6 Ide Desain Dapur Minimalis Terbuka, Masak Jadi Menyenangkan

0
8677
Desain dapur terbuka

Desain interior dapur minimalis yang cantik bisa membuat kita lebih bersemangat saat memasak. Salah satunya adalah desain dapur terbuka yang bisa menyatu dengan ruangan lainnya, termasuk halaman atau taman belakang rumah.

Bila kamu memiliki area taman belakang rumah yang cukup besar, maka kamu bisa meletakkan dapur di dekat taman. Apalagi, suasana taman di rumah bisa membantu kita lebih menikmati momen memasak di dapur.

Ruparupa Banner

Seperti yang dilansir dari American Psychologycal Association, suasana taman di rumah bisa mengurangi rasa stres seseorang karena tubuh kita memiliki keterkaitan dengan alam. Inilah yang membuat kita jadi lebih santai ketika memasak.

Selain dekat dengan taman, kamu juga bisa menciptakan dapur terbuka dengan memasang jendela atau pintu yang besar. Tentunya, area dapur terbuka ini dapat membuat ruang di dalam rumah terbebas dari aroma masakan yang menyengat seperti aroma terasi.

Tenang saja, desain dapur terbuka bisa digunakan untuk berbagai tipe rumah, baik berukuran kecil maupun besar.

Lalu, Seperti Apa Desain Dapur Minimalis Terbuka?

Nah, kami sudah menyiapkan beberapa ide desain dapur terbuka yang bisa jadi inspirasi buat kamu, seperti berikut ini.

1. Dapur Terbuka dengan Jendela Lebar

Dapur terbuka tidak melulu harus di luar ruangan. Kamu juga bisa membuat dapur indoor dengan jendela yang besar seperti inspirasi di bawah. Cukup buka jendela ketika sedang masak supaya bisa sembari menghirup udara segar.

Baca Juga:   Ini Dia Perbedaan Kompor Induksi dan Kompor Listrik

Selain itu, asap dapur juga dapat langsung mengarah ke luar jendela, sehingga tidak pengap dan sumpek. Dengan begitu, kamu dapat memasak lebih nyaman.

Inspirasi dapur terbuka dengan jendela lebar
Sumber: Unplash/Laurence Katz

Agar pengalaman memasak semakin menyenangkan, kamu bisa meletakkan beberapa perlengkapan dapur multifungsi.

Salah satunya adalah rak dan troli dapur multifungsi yang bisa kamu letakkan di tengah ruangan. Selain itu, kamu juga bisa menciptakan mini bar dengan rak ini, lho. Cukup gunakan kursi bar yang tingginya pas dengan meja.

desain dapur terbuka dengan troli serbaguna
Filbert Troli Dapur – Putih

Cek di sini

2. Dapur Semi Outdoor

Dapur semi outdoor tidak memiliki pintu karena langsung terbuka ke area luar rumah yang menyatu dengan tanaman hijau. Keuntungan dari model dapur ini adalah kamu bisa memasak sembari melihat tanaman hijau.

desain dapur terbuka
Sumber: Pexels/Maria Orlova

Nah, supaya perabot dapur tidak cepat rusak karena terkena angin dan cipratan air hujan, kamu bisa menggunakan rak besi, seperti di bawah ini.

troli untuk konsep dapur terbuka
Walter Troli Dapur 3 Tingkat – Krem

Cek di sini

3. Dapur Minimalis Terbuka di Halaman Belakang Rumah

Selain mengurangi rasa stres, alam terbuka juga mampu memperbaiki suasana hati seseorang. Maka dari itu, kamu bisa membangun dapur minimalis terbuka tepat di halaman belakang rumah.

Kamu bisa menggunakan kursi bar untuk menciptakan kesan rumah tropis yang modern, seperti inspirasi di bawah ini.

Dapur minimalis di belakang rumah
Sumber: Unsplash/@youbeyo

4. Dapur Minimalis Menyatu dengan Ruang Makan

Untuk rumah kecil, kamu bisa menciptakan dapur terbuka yang menyatu dengan area ruang makan. Cukup tambahkan kabinet dapur dengan warna senada set meja makan, seperti inspirasi berikut ini.

Baca Juga:   7 Kombinasi Sofa Abu-abu Minimalis Agar Ruang Keluarga Makin Estetik
dapur terbuka dengan plafon tinggi
Scott Kabinet Dapur 80x50x195 Cm – Abu-abu

Cek di sini

5. Dapur Modern dengan Pintu Kaca

Ingin membuat suasana dapur menjadi lebih asri, lega, dan terang? Bila ya, kamu bisa membuat desain dapur yang langsung dikelilingi oleh pintu kaca.

desain dapur terbuka
Sumber: Pixabay/Bernd Muller

Kamu bisa menggunakan kabinet dinding berwarna putih agar ruangan tampak lebih luas. Soalnya, warna putih bisa memantulkan cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan, sehingga bisa memberikan ilusi ruangan jadi terlihat lebih besar.

dapur minimalis terbuka dengan kabinet
Daisy Kitchen Set 2 Mtr

Cek di sini

6. Konsep Dapur Terbuka dengan Tirai

Kamu juga bisa membuat dapur terbuka yang menyatu dengan halaman belakang rumah memakai tirai sebagai sekat. Jika ingin membangun kesan natural, kamu bisa memakai tirai berbahan anyaman.

desain dapur terbuka
Sumber: Pixabay/Rudy and Peter Skitterians

Namun, jika ingin membuat dapur terlihat lebih modern, gunakan gorden tipis di area jendela dapur, seperti di bawah ini.

inspirasi dapur terbuka dengan tirai
Fargo Meja Dapur – Putih

Beli di sini

Itu dia beberapa ide desain dapur terbuka yang bisa menjadi inspirasi di rumah. Kamu bisa mendapatkan berbagai perabot dapur terlengkan hanya di ruparupa.com.

Dapatkan furniture dengan ekstra diskon hingga Rp500 ribu KLIK DI SINI

Situs belanja online ini juga menawarkan berbagai perabot rumah tangga, alat perkakas, serta mainan anak dari berbagai merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi.