Demi Sehat, Ayo Lakukan Sarapan Ala Raja

0
248
Demi Sehat, Ayo Lakukan Sarapan Ala Raja

Pernah mendengar pepatah “Breakfast like a king, lunch like a prince, and dine like a pauper”? Ya, sarapan tidak boleh dilewatkan guna menambah energi untuk menjalani aktivitas agar lebih aktif dan produktif, plus untuk menghilangkan kelebihan berat badan. Ini benar!

Menurut nutrisionis Persagi Rita Ramayulis, sarapan juga bertujuan untuk menormalkan kadar glukosa darah. Sebab, selama tidur +/- 8 jam kita tidak mengonsumsi makanan.

Nah sarapan yang baik ternyata harus dilakukan sebelum pukul 9 pagi:

– Jika Anda sarapan sebelum jam 7 pagi, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat

– Jika Anda sarapan jam 7-9 pagi, maka dapat mengosumsi karbohidrat tinggi serat, seperti: roti gandum dan oat. Gunanya agar energi yang dihasilkan dapat digunakan secara bertahap oleh tubuh. Plus protein, misalnya susu, yoghurt, dan keju.

Bagaimana dengan buah?

Apabila buah dikonsumsi untuk pagi hari, Anda dapat menjadikannya sebagai pengganti dari makanan karbohidrat.

Sarapan sehat itu seperti apa?

Banyak menu sarapan sehat yang dapat dengan mudah Anda temukan melalui buku resep atau website-website ternama. Yang perlu Anda perhatikan adalah tidak mengonsumsi lima jenis makanan berikut:

1.Mi instan

Mi instan kurang mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, serta memiliki kadar garam yang tinggi.

2. Makanan kaleng

Meski praktis, semua makanan kaleng mengandung tinggi garam atau gula dengan nutrisi yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan bahan makanan segar.

3. Roti putih

Roti putih kurang baik untuk kesehatan karena tingginya karbohidrat dan kadar gula. Ganti pilihan roti putih dengan roti gandum utuh.

4. Kue

Kue mengandung kalori, karbohidrat, gula dan lemak jahat yang dapat mengacaukan diet Anda. Jadi sebaiknya hindari sarapan kue jika Anda menginginkan berat badan ideal sebagai target hidup sehat.

5. Makanan siap saji

Sebut saja burger, kentang goreng, pizza, ayam goreng, dll. Selain tinggi garam, sarapan dengan makanan siap saji juga tidak baik bagi kesehatan jantung Anda karena tinggi lemak, serta kurang bergizi.

Bagaimana saat sedang berdiet?

Ikuti langkah-langkah yang dikemukakan oleh Dr Hana Kahleova – Lead Author dari Loma Linda University School of Public Health berikut ini:

– Makanlah saat sarapan dan makan siang. Sarapan harus menjadi makan terbesar dalam sehari
– Makanlah dalam porsi paling sedikit saat makan malam
– Lewatkan makan tengah malam (supper)
– Hindari mengudap

Yuk mari kita menyiapkan sarapan lezat dan sehat mulai sekarang. Dapatkan beragam perlengkapan dapur yang membuat Anda tambah semangat menyiapkan sarapan untuk seluruh keluarga di Ruparupa. Hemat hingga 50% untuk pilihan berkualitas dari brand-brand ternama.