Inspirasi Kolam Ikan Minimalis dengan Air Terjun

0
894

Salah satu inspirasi yang dapat mempercantik kolam ikan Anda adalah dengan menambahkan fitur air terjun. Kolam ikan minimalis dengan air terjun dapat memberikan nuansa yang menyegarkan ke halaman belakang Anda dengan adanya pergerakan dan suara air yang mengalir. Yuk, baca artikel ini untuk melihat inspirasi kolam ikan minimalis dengan air terjun!

Terapi dengan kehadiran air dapat menenangkan pikiran Anda dan dapat membawa suasana alam lebih dekat dengan Anda. Apalagi, jaman corona yang membuat Anda sering terkurung di dalam rumah, terutama orang tua atau orang yang rentan terhadap virus misalnya. Kolam ikan bisa menghadirkan suasana ‘zen‘ atau tenang dan dapat menjadi titik fokus halaman belakang atau taman rumah Anda.

Berikut adalah 8 hal yang harus Anda ingat untuk mempertimbangkan dalam merencanakan kolam ikan dengan fitur air terjun:

Lokasi

Sumber: decoist.com

Pilih tempat yang akan menjadi titik fokus kolam ikan dan yang dapat mudah Anda akses. Juga pikirkan tentang apa yang ada di bawahnya, seperti di tanah. Untuk Anda yang sudah berkeluarga, ada kemungkinan kalau anak kecil dapat tenggelam jika sedang bermain dekat kolam saat tidak dijaga. Tergantung dengan usia anak Anda dan aksesibilitas siapa pun yang mungkin mengunjungi halaman Anda. Maka, harus pertimbangkan lokasi dan kedalaman kolam ikan Anda juga.

Bahan

Sumber: all4women.co.za

Bahan kolam ikan Anda ingin terbuat dari apa, batu, semen atau bahan lainnya misalnya. Jangan lupa untuk memikirkan tentang fitur alam dan buatan yang ada pada sekitarnya.

Ukuran

Sumber: trendir.com

Perkirakan dan hitunglah berapa luas tanah yang akan Anda sisihkan untuk membangun kolam ikan minimalis Anda. Untuk mendapatkan sebuah ide untuk seberapa besar kolam ikan yang Anda inginkan, berkunjunglah ke kebun raya binatang misalnya.

Ataupun, peternak dan penjual ikan untuk mengira-ngira. Lalu, pikirkan tentang bentuk kolam Anda dan berapa kedalamannya, pada skala di taman halaman belakang Anda.

Tema

Sumber: amrilio.com

Desain kolam ikan yang melengkapi gaya arsitektur rumah Anda dan mencerminkan lanskap taman halaman belakang Anda. Beberapa pilihan tema kolam ikan adalah bernuansa Jepang dan naturalistik, modern, atau pun gaya yang tradisional kuno.

Sistem Pompa

kolam ikan minimalis

Sumber: pinterest.com

Anda harus menyediakan sirkulasi sistem pompa yang dapat menghasilkan air untuk mengalir, ataupun memancur pada aliran air kolam Anda. Pastikan Anda memilih satu yang besar dan cukup kuat untuk mengoperasikan fitur air terjun.

Dekorasi Lanskap

kolam ikan minimalis

Sumber: pinterest.com

Kolam ikan tentunya akan membutuhkan dekorasi lanskap sehingga tidak terlihat membosankan. Contohnya, Anda bisa menggunakan bunga lili air tropis, papirus, pakis, dan hosta.

Dekorasi Hardskap

kolam ikan minimalis

Sumber: pinterest.com

Idealnya, hardskap pilihan Anda akan membuat kolam Anda menyatu dan bisa berbaur dengan sekelilingnya. Pinggiran dan hardskap pada sekitar kolam mungkin bisa berupa ubin keramik, beton, batu, atau tanaman. Anda juga bisa menambahkan dekorasi seperti jembatan atau patung-patungan.

Jenis ikan untuk mengisi kolam

Sumber: pixabay.com

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan yang paling cocok untuk Anda pelihara. Koi dapat menambahkan sentuhan warna oranye, hitam, dan juga putih yang cantik saat mereka berenang dalam kolam Anda. Sehingga, kolam ikan minimalis Anda akan menarik untuk dilihat.

Nah Ruppers, sekarang Anda sudah tahu inspirasi kolam ikan minimalis dengan air terjun. Untuk membeli filter untuk menjaga kebersihan air kolam ikan minimalis Anda dan makanan ikan untuk ikan koi Anda, berikut adalah rekomendasi produk yang bisa Anda beli di Ruparupa.com:

Boyu Filter Kolam Ikan Efu 15000 A beli di Ruparupa.com

Makanan Ikan Koi Hikari Economic Ukuran Besar 4 Kg beli di Ruparupa.com

Produk-produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!