9 Dekorasi Kamar Ala Japandi yang Nyaman

0
350
dekorasi kamar ala japandi
Sumber : behance.net

Saat ini, dekorasi kamar ala Japandi sedang banyak diminati orang-orang. Japandi adalah perpaduan desain ala Japanese, yang menonjolkan warna cerah dan sederhana, dengan desain Scandinavian, yang menonjolkan sentuhan kayu dan konsep berkecukupan. Umumnya, dekorasi ini mengutamakan fungsi, esensialisme, dan juga kesederhanaan. Tidak heran banyak orang yang ingin menerapkannya pada rumah mereka, terutama untuk kamar tidur.

Promo 12 12 Ruparupa

9 Dekorasi Kamar Tidur ala Japandi

Anda juga ingin memiliki dekorasi kamar tidur ala Japandi ini? Yuk, simak 9 inspirasi berikut yang dapat Anda terapkan pada kamar tidur Anda!

1. Kamar Japandi dengan Fusuma 

Kamar Japandi dengan “fusuma” Jepang
Sumber : abiinteriors.com.au

Fusuma merupakan sekat atau partisi pemisah ruangan yang biasa digunakan rumah-rumah tradisional di Jepang. Untuk menciptakan dekorasi kamar dengan nuansa ala Jepang, Anda dapat menambahkan fusuma di kamar. Gunakan sekat ini untuk memisahkan area tidur dengan ruangan lainnya, seperti ruang keluarga. Pilihlah fusuma dengan warna cream atau coklat agar dapat memberikan kesan hangat dan nyaman pada kamar Anda.

2. Kombinasi Japandi dan Bohemian dengan hiasan ala Boho

Kombinasi Japandi dan Bohemian
Sumber : behance.net

Ternyata, desain bohemian juga dapat dikombinasikan dengan Japandi, loh. Apalagi, tone warna dari kedua desain tersebut hampir sama, yaitu menggunakan pilihan warna putih dan cream. Cukup tambahkan hiasan dinding dan dekorasi unik ala Boho ke kamar tidur Japandi Anda agar terlihat lebih menawan. Pastinya, kamar Anda menjadi lebih nyaman dan menambah kesan aesthetic!

3. Gunakan lukisan Jepang pada dinding kamar

lukisan Jepang pada dinding kamar
Sumber : homelisty.com

Lukisan tentunya akan menambah estetika pada ruangan. Apalagi, jika Anda menggunakan lukisan ala Jepang untuk menghiasi dinding kamar tidur. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan lukisan Jepang menjadi wallpaper kamar sebagai pilihan. Namun, pastikan Anda memilih lukisan dengan warna senada dengan kamar, yaitu warna-warna netral, agar terlihat lebih nyaman. Gunakan tempat tidur yang rendah untuk menambah kesan Japandi pada desain kamar Anda.

Baca Juga:   Dekorasi Kamar Tidur yang Bikin Ruangan semakin Estetik

4. Sentuhan shoji sebagai pintu kamar

Sentuhan “shoji” sebagai pintu kamar
Sumber : terrycralle.com

Shoji mirip dengan fusuma, yang merupakan sekat atau partisi pemisah ruangan. Perbedaannya adalah shoji menggunakan kertas transparan untuk menutupi lubang-lubang pada sekat. Anda dapat menggunakan shoji ini sebagai pintu kamar, yang dapat dibuka dengan cara menggesernya. Dengan menggunakan shoji ini, Anda bisa mendapatkan cahaya luar masuk ke kamar, serta memberikan kesan hangat pada ruangan.

5. Dekorasi kamar Japandi dengan karpet tatami

Dekorasi kamar Japandi dengan karpet “tatami”
Sumber : d40studio.com

Rumah tradisional di Jepang biasanya menggunakan tatami pada lantainya. Tatami adalah karpet yang terbuat dari jerami dengan tekstur yang lembut dan wangi menenangkan. Nah, Anda dapat menggunakan dekorasi ini di rumah untuk menambahkan kenyamanan dan ketenangan pada kamar Anda.

