Kawan Lama Group Ikut Sukseskan Earth Hour 2022

0
1025
earth hour 2022
Sumber: Kawan Lama Group

Earth Hour 2022 adalah sebuah kegiatan global tahunan yang mengajak individu, komunitas, pelaku bisnis, hingga pemerintah dunia untuk lebih peduli terhadap upaya penanggulangan perubahan iklim.

Secara teknis, pelaksaan Earth Hour dilakukan dengan cara memadamkan listrik dan tidak memakai elektronik selama 1 jam atau 60 menit dari pukul 20.30- 21.30.

Ruparupa Banner

Awalnya, Earth Hour merupakan sebuah kegiatan inisiatif dari World Wide Fund for Nature (WWF) pada tahun 2007,  yang khawatir dengan perubahan iklim yang semakin ekstrim.

Kapan Waktu Earth Hour Berlangsung?

Sebenarnya, pelaksanaan earth hour memiliki tanggal yang tepat, tetapi hampir seluruh negara menyepakati akan berlangsung setiap hari Sabtu, pada akhir bulan Maret. Pemilihan hari Sabtu sendiri karena biasanya kegiatan perkantoran tidak seaktif hari-hari biasa.

Awalnya, kegiatan Earth Hour diikuti oleh 2,2 juta penduduk Australia saja. Namun, seiring berjalannya kegiatan ini, banyak negara lain yang ikut berpartisipasi, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, sudah ada sekitar puluhan kota dan ribuan partisipan yang ikut jadi relawan aktif dalam aksi pemadaman listrik selama satu jam ini.

Bahkan, banyak perusahan-perusahaan besar yang turut mendukung kampanye untuk menjaga keberlangsungan dunia, salah satunya perusahaan Kawan Lama Group.

Baca Juga:   17 Soft Skill yang dicari Oleh Pemberi Kerja (Bagian II)

Partisipasi Kawan Lama Group dalam Earth Hour 2022

Dalam menyukseskan kampanye Earth Hour pada hari Sabtu, 26 Maret 2022, Kawan Lama Group melakukan aksi pemadaman listrik di area tertentu selama satu jam sejak pukul 20.00-21.00 waktu setempat.

Partisipan dari Kawan Lama Group sendiri, meliputi 1000 toko, gerai food and beverage, dan 21 pusat perbelanjaan yang tersebar di lebih dari 50 kota.

Banyak brand-brand ternama yang turut serta dalam memeriahkan acara ini, seperti dari pilar bisnis Consumer Retail, yakni ada ACE, INFORMA, Home Galleria, Toys Kingdom, Bico Fit, Pendopo, Pet Kingdom, SELMA, ATARU.

Kemudian, dari bisnis food and beverage, yaitu Chatime dan CUPBOP, serta dari pilar bisnis Property and Hospitality diwakili oleh Living World Alam Sutera, Living World Pekanbaru, dan 19 Living Plaza.

Menurut Beatrice, selaku Senior Manager Corporate Communication and Sustainability Kawan Lama Group menjelaskan bahwa aksi ini sejalan dengan misi perusahaan untuk memberikan nilai tambah demi kehidupan yang lebih baik bagi keluarga di Indonesia.

Adapun pemadaman listrik di beberapa area toko dan mal Kawan Lama Group pada Earth Hour 2022 ini, meliputi pemadaman lampu penerangan, lampu signage, lampu display toko, TV toko, dan videotron guna mengurangi konsumsi energi dan emisi.

Baca Juga:   Kawan Lama Group Dukung Percepatan Vaksinasi COVID-19 Nasional
earth hour 2022
Sumber: Kawan Lama Group

Program Lanjutan Milik Kawan Lama Group

Tidak hanya berpartisipasi dalam Earth Hour 2022, Kawan Lama Group juga ingin memberikan kontribusi lebih kepada masyarakat lewat program lanjutan melalui Kawan Lama Foundation.

Program ini akan terbagi menjadi beberapa pilar, seperti pilar Kemanusiaan, Lingkungan, Pendidikan, dan Pengembangan Masyarakat.

Banyak kegiatan yang telah mulai dijalankan, seperti dukungan pencegahan penyebaran COVID-19 ke lebih dari 220 institusi, hingga bantuan instalasi air bersih di daerah Indonesia Timur.

Program lainnya pada pilar Pengembangan Masyarakat dan Lingkungan, seperti pendampingan dan pelatihan UMKM bersama Pendopo, pengelolaan sampah secara bertanggung jawab di Living Plaza Cemara Asri, Medan.

Selain itu, program ini jga meliputi inisiatif upcycling dan ekonomi sirkular melalui #GerakanSapuPlastik bersama Chatime.

Ruparupa sebagai situs belanja online yang menyediakan produk home living milik Kawan Lama Group juga termasuk dalam pihak yang turut aktif memaksimalkan keberlangsungan program lanjutan demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.