Tahun baru, resolusi bahagia baru! Salah satu cara mewujudkannya bisa melalui membuat perubahan di tempat kerja.

Mulailah dari diri sendiri, seperti meningkatkan soft skills yang ternyata sangat berguna dalam membangun hubungan dengan atasan kita.

Berikut adalah 8 dari 17 Soft Skills yang ternyata banyak dicari oleh pemberi kerja:

1. Tanggap

Jika Anda mengerti dan paham motivasi apa yang mendasari pemberi kerja mempercayakan Anda posisi tersebut, Anda akan dapat memaparkan ide-ide, menyelesaikan tugas, dan mengomunikasikan segala sesuatunya dengan lebih baik. Sebab, Anda bisa menempatkan diri dari sudut pandang mereka (Pemberi kerja).

2. Terbuka, Selalu Bersedia, Berempati, dan ‘Nyambung’

Terbuka artinya dapat menceritakan ketidaksempurnaan sehingga orang lain dapat belajar dari pengalaman tersebut. Dengan cara demikian, teman kerja dapat menilai diri Anda, apakah Anda jujur, dapat dipercaya, dan ‘nyambung’ dengan mereka.

3. Berinisiatif

Jadilah manajer bagi diri Anda sendiri dan selesaikan pekerjaan yang diberikan. Manajer bagi diri sendiri juga termasuk self-motivation, loh. “Tanpa self-motivation Anda tidak akan mencapai sukses,” ungkap Michelle Tillis Lederman, seorang Career Expert.

4. Proaktif dan Penuh Rasa Ingin Tahu

Banyak pemberi kerja memilih untuk mempekerjakan seseorang yang tahu kapan harus bertanya, kapan waktunya mencari klarifikasi, dan kapan harus meminta pendampingan dari atasan. Jangan khawatir Anda akan terlihat bodoh, justru sebaliknya bertanya sebenarnya adalah salah satu cara memperlihatkan rasa ingin tahu Anda.

5. Leadership

Berjiwa leadership artinya Anda memiliki kemampuan untuk dapat memotivasi orang lain melalui pemberian masukan yang positif saat teman kerja melalukan pekerjaan mereka. Di saat yang lain, Anda dapat berkolaborasi dalam tim untuk menentukan tujuan perusahaan dan menciptakan suasana yang menjadi pendorong bagi tim untuk melakukan yang terbaik. Dengan kata lain, Anda diharapkan mampu membangun hubungan dengan tim dan orang lain. Bukankah setiap pegawai akan mempercayai orang, bukan perusahaan tempatnya bekerja? Inilah yang pencari kerja sebenarnya butuhkan.

6. Akurat dan Konsisten

Ayo bangun kepercayaan di antara tim Anda! Namun ingatlah selalu, Anda tidak akan mendapatkan kepercayaan tersebut jika tidak konsisten dalam perkataan maupun perbuatan.

7. Pendengar yang Baik

Menurut sebuah poling dari Graduate Management Admissions Council, soft skill yang paling banyak dicari dari pekerja salah satunya adalah mendengar. Dengan menjadi pendengar yang baik, Anda akan dapat dengan mudah mengetahui akar suatu permasalahan. Sesudah itu Anda dapat pasti dapat mengemukakan solusi dan ide yang sesuai.

8. Dapat Menentukan Keputusan

Jangan plin-plan. Mengambil keputusan yang salah sesekali adalah lebih baik daripada tidak membuatnya sama sekali, ungkap Miriam Salpeter – penulis 100 Conversations for Career Success. Memiliki kemampuan Dapat Menentukan Keputusan juga bukan berbicara tentang kepercayaan diri Anda dapat membuat keputusan, namun lebih kepada memiliki pengetahuan bahwa keputusan yang Anda ambil sudah tepat.

Mumpung masih awal tahun, yuk mulai terapkan keterampilan soft skill dalam pekerjaan. Baca 9 soft skill lainnya dalam 17 Soft Skill yang dicari Oleh Pemberi Kerja (Bagian II).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here