3 Cara Menyimpan Bawang Agar Tidak Cepat Busuk

0
726
https://unsplash.com/photos/qOwyDpkhaCI

Bawang, si rempah serbaguna yang hampir selalu hadir di setiap masakan keluarga Indonesia. Cita rasa nikmat dan gurih membuat bumbu dapur satu ini tidak pernah absen digunakan. Sayangnya, kita suka bingung cara menyimpan bawang yang tepat.

Promo Furnifest

Cara Menyimpan Bawang Yang Benar

Padahal, bila kita menyimpannya dengan benar, kita bisa memiliki banyak persediaan bawang di rumah.

Lantas, bagaimana supaya bawang di rumah bisa awet? Mari simak tips menyimpan bawang yang benar berikut ini.

1. Pisahkan bawang berdasarkan jenisnya

Sumber: commons.wikimedia.org

Setiap jenis bawang memiliki cita rasa khas aromanya masing-masing, mulai dari bawang putih, bawang bombay, hingga daun bawang.

Oleh karena itu, teknik penyimpanan setiap jenis bawang pun harus memakai di wadah yang berbeda-beda. Apalagi, bawang juga memiliki perbedaan gas yang dapat memicu proses pembusukan menjadi lebih cepat.

Misalnya, bila Anda ingin menyimpan daun bawang, maka Anda bisa memakai tempat makan kedap udara dan menggunakan alas tisu agar tidak cepat busuk. Hindari menggabung daun bawang dan potongan bawang putih dalam satu tempat, ya.

Baca Juga:   4 Cara Menata Tampilan Dapur Cantik dan Efisien

2. Tempatkan bawang olah di wadah terpisah

Sumber: flickr.com

Cara terbaik untuk mencegah bawang cepat busuk adalah dengan disimpan terpisah dari jenis bawang lainnya, sayur, dan buah-buahan.

Agar setiap bahan masakan tidak terkontaminasi antar satu dengan yang lain, maka pastikan untuk selalu menyimpannya ke dalam wadah kedap udara.

3. Perhatikan area penyimpanan

Setiap jenis bawang memiliki cara penyimpanannya masing-masing. Khususnya untuk bawang yang sudah diolah. Pastikan untuk tidak menyimpannya di area suhu ruangan.

Nah, agar tidak salah, simak beberapa cara penyimpanan jenis bawang berikut ini.

  • Bawang belum dikupas

Bawang mentah yang belum dikupas harus ditempatkan di area yang sejuk, kering, dan tidak terpapar sinar matahari dan cahaya lampu secara langsung.  Soalnya, paparan sinar tersebut akan membuat bawang jadi terasa pahit.

  • Bawang mentah kupas

Sedangkan untuk bawang mentah yang sudah di kupas, sebaiknya kamu menyimpannya ke dalam wadah kedap udara, yang telah dilapisi tisu dapur di wadah bagian dalam.

Teknik ini akan membuat bawang tidak mudah berair dan bisa awet hingga kurun waktu satu minggu ke depan.

  • Bawang mentah iris dan cincang

Lain halnya dengan bawang yang sudah dicincang halus, baik bawang putih maupun daun bawang, maka kamu cukup menyimpannya ke dalam wadah kedap udara.

Baca Juga:   7 Ide Virtual Date bagi Pasangan yang LDR saat Pandemi

Lalu, pastikan kamu memasukkannya ke dalam kulkas pendingin agar bawang bisa bertahan hingga paling lama 10 hari. Selain itu, saat menggunakannya, kamu wajib memakai sendok agar lebih higienis dan tidak mudah rusak.

Nah, kalau kamu ingin masa pakainya bisa bertahan lebih lama, maka kamu bisa simpan ke dalam freezer dengan menambahkan sedikit air atau minyak.

Teknik ini akan mempertahankan cita rasa bawang dan dapat bertahan hingga maksimal satu bulan ke depan, lho.

  • Bawang goreng cincang

Sedangkan untuk bawang yang sudah dimasak sampai matang, seperti bawang goreng cincang, kamu hanya perlu menyimpannya ke dalam kulkas.

Biasanya, bawang goreng cincang ini bsia tahan sampai 5 hari di dalam wadah kedap udara. Selain itu, pastikan bawang tidak terlalu lama di dalam suhu ruangan karena dapat meningkatkan resiko bawang terkontaminasi bakteri.

***

Nah, ini dia tips menyimpan bawang agar tidak mudah busuk yang bisa kamu coba praktekkan di rumah. Cukup mudah bukan? Yuk, segera praktekkan dan bagikan pengalaman kamu bersama kami ya, Ruppers.

Selain itu, kami juga punya beberapa rekomendasi peralatan dapur, termasuk buat menyimpan bawang ini, seperti berikut.

Semua produk rumah tangga ini bisa kamu dapatkan hanya di Rurarupa.com, lho.

Alat penghalus bumbu persembahan dari Krischef ini bisa menghaluskan berbagai jenis bahan makan, mulai dari bawang, jahe, cabai, dan lain sebagainya.

Beli di sini

Wadah kedap udara rilisan dari Rubbermaid ini menggunakan bahan premium yang sudah terverifikasi food grade dan bebas BPA. Wadah ini juga aman digunakan di dalam microwave, freezer dan mesin pencuci piring. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini