduk dan rangka yang kokoh.

Beli di sini

Apakah ruang keluarga Anda sudah sesuai dengan fungsinya?

Jika belum, yuk, lengkapi ruang keluarga dengan berbagai furnitur yang nyaman dari ruparupa.com agar waktu berkumpul bersama keluarga jadi lebih berkualitas.