6. Kamar Japandi dengan meja chabudai

Kamar Japandi dengan meja “chabudai”
Sumber : smartflyer.com

Setiap orang biasanya akan menambahkan meja di kamar tidurnya untuk belajar, bekerja, atau melakukan aktivitas lainnya. Nah, bila Anda ingin menciptakan  kamar tidur minimalis ala Japandi, Anda dapat menggunakan meja satu ini. Chabudai adalah meja pendek yang biasa digunakan sambil duduk di lantai menggunakan zabuton atau yang biasa dikenal dengan bantal lantai.

Baca Juga:   Yuk, Bangun Home Office

7. Gunakan ukiran dinding aesthetic

Gunakan ukiran dinding aesthetic
Sumber : behance.net

Ukiran pada dinding kamar juga merupakan salah satu dekorasi yang sangat menarik, loh, Ruppers. Anda dapat menambahkan dekorasi ukiran kayu ala Jepang pada dinding kamar, seperti ukiran gunung atau burung bangau. Dengan dekorasi ini, kamar tidur Anda akan menjadi lebih aesthetic.

8. Hiasan dinding dengan susunan bambu

Hiasan dinding dengan susunan bambu
Sumber : homies.la

Kamar tidur Jepang juga identik dengan elemen bambu. Anda dapat menyusun bambu Jepang pada seluruh dinding atau sebagian kecilnya saja. Dengan bambu ini, kamar Japandi Anda pasti akan menjadi lebih keren dan nyaman.

9. Manfaatkan sudut ruangan sebagai tokonoma 

Manfaatkan sudut ruangan sebagai “tokonoma”
Sumber : behance.net

Anda memiliki sudut kamar yang kosong? Manfaatkan saja sebagai tokonoma, yang umumnya digunakan di rumah tradisional Jepang. Mereka memanfaatkan sudut kecil di ruangan sebagai tokonoma, yang berfungsi untuk meletakkan dekorasi, seperti ikebana (rangkaian bunga Jepang), lukisan, kaligrafi, dan dekorasi unik lainnya. Cara membuatnya cukup dengan menambahkan meja kecil dan kursi lesehan di sudut kamar. Tambahkan rak berisi buku atau dekorasi cantik untuk mempermanis tampilan kamar tidur.

***

Nah, itu tadi 9 dekorasi kamar ala Japandi yang nyaman dan dapat Anda terapkan di rumah. Jangan lupa, kunci dari desain Japandi adalah menggunakan lantai vinyl dan perabotan berbahan kayu dengan warna coklat atau cream yang cerah. Klik di sini untuk menemukan berbagai perabotan rumah yang hangat dan nyaman ala Japandi di Ruparupa.com.

Simak juga beberapa rekomendasi produk dari Ruparupa.com berikut ini.

Partisi Kayu Ukir 3 Panel 181x46x3 Cm - Putih
Partisi Kayu Ukir 3 Panel 181x46x3 Cm – Putih beli di Ruparupa.com.
Memiliki desain yang klasik dengan ukiran kayu di bagian permukaannya, partisi ini akan cocok dipadukan dengan nuansa serupa atau ruangan bergaya Japandi.

Beli sekarang

Soleil Kursi Lantai Lipat - Cokelat putih
Soleil Kursi Lantai Lipat – Cokelat putih beli di Ruparupa.com.
Kursi ini memiliki sandaran kepala yang dapat Anda tekuk dan sesuaikan dengan posisi agar terasa nyaman.

Beli sekarang

Hiasan Dinding 82.5x122.5x4.5 Cm Kanvas Lukisan Burung
Hiasan Dinding 82.5×122.5×4.5 Cm Kanvas Lukisan Burung beli di Ruparupa.com.
Lukisan ini terbuat dari kanvas, kayu, dan cat berkualitas yang akan mempercantik kamar Anda.

Beli sekarang

Bantal Alas Duduk Suede 90 Cm - Cokelat
Bantal Alas Duduk Suede 90 Cm – Cokelat beli di Ruparupa.com.
Memiliki warna cokelat yang netral, bantal ini pun sangat cocok untuk menjadi dekorasi ruangan.

Beli sekarang