Tahun baru, resolusi bahagia baru! Salah satu cara mewujudkannya bisa melalui membuat perubahan dalam karier Anda.

Mengunjungi portal karier perusahaan besar sambil mencari pekerjaan baru memang tidak ada salahnya. Namun Anda juga perlu meingkatkan soft skill terlebih dahulu, agar perjalanan karier di perusahaan impian dapat berjalan dengan lancar.

Berikut adalah 9 dari 17 Soft Skills yang ternyata banyak dicari oleh perusahan besar dan para pemberi kerja:

1. Berkepala Dingin

Jika Anda mengizinkan mood swing mengambil alih hari Anda, sama artinya dengan Anda mengizinkan energi negatif mempengaruhi produktivitas kerja. Kemampuan mengendalikan diri menjadi sangat penting disini. Di tengah tekanan pekerjaan, Anda diharapkan bisa mengambil satu langkah mundur untuk dapat bergerak maju lebih banyak dan menghadapi permasalahan dunia kerja.

2. Mampu Mengatasi Tekanan

Ketahui apa yang biasanya membuat Anda stress: Deadline pekerjaan, berbicara di dalam sebuah meeting, kritik dari atasan, dll. Kemudian kelolalah stress tersebut dengan lebih baik. Anda kini telah menjadi orang yang responsif daripada reaktif, poin plus Anda sudah bertambah.

3. Memiliki Time Management

Temukan cara agar Anda dapat menyelesaikan deadline pekerjaan tepat waktu dan efisien. Jangan multitasking. Multitasking hanya efektif untuk pekerjaan yang berulang dan tidak membutuhkan kekuatan mental dalam penyelesaiannya, ujar Michelle Tillis Lederman – seorang Career Expert. Jika Anda menemukan proses kerja yang tidak efisien, Anda juga bisa mengusulkan perbaikan kepada tim. Ini menunjukan Anda bersikap proaktif.

4. Fleksibel & Dapat Beradaptasi dengan Cepat

Jangan berhenti pada satu cara kerja. Sebab bisinis proses, strategi, teknologi, dan tujuan perusahaan selalu berubah. Teruslah bertanya, berusahalah mengetahui visi atasan Anda, dan temukan dimana Anda bisa berkontribusi serta memberi dampak bagi perusahaan.

5. Bersikap Transparan

Yuk bangun kepercayaan diantara tim dengan menyediakan semua informasi yang tim kerja Anda butuhkan dan alasan mengapa Anda mengambil langkah tersebut. Sebab dengan transparansi, tim kerja Anda tidak akan membuat asumsi sendiri.

6. Mampu Merepresentasikan Diri

Pencari kerja masa kini juga dituntut untuk meningkatkan kemampuan komunikasi video mereka loh. Tak jarang pemberi kerja meminta sesi wawancara dilakukan secara online. Apakah Anda siap?

7. Yakin dengan Kemampuan Anda

Kepercayaan diri akan memberi Anda aura positif yang diharapkan pemberi kerja dapat mempengaruhi lingkungan kerja menjadi lebih positif juga. Apalagi saat Anda melakukan networking. Ini adalah modal penting dan menentukan untuk ‘menjual’ ide serta solusi yang Anda tawarkan. Plus Anda bisa unggul dalam negosiasi gaji atau kesempatan promosi. Asyik ya?!

8. Kemauan untuk Berkembang

Berkembang artinya bertanggung jawab atas langkah-langkah yang Anda ambil, daripada menyalahkan orang lain. Dalam kesempatan lain, berkembang juga berarti kemampuan untuk menerima saran dari rekan kerja yang lebih baik dari Anda. Inilah yang dicari, kolaborasi antar tim yang dapat meningkatkan bisnis proses.

9. Keinginan untuk Bertahan di Tengah ‘Badai’

Walaupun keadaan tidak berjalan sesuai dengan rencana, milikilah selalu pandangan positif akan masa depan. Bloomberg’s Job Skills Report melaporkan bahwa kesanggupan untuk mengatasi tantangan dengan tekun adalah soft skill yang paling banyak dicari oleh pemberi kerja saat ini.

Jadi, sudah siap membuat lompatan karier yang Anda impikan? Baca 9 soft skill lainnya dalam 17 Soft Skill yang dicari Oleh Pemberi Kerja (Bagian I).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here