7 Kerajinan Tangan Dari Kardus Mudah, Murah, Awet!

0
45021

Kerajinan tangan dari kardus – Pasti Ruppers tidak asing lagi dengan benda yang satu ini yah! Siapa sangka kardus alias benda yang sering dibuang ini bisa dimanfaatkan menjadi barang berguna bahkan awet, murah, mudah loh membuatnya.

Banyak yang tidak tahu bahwa kardus terbuat dari bubur koran. Selain itu, koran juga dapat di daur ulang dan ramah lingkungan.

Ruparupa Banner

Sebelum membahas kerajinan apa saja yang dapat dihasilkan oleh benda ini, Koran juga memiliki jenis yang berbeda loh. Simak yuk penjelasannya.

Kardus bergelombang

piqsels.com

Kardus jenis ini memiliki 3 lapisan seperti gambar diatas. Biasanya digunakan untuk melapisi barang pengiriman karena 3 lapisan pada kardus membuat beda ini dapat melindungi barang yang dilapisinya sehingga barang tidak mudah rusak.

Kardus paperboard atau karton

pexels.com

Biasanya kardus jenis ini hanya memiliki 1 lapisan sehingga tidak setebal kardus gelombang. Lapisannya yang tipis sehingga kardus ini menjadi materal dasar kotak sepatu, atau kotak kado.

Lalu, kardus dapat dibuat menjadi kerajinan apa aja sih? Simak yuk 10 kerajinan tangan dari kardus mudah, murah, awet .

Bingkai foto

id.pinterest.com/pin/263531015671802781

Siapa sangka kardus dapat disulap menjadi bingkai yang sangat cantik. Cara membuat bingkai foto dari kardus cukup mudah. Anda dapat menggunakan kardus sebagai hiasan bingkai Anda atau bahan dasar membuat bingkai.

Cukup siapkan penggaris, pensil, kardus, lem tembak atau lem fox, cutter atau gunting, pilox (opsional), hiasan lainnya (opsional) . Ukur kardus sesuai ukuran bingkai yang Anda mau lalu tempelkan antara kardus yang satu dengan kardus lainnya.

Baca Juga:   Bangkitkan Energi dengan Warna Serba Hijau

Lalu gunting kardus lainnya sesuai bentuk hiasan bingkai yang Anda mau dan pilox sesuai warna yang Anda inginkan. Keringkan lalu bingkai cantik ini siap digunakan.

Lampu tidur

id.pinterest.com/pin/341429215475471146

Lampu tidur dari kardus ini sangat keren untuk menemani waktu tidur Anda loh! Cukup siapkan kardus, saklar, lampu, cutter, lem tembak atau fox, penggaris, pensil lalu bentuk sesuai bentuk lampu tidur yang Anda inginkan maka lampu tidur keren ini sudah siap digunakan.

Rak dinding

id.pinterest.com/pin/751819731527725092

Cukup menggunakan kardus, gunting, lem Anda mendapatkan rak yang tahan lama dan murah banget loh! Anda tinggal menyesuaikan ukuran kardus dengan ukuran rak dinding yang Anda mau lalu rak dinding sudah dapat digunakan.

Tempat penyimpanan berkas

id.pinterest.com/pin/98305204350244157

Butuh tempat penyimpanan berkas lebih tetapi tidak mempunyai budget lebih? Anda dapat memanfaatkan kardus sebagai tempat penyimpanan berkas Anda. Selain harganya yang murah, Anda dapat membuat rak dengan berbagai ukuran sesuai yang Anda mau hanya dengan menggunakan kardus, lem, gunting, dan stiker nama (opsional).

Hiasan ruangan

id.pinterest.com/pin/357614026644560053

Cantik bukan pajangannya Ruppers? Anda dapat membuatnya sebanyak mungkin hanya dengan kardus, gunting, lem, boneka (opsional), kertas kado sesuai keinginan Anda. Anda cukup membuat kotak dari kardus lalu membungkusnya dengan kertas kado dan menempelkan boneka atau hiasan lainnya. Mudah bukan?

Standing laptop

id.pinterest.com/pin/126874914480986463

Banyak sekali standing laptop yang dijual dengan harga tinggi sedangkan kita dapat membuatnya sendiri loh! Dengan harga murah meriah Anda dapat menggunakan kardus gelombang karena teksturnya yang lebih kokoh. Dalam membuat standing laptop, Anda harus mengukurnya secara pas agar tidak longgar.

Baca Juga:   8 Tips Desain Rumah Minimalis Modern Yang Menawan

Laci

id.pinterest.com/pin/777574691889943761

Laci dari kardusini dapat Anda buat dengan mudah. Cukup menggunakan kardus, lem, cutter, penggaris, serta kertas kado dan pita agar mempercantik tampilan laci Anda. Anda dapat membuatnya dengan beragam jumlah kompartemen.

Untuk mendukung hasil kreativitas dari kardus ini, Anda dapat menggunakan beberapa barang pendukung dibawah ini loh, simak yuk.

Gunting bergerigi

Gunting bergerigi ini dapat Anda gunakan pada bagian kardus yang akan dijadikan sebagai aksesoris atau pajangan. Bentuknya yang akan menghasilkan potongan kardus yang bergelombang sangat cocok sebagai barang pendukung kreativitas Anda.

Pita

Pita dapat digunakan sebagai hiasan pada hasil kreativitas Anda. Dapat ditempelkan pada bingkai foto, laci, atau lainnya.

manik – manik

piqsels.com

Manik – manik tentunya akan mempercantik hasil kreativitas Anda. Anda dapat menempelkannya dengan lem dimana saja sesuai keinginan. Selain mempercantik, manik – manik membuat tampilan hasil karya Anda lucu karena kerlap kerlipnya.

Kancing baju

id.pinterest.com/pin/228557749823313695

Kancing baju dengan berbagai bentuk dan warna menambah pilihan untuk aksesoris tambahan pada hasil kreativitas Anda. Anda dapat mempadukan berbagai jenis kancing agar tampilan kreativitas Anda lebih lucu dan menarik.

Lihat kan Ruppers, hanya dengan barang yang murah Anda dapat menghasilkan beragam macam barang yang tentunya berguna, awet, dan yang pastinya mudah dipraktikakan di rumah baik sendiri atau bersama orang tersayang untuk mengisi waktu luang.

Yuk, buat beragam jenis barang berguna dengan murah,muda, dan awet pastinya.