Panduan Ukuran Lemari Pakaian yang Tepat dan Tidak Bikin Sempit

0
52527
manfaat walk in closet

Ukuran lemari  sangat beragam. Tidak heran bila memilih lemari buat di dalam kamar tidur tidak mudah. Apalagi, bila kita memiliki area yang terbatas. Selain digunakan untuk menyimpan pakaian, lemari juga dapat menambah kesan dekorasi pada ruangan.

Untuk itulah, bila kita salah memilih ukuran lemari, entah lebih besar atau kecil, tentu bisa membuat kamar tidur jadi terlihat tidak menarik.  Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli lemari baru, kenali dulu ukuran lemari pakaian sesuai dengan jenisnya.

Ruparupa Banner

Lalu, Berapa Panjang dan Tinggi Lemari Standar?

Umumnya, lemari pakaian sendiri dibedakan dalam beberapa jenis standar. Tentunya, semua ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu di rumah. Berikut ini perbedaan ukuran lemari yang bisa menjadi pertimbangan kamu. 

1. Ukuran Lemari Berdasarkan Panjang

Panjang lemari biasanya dihitung dari jumlah pintu, dari lemari pakaian 1 hingga 4 pintu. Namun, ukuran standar panjang pintu lemari dengan sistem buka/engsel biasanya adalah 50- 60 cm.

Jadi, bila kita menggunakan lemari dua pintu, maka kita harus menyediakan ruangan sekitar 100-120 cm.  Sedangkan lemari pakaian 4 pintu, berarti memiliki panjang berkisar 200- 240 cm.

Namun, beda halnya bila kita menggunakan lemari pakaian pintu geser. Ukuran satu daun pintu lemari ini bisa lebih panjang, yaitu 55-120 cm, tergantung ukuran bahan yang digunakan. Jadi, bila kita menggunakan lemari 2 pintu sliding, maka panjangnya sekitar 240 cm. 

Baca Juga:   Dekorasi Kamar Tidur Sederhana Bujet Rp5 Juta ala Tropis
model lemari baju
Xelio Lemari Pakaian Pintu Geser 160 Cm – Putih

Beli di sini

 

2. Memilih Lemari Berdasarkan Lebar

Ukuran standar lebar lemari biasanya adalah 60 cm. Namun, ada juga ukuran lemari kecil yang hanya memiliki lebar 45 cm. Jadi, kita perlu memilih lebar lemari sesuai kebutuhan.

Misalnya, jika ingin menggantung baju di dalam lemari, maka sebaiknya kita memilih lebar sekitar 35-40 cm, sesuai ukuran gantungan baju. Dengan begitu, pintu lemari bisa tertutup dengan baik dan baju tidak lecek. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah lebar lemari ketika pintu dibuka, khususnya pintu engsel. Pastikan ruangan cukup untuk membuka pintu lemari alias tidak menabrak tembok. 

ukuran lemari baju dua pintu
Masterspace Lemari Pakaian 2 Pintu – Kayu

Beli di sini

3. Ukuran Lemari Berdasarkan Tinggi

Tinggi lemari biasanya berkisar dari 180-200 cm. Namun, kita bisa menyesuikannyaan dengan tinggi badan penggunanya dan juga tinggi ruangan tempat lemari itu diletakkan, serta kebutuhan. 

Bila kita membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih banyak, maka kita bisa menggunakan lemari 2 susun maupun jenis floor-to-ceiling. Model lemari floor-to-ceiling biasanya dirancang dengan tinggi lemari sampai menyentuh plafon ruangan.

Jika kamu tertarik memiliki lemari seperti ini dalam rumah, kamu dapat menggunakan layanan Informa Custom Furniture untuk desain furnitur terbaik.

panjang lemari pakaian
Ostrina Lemari Pakaian 5 Pintu – Abu-abu Oak

Beli di sini

 

4. Melihat Dari Jarak Antar Rak di Dalam Lemari

Rak penyimpanan di dalam lemari biasanya digunakan untuk meletakkan baju yang sudah dilipat. Untuk itu, pastikan ukuran jarak antar rak atau ambalan ini memiliki tinggi antara 40-80 cm, tergantung kebutuhan pemiliknya.

Baca Juga:   10 Inspirasi Lemari Bawah Tangga yang Multifungsi

Semakin tinggi jaraknya, tentu akan semakin banyak kapasitas penyimpanannya. Cara yang paling mudah adalah tentukan terlebih dahulu perlengkapan yang ingin disimpan. Bila ingin menyimpan banyak baju, maka sekat yang dibutuhkan semakin banyak. 

Namun, bila kita akan menggunakannya buat menyimpan koper, maka membutuhkan jarak ambalan yang lebih besar.

ukuran lemari pakaian
Milton Lemari Pakaian 3 Pintu Dengan Laci

Beli di sini

ukuran lebar lemari
Lemari Pakaian 2 Pintu Ayun

Beli di sini

5. Berdasarkan Ukuran Batang Gantungan Baju

Batang gantungan baju sangat cocok untuk menyimpang dress, kemeja, maupun jas. Untuk itulah, kita juga harus mengetahui ukuran panjang batang gantungan baju saat membeli lemari.

Semakin banyak baju yang ingin digantung, tentu membutuhkan ukuran batang yang lebih panjang. Namun, supaya tidak sempit, kita bisa memakai batang gantung bertingkat. Jarak antara gantungan tersebut pun bisa kita pilih sesuai kebutuhan.

Misal, batang yang satu diletakkan dengan jarak yang lebih tinggi untuk menyimpan baju yang lebih panjang.

Lemari dengan gantungan pakaian di dalamnya
Saga Ii Lemari Pakaian 2 Pintu Dengan Kaca – Putih

Beli di sini

lemari pakaian dengan gantungan
Magnum Lemari Pakaian 4 Pintu – Putih

Beli di sini

Nah, jika sudah mantap dalam memikirkan ukuran lemari yang dibutuhkan, sekarang saatnya membeli lemari baru. Kamu bisa mendapatkan berbagai model dan jenis lemari pakaian hanya di ruparupa.com. 

Miliki lemari minimalis hemat hingga 50%
klik di sini

Situs belanja online ini menyediakan berbagai perlengakapan rumah tangga dan perabot minimalis terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi.